alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jajal 5G, Kecepatan Internet Smartfren Tembus 8,7 Gbps
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5a79cf8012ae5c057f435e/jajal-5g-kecepatan-internet-smartfren-tembus-87-gbps

Jajal 5G, Kecepatan Internet Smartfren Tembus 8,7 Gbps

Jakarta - Bertempat di pabrik produsen minyak goreng PT Smart di Bekasi, Smartfren menjajal teknologi 5G. Hasilnya, kecepatan internetnya tembus hingga 8,7 Gbps.

Sebagai catatan, kecepatan itu untuk download. Sementara kecepatan internet upload-nya mencapai 163 Mbps. Dalam pengujian tersebut, Smartfren menjalin kerja sama dengan ZTE Corporation.

"Ternyata mencapai rata-ratanya 8,7 Gbps ya. Saya kira secara hitungan sudah sangat tepat, karena memang 800 MHz bandwidth yang dua kali dari 400 MHz untuk rata-rata 5G bisa 1Gbps. Itu kecepatan yang cukup untuk dipakai," kata VP Technology Relations and Special Project Smartfren Munir Syahda Prabowo saat melakukan pengujian, Senin (19/8/2019).

Munir menyebutkan, kecepatan internet memanfaatkan jaringan 5G tersebut bisa saja lebih tinggi lagi dengan kondisi tertentu. Misalnya, soal pita frekuensi lebih tinggi dari yang saat ini dipakai, yaitu memanfaatkan pita frekuensi 28 GHz.

Untuk menguji jaringan generasi kelima ini, Smartfren lebih dulu membidik sektor industri. Lebih tepatnya diimplementasikan di PT Sinarmas Agro Resources and Technology Tbk (PT Smart Tbk). Teknologi yang ditunjukkan adalah dengan memasang 360 camera, yang terkoneksi dengan jaringan 5G ke virtual reality headset secara real time di jalur logistik pengiriman barang PT Smart.

Jika menemukan adanya kesalahan sistem di jalur logistik dan pengiriman tersebut, operator dapat meluncurkan drone pemantauan untuk melihat lebih jelas dimana terjadinya.

Jajal 5G, Kecepatan Internet Smartfren Tembus 8,7 GbpsFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys menuturkan, sejumlah negara lain sudah ada yang menerapkan 5G walaupun ada pula yang masih sedang mengujinya. Teknologi tersebut, kata dia, cepat atau lambat akan datang ke Indonesia.

"Kenapa kemudian 5G jadi pressure buat kita? Apa sih kebutuhannya pengin buru-buru men-deploy 5G? Bagi kita 5G adalah satu kelanjutan untuk kembali manfaatkan teknologi yang akan meningkatkan bangsa Indonesia dalam berkompetisi dengan negara lainnya," ungkap dia.

"Kalau kita lihat aplikasi-aplikasi semakin banyak yang membutuhkan bandwidth secara masif, yaitu banyaknya dimanfaatkan solusi IoT dalam kehidupan sehari-hari. 5G memberikan janji memberikan bandwidth sangat lebar atau speed yang sangat tinggi, memberikan latensi yang sangat cepat, dan stabilitas dibanding sebelumnya. Ini janji teknologi," pungkasnya.

https://m.detik.com/inet/telecommuni...rom=wpm_nhl_17

Ngebut nih Smartfren
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kecepatan sgitu baru isi quota langsung ludes buat donlot sana sini
emoticon-Hammer2
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di