alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d524bda6df2312c94429979/unik-kuliner-indonesia-ini-berbahan-dasar-jeroan

Unik! Kuliner Khas Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan


Sumber gambar Di sini

Halo, Agan dan Sista. Ketemu lagi di trit ane. Kalo berbicara kuliner indonesia, memang tidak ada matinya. Begitu cerdasnya bangsa kita, jeroan yang sebagian orang dianggap menjijikkan, karena memang tempat kotoran, bisa disulap jadi makanan yang mampu membuat kita mengangkat jempol, sambil bergoyang lidah.

Dicampur dengan rempah-rempah khas nusantara, menambah kecintaan kita terhadap warisan kuliner bumi pertiwi.

Berikut ini kuliner khas indonesia yang berbahan dasar jeroan.

1. Sate Usus

Sumber gambar Di sini

Usus ayam bisa menjadi makanan yang lezat jika diolah dengan cara yang tepat. Salah satunya dijadikan sate. Menggunakan bumbu ungkep kuning atau bumbu bacem, sate usus dimasak terlebih dahulu. Kemudian digoreng atau bisa langsung disajikan. Selain dibuat sate, usus ayam juga dapat dijadikan keripik, rasanya yang gurih cocok untuk dijadikan camilan atau lauk pendamping nasi.

2. Paru Goreng

Sumber gambar Di sini

Paru sapi adalah salah satu jetoan memiliki banyak penggemar. Memiliki tekstur yang halus, kenyal, dan aroma yang tidak menyengat. Sebelum diolah sebaiknya paru direbus dulu dengan rempah-rempah, untuk menghilang bau dan supaya empuk. Setelah direbus, diolah lagi dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Baru kemudian paru dapat digoreng.

3. Soto Babat

Sumber gambar Di sini

Jeroan yang digunakan adalah bagian babat sapi. Babat adalah bagian yang berasal dari lambung hewan. Soto babat disajikan dengan irisan tomat, daun bawang, dan kerupuk emping. Untuk kuah, Agan dan Sista bisa memilih, mau berkuah bening atau bersantan.

4. Momoh Kendal

Sumber gambar

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak. Yup, kuliner ini berasal dari Kendal, Jawa tengah. Berbahan dasar jeroan sapi atau kepala dan kaki kambing. Dicampur dengan racikan bumbu-bumbu dan rempah pilihan, makanan yang satu ini diyakini dapat meningkatkan stamina, terutama kaum adam.

5. Gulai Tambusu

Sumber gambar Di sini

Berasal dari Padang, Sumatra Barat. Gulai Tambusu adalah usus sapi yang didalamnya berisi tahu, telur dan bumbu-bumbu. Rasanya yang pedas dan gurih, dicampur dengan kuah gulai, cocok untuk menemani sepiring nasi hangat.

6. Bacem Jeroan Sapi

Sumber gambar Di sini

Bagi penggemar jeroan, kuliner ini patut dicoba. Rasanya yang legit dan gurih ditambah teksturnya yang khas, membuat makin nagih. Jeroan yang dipilih haruslah benar-benar segar, supaya tidak mengubah rasa dan bau.

7. Nasi Goreng Piritan

Sumber gambar Di sini

Berasal dari Jawa Barat. Berbahan dasar nasi dan jeroan ikan. Ikan yang digunakan adalah ikan mas. Jeroan ikan dibersihkan, kemudian digoreng setengah kering. Di racik dengan bumbu-bumbu, kemudian masukkan nasi, dimasak seperti nasi goreng pada umumnya. Disajikan dengan irisan timun, irisan tomat dan kerupuk.


Kuliner selalu berinovasi memenuhi tantangan zaman, tapi warisan leluhur harus tetap kita jaga kelestariannya.


Sampai berjumpa lagi, di trit ane berikutnya. Terima kasih atas apresiasinya. Selamat beraktifitas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iissuwandi
Ane baru denger nama momoh, taunya oseng jeroan aja
Padahal tinggal di semarang, deket sama kendal emoticon-Big Grin
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di