alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
10 situs Warisan Dunia UNESCO terbaik untuk keluarga
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5126018012ae49c121132d/10-situs-warisan-dunia-unesco-terbaik-untuk-keluarga

10 situs Warisan Dunia UNESCO terbaik untuk keluarga

Sejak tahun 1972, Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) telah mengakui lebih dari seribu situs budaya dan warisan alam di seluruh dunia, dengan tujuan untuk melestarikan tempat dan tradisi paling berharga umat manusia untuk generasi mendatang. Dari keajaiban geologi hingga keajaiban teknik, berikut adalah 10 destinasi ramah keluarga yang telah diakui karena nilai universal mereka.

Jelajahi Taman bermain pesisir Irlandia Utara
Giant's Causeway

Giant's Causeway Irlandia Utara adalah formasi vulkanik dari hampir 40.000 kolom heksagonal, ditempa 60 juta tahun yang lalu ketika lava cair mendingin di air laut dan membentuk pilar basal mengkristal, beberapa menjulang setinggi lebih dari 35 kaki. Menurut legenda, keajaiban geologis ini adalah hasil karya prajurit mitos Fionn MacCumhaill (atau Finn McCool), yang menyihir kekuatan kepahlawanannya dan membangun jembatan melintasi Laut Irlandia untuk menyerang musuh di Hebrides Skotlandia. Sejak abad ke-18 dan seterusnya, jembatan tanah ini muncul sebagai tujuan populer bagi keluarga yang tertarik oleh tanjung seperti sarang lebah.

Jelajahi Colosseum yang legendaris di Roma
Colosseum Rome

Amfiteater terbesar Kekaisaran Romawi mengatur panggung untuk balapan kereta, eksekusi, dan pertandingan kematian gladiator. Diprakarsai di bawah Kaisar Vespasian dan selesai pada tahun 80-an di bawah pemerintahan putranya, Kaisar Titus, Amphitheatre Flavian adalah keajaiban teknik. Dibangun untuk menampung sekitar 50.000 penonton, teater elips yang berdiri bebas ini awalnya ditutupi dengan batu kapur travertine putih. Di bawah lantai kayu arena yang tertutup pasir adalah labirin terowongan dan kandang bawah tanah yang terlihat di mana gladiator dan binatang buas - badak, gajah, singa, harimau, dan buaya - ditempatkan sebelum kontes. Tur ramah keluarga di Colosseum menelusuri sejarah Kota Abadi, dari pendirian dongeng Roma oleh Romulus dan Remus pada 753 SM. untuk pembentukan Kota Vatikan.

Bernyanyi bersama di Gedung Opera Sydney
Sydney Opera House, Australia

Shakespeare menulis bahwa semua dunia adalah panggung, tetapi Sydney Opera House yang revolusioner secara arsitektur adalah panggung untuk semua dunia. Terletak di dekat jantung pelabuhan kota yang terkenal, struktur "kerang" berkubah yang saling berkait ini adalah pusat seni pertunjukan yang terkenal dan patung kota yang ikonik. Pusat ini dirancang oleh arsitek Denmark Jørn Utzon dan memulai debutnya pada tahun 1973. Hari ini, ini adalah salah satu tempat seni hidup tersibuk di planet ini, dan termasuk pemrograman untuk anak-anak dan keluarga. Pada siang hari, ubin keramik berskala seperti bangunan berkilau di bawah sinar matahari, di malam hari, ruang bersinar seperti kastil bawah laut Neptunus.

Menonton Wayang kulit di Indonesia
Wayang Kulit

Bayangan menjadi hidup di tangan artistik dalang Indonesia (master dalang), seorang pendongeng ahli yang menjiwai boneka kulit datar di belakang layar dengan cahaya latar untuk menciptakan dramatisasi yang memukau untuk anak-anak dan orang dewasa. Itu juga ada dalam daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO, sebutan khusus untuk tradisi dan praktik hidup yang membantu menceritakan kisah kemanusiaan kita bersama. Ratusan tahun sebelum munculnya televisi, teater boneka wayang — diiringi musik gamelan yang halus — membawa mitos warna-warni, kisah moralitas, dan komentar politik ke panggung utama di istana dan daerah pedesaan di Jawa dan Bali. Sementara boneka kayu tiga dimensi yang rumit juga merupakan bagian dari repertoar dalang, itu adalah gerakan mistis boneka wayang yang menerangi malam.

Pelajari legenda di balik gunung berapi aktif Hawaii
Hawaii Volcanoes National Park, Hawaii

Menurut mitologi Hawaii, kaldera Halema‘uma‘u dari Kilauea adalah rumah api Pele, dewi api, kilat, angin, dan gunung berapi. Kuali mendidih di atas salah satu dari lima gunung berapi perisai yang membentuk Pulau Besar Hawaii telah menginspirasi ritual dan penghormatan selama beberapa generasi. Bersama dengan Mauna Loa, pemadam api yang aktif dan mudah diakses ini menjadikan Taman Nasional Gunung Api Hawaii salah satu tempat terbaik untuk mengamati kekuatan geologis yang berputar yang membentuk planet kita. Taman, yang meliputi sekitar 333.000 hektar, adalah sarang aktivitas ramah keluarga, termasuk kenaikan yang dipimpin oleh ranger, pusat interpretif, dan platform tampilan di dekat aliran aktif. Berkendara sepanjang 11 mil Crater Rim, tur Kilauea yang menakjubkan dengan berhenti di ventilasi uap, tabung lava, dan pemandangan gunung berapi yang tinggi.

