alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Nasi Pepes, Kuliner Jadul Saingan Nasi Bakar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d48315065b24d6cb4624f6f/nasi-pepes-kuliner-jadul-saingan-nasi-bakar

Nasi Pepes, Kuliner Jadul Saingan Nasi Bakar

Nasi Pepes, Kuliner Jadul Saingan Nasi Bakar


Sumber : dokumen pribadi

Assalamualaikum

Agan Sista semua, sekarang ini nih, lagi nge-hits kuliner-kuliner jadul yang naik daun. Salah satunya adalah Nasi Pepes. Kuliner ini kalah saing dengan Nasi Bakar. Meski sama-sama berbahan utama nasi yang dibungkus daun pisang, tapi sensasi makannya berbeda.

Selama ini kuliner pepes kita kenal dengan isian ikan, ayam, jamur ataupun tahu. Namun Nasi Pepes berbeda, Gan. Di dalamnya sudah mengandung nasi dan lauk sekaligus.

Kalau nasi pepes nih Gan, penampilannya seperti lontong dan arem-arem, karena cara memasaknya dikukus. Sedangkan nasi bakar penampilannya lebih memukau dengan penampakan daun pisang yang kering sedikit gosong bekas terkena pembakaran.

Berikut ane tuliskan resep dan cara pembuatannya, ya, Gan.

NASI PEPES

Bahan :
Beras putih
Daun pisang
Ayam
Teri Medan kering

Bumbu halus :
Bawang merah
Bawang putih
Kemiri sedikit

Salam, serai, daun jeruk, jahe.

Cara membuat :

Rebus ayam dengan air mendidih. Jangan lupa buang air rebusan pertama untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel pada ayam. Rebus kembali dengan air bersih.

Cuci bersih beras, tiriskan.

Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, daun jeruk, serai dan jahe. Hanya sampai layu, kemudian masukkan ke dalam ayam yang sedang di rebus. Tambahkan garam, dan sedikit gula, sejumput penyedap rasa jika suka. Rebus sebentar, lalu masukkan beras ke dalam rebusan ayam dan bumbu, aduk sebentar, jadikan aron. Jangan lupa masukkan teri Medan. Ohya aron adalah beras yang sudah dimasak dengan air dan bumbu yang sudah menyusut airnya.
Setelah air menyusut, angkat.

Siapkan daun pisang, bungkus aron nasi tersebut memakai daun pisang dan semat menggunakan lidi atau lipat daun ke dalam. Lakukan sampai aron nasi habis. Lalu kukus sampai matang dan tanak. Sekitar 1-1,5 jam.

Harus benar-benar tanak ya, kalau engga cepat basi.


Sumber : dokumen pribadi


Mirip sama nasi bakar yang sudah lebih dahulu terkenal ya, Gan. Hanya saja pada cara pembuatannya yang berbeda. Tetapi intinya sama, mengandalkan daun pisang sebagai pembungkus.

Pembuatan nasi pepes agak ribet. Tapi sesuailah sama hasilnya. Rasanya dijamin endeusss.
Jadi gimana nih Agan semua pilih nasi pepes atau nasi bakar.

Kalau ane sih ya, nasi pepes cocok di bawa buat bekal piknik, ga ribet. Tinggal sedia sambal aja buat cocolan. Praktis, enak, sedap dan kenyang.


Nah kalau mau makan di rumah, misal kumpul keluarga ya cocok nya nasi bakar, karena lebih mantap kalau dimakan dalam kondisi hangat.

Sekian ya Gan. Kabar kuliner jadul dari ane, semoga menginspirasi agan sista semua untuk menikmati kuliner jadul yang top.

Tunggu kabar dan resep kuliner jadul dari ane selanjutnya ya....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
YenieSue0101 dan 6 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


Kamu bikinin ya yen emoticon-terimakasih
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di