alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kreneng Pembungkus Daging Kurban Yang Ramah Lingkungan
4.92 stars - based on 13 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d51151a9a972e345e5edd88/kreneng-pembungkus-daging-kurban-yang-ramah-lingkungan

Kreneng Pembungkus Daging Kurban Yang Ramah Lingkungan




Assalamualaikum, Gansist. Apa kabar?

Udah nyate belum Gansist? Wiiih Idul Adha kagak nyate berasa kurang afdol gitu, yak?

Bedewey Gansist, ngomongin Idul Adha ane jadi kepikiran masalah sampah plastik. Kenapa? Karena di setiap pembagian daging hewan kurban kebanyakan menggunakan kantong kresek. Iye kan?

Seperti yang kita tahu ya Gansist bahwa sampah plastik itu sulit terurai di dalam tanah, butuh waktu bertahun-tahun lamanya. Kali ini ane mau memperkenalkan pembungkus daging kurban yang ramah lingkungan yaitu kreneng. Selain menggunakan kreneng juga menggunakan daun jati sebagai alasnya.

Kreneng ini terbuat dari bambu, menjadikannya ramah lingkungan. Sudah empat tahun, warga di desa ane menggunakan kreneng sebagai pembungkus daging kurban. Dan Alhamdulillah sekarang banyak warga di desa sekitar juga mengikuti jejak kami.

Saat malam takbir, ibu-ibu di desa ane bergotong-royong membuat kreneng, ada yang bertugas mengeblek dan ada juga yang mengenam. Tali yang akan digunakan untuk membuat kreneng merupakan hasil sumbangan dari warga di desa ane, Gansist.



Sekarang ane mau kasih tau cara bikin kreneng ini, Gansist. Membuat kreneng memiliki tiga tahapan, yang pertama ngirat, kedua ngeblek dan ketiga ngenam.

Nah sekarang ane jelaskan satu per satu.

1. Ngirat.

Bahan yang digunakan adalah pisau dan bambu. Bambu yang digunakan sebaiknya menggunakan bambu apus. Karena tidak memakai jenis bambu yang lain? Karena kalau memakai bambu apus talinya ulet Gansist, jadi tidaak mudah patah.

Potong bambu sesuai ukuran, lalu buang kulitnya. Setelah itu belah menjadi tipis-tipis, seperti gambar di bawah ini.



2. Ngeblek

Setelah ngirat langkah berikutnya adalah ngeblek atau menganyam. Seperti menganyam pada umumnya.

Caranya adalah ambil sepuluh tali lalu di jejer, setelah itu ambil ambil tali ke 2, 4, 6, 8, dan 10, sisipkan satu tali. Selanjutnya ambil tali ke 1, 3, 5, 7, 9, sisipkan lagi satu tali. Ulangi langkah tersebut sampai sepuluh tali habis. hasilnya terlihat seperti gambar di bawah ini.



2. Ngenam

Setelah ngeblek langkah selanjutnya adalah ngenam. Langkah ini lumayan sulit ya Gansist, ane aje lumayan lama belajarnya buat bisa ngenam.

Caranya adalah ambil salah satu bagian sisi eblekan tekan sedikit dan ambil tali ke 6 tarik ke sisi kiri sisipkan ke tali no 5, 3, dan satu, selanjutnya ambil tali no 5 tarik ke sisi kanan dan selipkan ke tali no 6, 8, 10, lakukan ke sampai sisi bagian itu teranyam semua. Setelah itu ambil bagian sisi kedua lakukan seperti cara tadi, lakukan sampai ke empat sisi teranyam semua.

Hasilnya seperti gambar di bawah ini.




Nah kreneng telah jadi Gansist, keren kan? Itulah tadi cara membuat kreneng.

Semoga bisa menginspirasi sobat kaskuser. Dan di Hari Raya Idul Adha tahun depan bisa menggunakan kreneng ini sebagai pembungkus daging kurban, sehingga sampah plastik bisa berkurang.

Kreneng ini juga bisa dipakai buat pembungkus buah dan gerabah loh. Yang mau melihat atau belajar bisa datang langsung di Desa Wisata Kali Pucang rt. 04 Bangunjiwo Kasihan Bantul, Gansist.

Sekian trit ane Gansist, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trit berikutnya, pay pay ....

Jan lupa cendol n subscribenya ya

Sumber tulisan. Asli ts
Sumber gambar. Dokpri

Jogja, 12 Agustus 2019
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hvzalf dan 39 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lintangayudy
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


Iyaaaa hehehehe
×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di