alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Jangan Salah Memilih, Beda Tipe Ban Beda Juga Fungsinya
4.5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4c03b52f568d0fde2ff581/jangan-salah-memilih-beda-tipe-ban-beda-juga-fungsinya

Jangan Salah Memilih, Beda Tipe Ban Beda Juga Fungsinya

Pernahkah kamu memperhatikan jenis ban apa yang digunakan pada mobil yang kamu miliki? Lalu tahukah kamu bahwa setiap mobil memiliki jenis ban yang berbeda, baik dari segi desain, ukuran dan alur tapaknya? Perbedaan itu ternyata tidak begitu saja dibuat hanya untuk estetika, namun berhubungan dengan kegunaan ban itu sendiri.

Setiap mobil, ternyata menggunakan tipe ban yang berbeda-beda. Mobil SUV dengan mobil city car akan menggunakan tipe ban yang berbeda tidak bisa menggunakan tipe ban yang sama. Produsen ban sengaja membedakan tipe ban pada mobil untuk kegunaan tertentu. Oleh sebab itu, dari segi material, desain, alur dan ukuran setiap ban mobil berbeda-beda.


Untuk itu, Sahabat perlu mengenal tipe-tipe ban mobil agar tidak salah memilih. Menggunakan tipe ban yang tidak seharusnya beresiko terjadi kecelakaan saat kamu sedang berkendara. Nah, supaya Sahabat tidak salah memilih tipe ban apa yang cocok untuk mobil kamu, mari simak tipe-tipe ban dan fungsinya di bawah ini;

Tipe ban AT (All Terrain)
Sesuai dengan namanya All Terrain, ban ini berfungsi untuk menaklukan semua medan jalanan. Mulai dari jalanan yang berbatu, tanah, lumpur dan jalan raya, ban ini mampu melewatinya dengan mudah. Namun, perlu Sahabat ingat, walaupun namanya All Terrain, ban ini tidak bisa melewati medan yang ekstrim seperti lumpur tebal dan digunakan untuk keperluan off-road.


Tipe ban MT (Mud Terrain)
Tipe ban dengan kode MT, merupakan jenis ban yang dibuat untuk melewati kondisi jalanan yang ekstrim. Mulai dari jalanan yang berlumpur, tergenang, bebatuan bisa dilewati mobil yang menggunakan ban tipe MT.
Oleh karena itu, ban MT sering digunakan pada kendaraan off-road. Ban MT tidak cocok untuk digunakan di jalanan aspal. Selain bunyi yang ditimbulkan oleh tapak ban yang berisik, ban juga kurang memiliki grip yang baik dan cepat aus karena permukaan ban tidak merata dengan aspal.


Tipe ban HT (Highway Terrain)
Jalanan di Indonesia merupakan jalanan yang dilapisi oleh aspal. Oleh karena itu, banyak produsen mobil yang memproduksi tipe ban dengan kode HT ini. Tipe ban ini sangat cocok untuk digunakan di kota-kota seperti Indonesia. Permukaan ban yang halus dan rata membuat tipe ban ini memiliki daya cengkram yang optimal di jalanan aspal. Mobil-mobil seperti MPV, sedan, LCGC, LMPV, hingga city car biasanya menggunakan tipe ban ini.


Bagaimana Sahabat? Jangan salah pilih ban ya, walaupun harga ban berbeda-beda kamu pastikan tipe ban yang kamu pilih saat penggantian sesuai dengan kebutuhan mobil kamu. Selain menggunakan tipe ban yang tepat, mobil kamu juga akan semakin optimal jika kamu melakukan perawatan ban secara berkala, mengecek tekanan angin, melakukan spooring dan balancing serta mengecek keausan ban.

Sumber : Garasi.id
Foto : Internet
profile-picture
profile-picture
azidqi dan s0ul3ater memberi reputasi
Diubah oleh officialgarasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Balasan post azidqi
Quote:


Setuju deh sama agan, kan nantinya buat kenyamanan kita juga ya emoticon-Shakehand2
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di