alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Kendaraan Listrik Mau Ngaspal di Indonesia? Penuhi Dulu Syarat ini!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5288f06df2317ab74e363c/kendaraan-listrik-mau-ngaspal-di-indonesia-penuhi-dulu-syarat-ini

Kendaraan Listrik Mau Ngaspal di Indonesia? Penuhi Dulu Syarat ini!


Beberapa hari lalu Presiden Jokowi telah meneken Peraturan Presiden untuk kendaraan listrik di Indonesia. Peraturan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk perkembangan kendaraan listrik di tanah air, walaupun masih banyak masyarakat yang belum tertarik dengan kendaraan jenis ini.


Ini juga menjadi angin segar buat industri kendaraan listrik Indonesia GanSis. Secara Indonesia udah punya brand motor listrik “Gesits” yang udah resmi rilis beberapa waktu lalu. Selain itu, adanya peraturan ini juga sebagai bentuk langkah baik dari pemerintah untuk mengurangi polusi di Indonesia, khususnya Jakarta.

Nah, biar lebih ter – manage dengan baik, Kementerian Perhubungan akan segera merilis syarat untuk kendaraan listrik bisa menjajal jalanan Indonesia. Ketentuan itu tercantum dalam Peraturan Menteri Tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor dengan Motor Penggerak Menggunakan Motor Listrik.

Berbagai hal diatur dalam peraturan ini GanSis, mulai dari persyaratan teknis, ketentuan umum, dan kelayakan jalan. Beberapa diantaranya adalah pengujian akumulator, ketentuan tegangan listrik dan isolator, hingga kewajiban kendaraan memiliki suara.

Misalnya pada bagian akumulator, karena akumulator memiliki kemampuan tegangan tinggi, maka harus dilengkapi dengan simbol tegangan tinggi yang ditempatkan pada akumulator dan mudah terlihat. Simbolnya harus berwarna kuning, yang dilengkapi dengan garis tepi yang berbentuk segitiga, atau simbol berwarna hitam untuk tegangan tinggi.

Yang menarik GanSis, kewajiban kendaraan listrik untuk bersuara. Seperti yang kita tau, kendaraan listrik yang sekarang banyak beredar di jalanan tidak memiliki suara, termasuk motor gesits GanSis. Dalam aturan tersebut, setidaknya kendaraan listrik harus mengeluarkan suara yang menyerupai jenis hewan, sirine, klakson, atau musik.

Regulasi ini berlaku untuk semua kendaraan yang menggunakan baterai (hibrida maupun PHEV dan listrik). Intinya regulasi ini dibikin untuk keselamatan pengguna saat berkendara.



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
nah ada syaratnya tuh
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di