alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Wiranto Siap Bantah Gugatan Kivlan Zen Soal Pembentukan Pam Swakarsa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5251686df2310fe23d5d18/wiranto-siap-bantah-gugatan-kivlan-zen-soal-pembentukan-pam-swakarsa

Wiranto Siap Bantah Gugatan Kivlan Zen Soal Pembentukan Pam Swakarsa


Menkopolhukam Wiranto saat memberikan laporan kepada Presiden Joko Widodo dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) Tahun 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8/2019). Dalam acara ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mencopot anak buahnya yang tak bisa mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Jokowi meminta agar jajaran TNI dan Polri membantu pemerintah daerah, baik gubernur, bupati, atau wali kota dalam mengatasi masalah kebakaran hutan. Menurutnya, kerugian yang dialami dari karhutla ini sangat besar. | AKURAT.CO/Sopian

AKURAT.CO, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto secara tegas membantah tudingan Mantan Kepala Staf Komando Strategis Angkatan Darat (Kas Kostrad) Mayjen TNI Purnawirawan Kivlan Zensoal pembentukan Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa atau Pam Swakarsa pada 1998.
Wiranto menyebut, apa yang dituduhkan soal dana pembentukan Pam Swakarsa dengan total pembiayan Rp 8 Miliar, namun hanya memberikan Rp 400 juta kepada Kivlan Zen tidak benar.
Gugatan tersebut berkaitan dengan pembentukan Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa atau Pam Swakarsa pada 1998. Kala itu, Wiranto tengah menjabat sebagai Panglima ABRI.

Baca Juga:

Fakta-Fakta Kivlan Zen Gugat Wiranto Rp1 Triliun
Sakit Kepala, Kivlan Zen Akan Dirawat Inap Di RS Polri
Praperadilan Kivlan Zen Ditolak Hakim, Polri: Seluruh Tahapan Sudah Sesuai Prosedur



Wiranto mengaku akan memberi bantahan terkait gugatan tersebut secara menyeluruh. Hanya saja, ia tak merinci kapan bantahan tersebut akan diberikan.
"Nanti ada bantahan resmi menyeluruh, tak jelaskan. Tapi semuanya itu tidak benar," singkat Wiranto, Selasa (13/8/2019).

Wiranto memastikan, akan membuka semua informasi itu secara terang-benerang. "Nanti ada bantahan resmi menyeluruh," jelas Wiranto.
Sebelumnya, Kivlan melayangkan gugatan perdata pada 5 Agustus 2019 lalu ke Pengadilan Jakarta Timur. Kivlan mengaku alami kerugian materil dan imateril.
"Betul, kami ajukan pada 5 Agustus kemarin. Ini gugatannya perbuatan melawan hukum karena ada masalah kewajiban dari Pak Wiranto kepada Pak Kivlan," ungkap Kuasa Hukum Kivlan, Tonin Tachta saat dikonfirmasi, Senin (12/8/2019).
Saat itu, kata Tonin, Kivlan mendapat mandat dari Wiranto untuk membentuk Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa dengan biaya Rp 8 miliar. Hanya, Kivlan menerima Rp 400 juta terkait pembentukan tersebut.

“Ini kan pasukan perlu dikasih makan, dikasih rokok, dikasih transportasi. Waktu itu hampir Rp 8 miliar, Rp 400 juta yang dikasih. Jadi komandannya yang tanggung jawab yaitu Pak Kivlan,” sambungnya.

Bahkan, Kivlan turut mengeluarkan uang pribadi karena uang yang diberikan kurang. Saat itu, Kivlan sempat menjual rumah hingga berutang ke orang lain.
“Sampi jual rumah, jual mobil utang sana sini dan enggak dibayar. Nah itu yang ditagih terus sama beliau dari tahun 1999 sampai april 2019 kemarin,” imbuh Tonin.
Sidang perdana gugatan tersebut akan dilakukan pada Kamis (15/8/2019) di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.[]





Sumber

profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Mana ada maling ngaku..... Ya kali pangab orde baru gak terlibat
emoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
profile picture
aaaa1


Apalagi yg bagian dr keluarga order baru itu sendiri
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di