alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Mondok, Yuk?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d58bf784601cf66783a9851/mondok-yuk

Mondok, Yuk?




sumber gambar

Assalamualaikum, apa kabar sobat kaskuser? Semoga Allah selalu memberi kesehatan dan keselamatan untuk kita semua, amiin.

Gansist, tau kan apa itu Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren? Yang belum tau, kuy kah simak baik-baik trit ini.

Gansist, trit ane kali ini mau nerangin sedikit tentang lembaga pendidikan Pondok Pesantren. Secara ane juga alumni pesantren loh, for your information aja, Gansist.

Pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan dimana para santri (siswa) belajar dan tinggal bersama di bawah bimbingan seorang guru atau yang sering disebut kiai.

Gansist, ane dulu pernah belajar di salah satu Pondok Pesantren Modern di Jawa Tengah. Betewe ada yang pernah mondok? Kuylah kita berbagi pengalaman di sini.

Gansist, di dalam Pondok Pesantren ane dulu, kita tidak hanya belajar ilmu agama saja tetapi juga belajar ilmu umum. Di dalam area pondok pesantren sudah terdapat gedung pendidikan formal seperti sekolah SD, SMP, SMA bahkan sampai perguruan tinggi untuk sarana santri menuntut pendidikan formal. Jadi selain mendapatkan ilmu agama, ane juga dapat ilmu dari sekolah formal. Mantap kan? Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Di beberapa pesantren modern juga menerapkan memakai bahasa asing untuk keseharian, seperti bahasa Inggris, bahasa arab. Termasuk di pesantren ane Gansist, ada jadwal tertentu misal hari selasa dan jumat menggunakan bahasa arab, hari sabtu minggu menggunakan bahasa inggris, sisanya terserah kita. Makin mantul, kan?

Kegiatan belajarnya juga padat, Gansist. Jadi tidak ada waktu yang terbuang percuma, apalagi buat kongkow-kongkow nggak jelas. Jika membolos tidak mengaji, siap-siapin diri anda untuk di dihukum.


sumber gambar


Di pesantren kita juga belajar mandiri. Tidak ada lagi orang tua yang memcucikan baju kita, menyediakan makanan kita sehari-hari, semua kita kerjakan sendiri.

Selain itu di pondok pesantren juga tidak menggunakan sistem zonasi, semua santri dari daerah manapun ditampung menjadi satu. Berbaur dengan teman yang berbeda suku itu menyenangkan loh, Gansist. Kita bisa belajar bahasa ibu mereka. Makanya tak jarang santri bisa beberapa bahasa daerah di Indonesia. Seperti ane Gansist, bahasa jawa bisa, ngapak bisa, sedikit mengerti bahasa sunda, bahasa bali juga bisa. Gimana? Asyik, kan?

Jadi belajar di Pondok Pesantren tidak kalah unggul dengan dengan Lembaga pendidikan formal lainnya kan?

Gimana Gansist, tertarik nggak untuk menyekolahkan anak-anak atau saudara kita di lembaga pendidikan pondok pesantren?

Sekian dulu trit dari ane. Sampai ketemu lagi di trit berikutnya. Semoga informasi ane bermanfaat buat kaskuser yang tengah dilanda galau untuk memilih sekolah untuk anak-anak atau saudaranya.

Trit ini opini dari ane sendiri, jika ada kesalahan mohon dikoreksi dengan bahasa yang santun. Dan jika ada kekurangan, bisa ditambahin di kolom komentar.

Jangan lupa tinggalin cendol dan subscribe ya, Gansist.

Sampai jumpa, papay ....

Sumber tulisan. Asli ts
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan 8 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


Bolos tidur di asramaπŸ™ˆ.

Pernah bolos keluar pondok bareng temen, eh temen yang ketahuan sama pengurus aku enggak
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di