Saksikan migrasi hewan spektakuler di Tanzania
SERENGETI NATIONAL PARK, TANZANIA

Zebra, rusa, dan rusa kutub — bersama dengan karnivora yang melacaknya — adalah bintang-bintang di Taman Nasional Serengeti, yang membentuk komunitas ungulata bermigrasi terbesar di dunia dan pemusnahan predator besar terbesarnya. Bersama dengan pendampingnya, Kawasan Konservasi Ngorongoro, kawasan 8.000 mil persegi yang dilindungi ini adalah pangkalan bagi para pengunjung safari untuk mencari mangsa, singa, hyena, gajah, badak, serigala, serigala, dan banyak lagi. Sementara kelompok penggembala terus bergerak di padang rumput yang bergulir dan hutan bertitik akasia ini, migrasi tahunan Mei-Juni dari dataran tengah ke lubang air permanen di ujung barat taman adalah waktu ajaib untuk safari keluarga.

Bergabunglah dengan pesta selama Karnaval Kolombia yang semarak
THE CARNIVAL OF BARRANQUILLA, COLOMBIA

Karnaval Barranquilla adalah pesta pra-puasa parau dan perayaan multikultural dari akar asli, Eropa, dan Afrika dari pantai Karibia Kolombia. Diadakan di jalan-jalan kota selama empat hari sebelum Rabu Abu, acara tahunan adalah salah satu karnaval terbesar di dunia. Acara dimulai dengan Pertempuran Bunga pada hari Sabtu, yang menampilkan ratu karnaval, bunga mengapung, dan rombongan tari berkostum penuh semangat, diikuti oleh Parade Grand hari Minggu tentang penari cumbia tradisional dan penari garabato; Parade Fantasi hari Senin; dan pemakaman simbolis hari Selasa untuk Joselito Carnaval, personifikasi festival, yang meninggal karena terlalu banyak kesenangan.

Jelajahi reruntuhan Maya yang misterius di Meksiko
SIAN KA’AN, QUINTANA ROO, MEXICO

Sian Ka'an, yang berarti “asal usul langit” dalam bahasa Maya, adalah cagar biosfer seluas 1,3 juta hektar di pantai timur Semenanjung Yucatán, Meksiko. Mulai dari hutan tropis dan rawa-rawa hingga terumbu karang di sepanjang pantai, cagar alam ini menghitung penyu, buaya, jaguar, kera laba-laba, manatee, hiu perawat, dan flamingo sebagai fauna penduduk. Keluarga dapat menyewa kabin tenda di tepi pantai dan memesan kayak, memancing, cenote snorkeling, dan kunjungan wisata kanal dalam cagar. Anak-anak dapat membiarkan arkeolog batin mereka menjadi liar di Muyil (atau Chunyaxché), sebuah pemukiman pra-Hispanik yang menampilkan piramida berdinding curam yang dibangun hampir seribu tahun yang lalu. "El Castillo," seperti kastil ini dikenal, menjulang tinggi di pinggiran permata mahkota Meksiko dalam konservasi.

Ambil balon udara panas di atas cerobong asap Turki
GÖREME NATIONAL PARK AND THE ROCK SITES OF CAPPADOCIA, TURKEY

Taman Nasional Göreme di Turki Tengah adalah wilayah kering dari batu vulkanik yang tererosi yang mengambil bentuk-bentuk fantastis. Sering disebut cerobong peri, keajaiban aneh ini dapat naik puluhan kaki di atas tanah berkapur. Beberapa pemandangan paling mencolok di Dataran Tinggi Cappadocia adalah desa-desa yang diukir di tufa vulkanik. Kota Göreme, di sebuah wilayah yang pertama kali dihuni pada zaman Romawi, muncul sebagai pusat kegiatan monastik pada abad keempat ketika komunitas-komunitas Kristen menciptakan komunitas bawah tanah dan tempat-tempat perlindungan lukisan yang dapat dilihat pengunjung hari ini. Göreme Open Air Museum, lonjakan lembah, hotel gua, naik balon udara panas, dan tur berpemandu merupakan hal yang utama untuk segala usia.

Temukan fosil dinosaurus di Kanada
DINOSAUR PROVINCIAL PARK, ALBERTA, CANADA]

Zaman Reptil hidup di tanah tandus yang menarik secara geologis di Alberta, Kanada, tempat Dinosaur Provincial Park memberi kesempatan kepada ahli paleontologi untuk menjelajahi bentang alam di mana para ahli telah menemukan lebih dari 35 spesies dinosaurus. Selama periode Cretaceous, yang berakhir 65 juta tahun lalu, wilayah ini tampak sangat berbeda dari stepa dan hoodoo kering yang dilihat pengunjung hari ini. Saat itu, hutan lebat, rawa-rawa berawa, dan sungai yang mengalir adalah rumah bagi berbagai reptil, ikan, amfibi, mamalia, dan tanaman. Meskipun pengunjung tidak diizinkan untuk menggali di lingkungan yang rapuh ini, taman ini menawarkan jadwal lengkap safari fosil yang ramah keluarga, kegiatan berpemandu, dan pameran dinosaurus. Keluarga dapat berkemah di bawah bintang-bintang dan bermimpi pada hari-hari ketika Tyrannosauridae ("kadal tiran") dan Troodontidae (dinosaurus mirip burung) menghuni wilayah ini.

Penulis: GEORGE W. STONE

editor-in-chief of National Geographic
National Geographic
profile-picture
profile-picture
abahpride dan memberi reputasi
Diubah oleh abahpride
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Di Indonesia ajaa dulu yang deket deket baru menjelajahi luar. Pengen banget nonton pagelaran wayang, tapi kayanya di jakarta udah jarang yaa huhu padahal bangga banget punya warisan budaya yang masuk ke unesco. Angklung jugaa, tapi kalo angklung sih ada saung mang udjo di bandung jd kapan aja bisa datang liat pertunjukannya
profile-picture
abahpride memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di