alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rhenald Kasali: Video Abdul Somad yang Viral Adalah Mobilisasi Orkestrasi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5cfffbc820846cd84a171e/rhenald-kasali-video-abdul-somad-yang-viral-adalah-mobilisasi-orkestrasi

Rhenald Kasali: Video Abdul Somad yang Viral Adalah Mobilisasi Orkestrasi

HM... KIRA - KIRA BETUL GAK YAAH???emoticon-Bingung


MINEWS, JAKARTA – Viralnya video Ustaz Abdul Somad soal salib harus diwaspadai sebagai mobilisasi orkestrasi (MO) atau penggiringan mobilisasi massa. Karena tampak jelas ada kelompok yang sengaja menyiapkan langkah-langkah melakukannya.

“Ujungnya sudah bisa diterka outcomes (hasilnya) dan negosiasi apa yang akan diambil. Memakai anatomi mobilisasi, tampak pemicunya adalah kekalahan (pilpres) kemarin, lalu aksidennya mereka ciptakan yaitu ceramah UAS tiga tahun lalu,” begitu pernyataan tertulis dosen Universitas Indonesia Rhenald Kasali yang dia bagikan melalui WhatsApp Group yang dikutip 20 Agustus 2019.

Rhenald menilai viralnya video tersebut bukan untuk menyulitkan Abdul Somad. Kalau pun ada hanya sedikit saja.

Efek terbesarnya justru sentimen agama tersebut akan menggerakkan atau memobilisasi besar permusuhan dan keuntungan bagi kelompok-kelompok yang akan dibubarkan oleh negara.

Menurutnya semua sudah cukup menjadi cerita yang kuat untuk melakukan mobilisasi yang akan merepotkan negara dan pihak lain.

Dia pun menganjurkan semua pihak harus menahan diri. Kalangan gereja harus menahan jari dan mulutnya agar tidak terpancing memberi kemenangan kepada pihak-pihak tertentu yang sedang bermasalah serta mencari narasi yang relevan.

Menurut Rhenald berita-berita yang beredar akhir-akhir ini cenderung berisi indikasi adu domba.
Hal itu, menurutnya, dimulai dari kasus BUMN, calon menteri, ekonomi masa depan yang sedang gloomy (suram), perpindahan ibukota sampai kasus PLN dan ATM Bank Mandiri yang down. Semuanya bisa membuat kita semua marah.
Maka Rhenald mengharapkan masyarakat bisa memahami situasi tersebut.


(((sumur)))

profile-picture
samsol... memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Kayak gini sebenernya salahnya pemerintah RI sendiri.

Sedari jaman Megawati, Gus Dur, SBY, dan sekarang Jokowi.

Kalau aja yg pemerintah Indonesia bisa tegas terhadap golongan radikal seperti Singapura dan China, ga akan ada namanya ancaman perpecahan kayak yang hari ini terjadi..

Kebijakan pemerintah banyak yg abu2 dan cenderung ga enak hati kalau udah menyerempet ke golongan mayoritas. Maka ga heran kalau dibonceng sama kelompok radikal buat memuluskan agenda mereka.

Kejadian rusuh 22 Mei yg lalu harusnya sudah bisa jadi alarm keras buat pemerintah supaya bisa tangan besi kepada golongan radikal.

Tapi nampaknya pemerintahan Jokowi belum bisa bersikap lebih tegas sbg bentuk show of power ke kelompok radikal.
Entah karena ga berani ambil resiko, atau di dalamnya sendiri juga ada penumpang gelapnya...
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di