alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Kenali Yuk!! Ikan Cupang (Betta Sp.) Ikan Hias yang Cantik dan Buming Di Dunia
4.88 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5226b6337f931a35750b20/kenali-yuk-ikan-cupang-betta-sp-ikan-hias-yang-cantik-dan-buming-di-dunia

Kenali Yuk!! Ikan Cupang (Betta Sp.) Ikan Hias yang Cantik dan Buming Di Dunia

          Ikan Cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain IndonesiaThailandMalaysiaBrunei DarussalamSingapura, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Di Indonesia terdapat cupang asli,salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.
    Harga ikan ini bervariatif mulai dari harga ikan cupang plakat anakan berkisar Rp 50.0000 hingga harga ikan cupang plakat juara yang mencapai harga Rp 2.000.000 untuk satu ikan. (Sumber)


Setelah berkembang di Amerika Serikat, ikan ini juga dikembangkan di Perancis. Karena ikan ini sudah mulai populer di kalangan pecinta ikan cupang, ikan ini diikutsertakan dalam sebuah kontes cupang internasional, yaitu IBC . Namun, dalam kontes tersebut, IBC masih belum mengakui kehadiran ikan ini meski ikan ini memiliki segudang keistemawaan dan para juri IBC belum memberikan kemenangan pada ikan ini.

Penilaian IBC tersebut sangat berbeda dengan respon masyarakat mengenai ikan cupang ini. Sejak diikutsertakan dalam kontes IBC di Alabama, ikan ini semakin terkenal. Hal ini diperlihatkan dengan semakin menyebarnya ikan ini di kawasan Eropa lainnya, seperti Swiss.

Karena ikan ini masih di pandang sebelah mata di dalam kontes IBC, para breeder dari Amerika Serikat, Swiss, dan Perancis membentuk organisasi baru yang dinamakan International Betta Splendens Club dengan tujuan untuk mewadahi kontes ikan ini dari berbagai belahan dunia. Dari organisasi tersebut menjadikan ikan ini di kenal di seluruh dunia, termasuk di Asia Tenggara. 
IBC link


1. Plakat

Plakat merupakan jenis ikan cupang aduan yang paling banyak dijual di pasaran dan paling dicari. Plakat sendiri diambil dari bahasa Thailand yang artinya “tarung”.
Konon, tradisi adu ikan cupang aduan sendiri awal mulanya berasal dari negara Thailand sehingga ikan cupang aduan banyak diasosiasikan dengan negara tersebut.
Ikan cupang plakat mempunyai ciri ciri sirip dan ekornya yang pendek. Warnanya sendiri tidak terlalu mencolok dengan tubuhnya cukup besar dan kokoh sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai petarung. Ikan ini juga akan bergerak sangat agresif apabila melihat musuh di dekatnya.



Spoiler for PLAKAT:



2. Halfmoon

Ikan cupang halfmoon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki ekor dan sirip yang simetris menyerupai bentuk setengah bulan. Ikan ini merupakan ikan hasil perkimpoian silang yang dilakukan oleh breederAmerika Serikat, yaitu Peter Goettner sekitar tahun 80-an.
Kecantikan ikan ini tidak hanya terlihat di bagian ekor dan siripnya saja, namun juga terdapat dihampir keseluruhan tubuh ikan. Selain itu, gerakan ikan ini juga terlihat anggun. Keindahan ikan ini juga terdapat pada varian ikan plakat, yaitu ikan cupang plakat halfmoon. Hal yang membedakan adalah ukuran ekor ikan cupang plakat halfmoon lebih pendek daripada ikan ini.(Sumber)


Spoiler for Halfmoon:



3. Crowntail

Ikan Cupang Serit atau Crown Tail adalah ikan cupang hias asli Indonesia. Cupang ini juga merupakan jenis cupanng pertama yang dibudidayakan di indonesia. Bentuk sirip cupang ini begitu khas, yaitu memiliki sirip panjang, tulang sirip kuat, dan sirip seperti gerigi atau serit/sisir. Kita harus bangga karena dengan cupang ini, kita menjadi penyumbang jenis ikan cupang di kancah internasional dan paling membanggakan adalah indonesia masih menjadi penghasil ikan cupang Crown Tail terbaik dunia.

Semua itu tidak lepas dari campur tangan seorang peternak atau breeder cupang bernama Ahmad Yusuf. Berawal tahun 1997 di bilangan Haji Ten, Jakarta Timur. Ahmad Yusuf berekspertimend degan mengkimpoi silangkan ikan cupang thailand delta dengan ikan cupang bergerigi. Setelah berbagai percobaan munculah ikan cupang serit dengan berbagai warna, mulai dari merah, abu-abu, dan lainya.

Melihat hasil kimpoi silangnya. Lalu pada bulan Agustus 1998. Ahmad Yusuf memunculkan ikan cupangnya ke publik melalui mengikuti kontes di Pondok Indah Mall Jakarta. Namun seperti yang kita tahu bahwa cupang jenis baru biasanya dalam kontes tidak diperhatikan atau lebih tepatnya menjadi warga kelas dua. Walaupun tidak mendapat juara, cupang jenis ini mendapat perhatian, mereka beranggapan seakan – akan bentuk sirip ikan ini sobek atau rusak. Seiring berjalannya waktu ikan cupang serit ini diakui oleh IBC (International Betta Congress).

Ikan Cupang dikatakan sebagai ikan cupang serit atau Crown Tail bila memiliki tulang ekor berjumlah dua atau lebih. Namun seiring berjalannya waktu, sekarang ikan cupang serit tidak hanya memiliki dua tulang ekor melainkan empat bahkan delapan.

Crown Tail tidak hanya itu-itu saja, ikan cupang seri memiliki dua tipe, yaitu type balon dan type balok. Bahkan sekarang ada cupang serit bernama King Crown Tail (raja mahkota). Cupang ini memiliki perbedaan dengan cupang serit lainya, dimana ujung tulang sirip King Crown Tail dapat bertemu dengan tulang sirip yang lainya.

Namun menurut pada breeder ikan jenis ini adalah ikan kelainan, ini dibuktikan dengan melakukan perkimpoian dengan King Crown Tail, anak-anak king crown tail tidak memiliki sifat King Crown Tail. (Sumber)
Spoiler for CrownTail:




4. Double Tail

Ikan cupang double tail terlihat sangat mirip dengan cupang halfmoon yaitu ikan cupang terkenal dengan sebutan bulan sepotong dan cukup popular. Bedanya, ikan ini memiliki ekor yang terbelah atau bercagak dua. Karena karakteristiknya itulah ikan ini akhirnya dinamai dengan double tail alias ekor ganda.
Ikan ini memiliki variasi warna yang cukup beragam. Ikan ini cukup langka di pasaran dan biasanya juga dijual dengan harga yang lebih mahal dari jenis cupang lainnya. Dan sialnya lagi ikan cupang double tail termasuk yang sulit untuk dibudidayakan. (Sumber)



Spoiler for DT:




5 . Giant

    ikan cupang Giant ini merupakan persilangan dari berbagai macam jenis cupang. Ikan cupang giant merupakan sebutan untuk ikan cupang yang memiliki badan yang jauh lebih besar daripada cupang biasanya. Bahkan, ikan cupang giant ini ada yang panjangnya bisa mencapai 10-15 cm.
Ikan cupang giant berasal dari negara Thailand yang banyak ditemukan di sungai-sungai dan danau di sana. Ikan cupang giant sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai ikan cupang aduan karena tubuhya yang besar dan lebih agresif. Karena ukurannya yang besar ini maka harganya juga lebih mahal dari ikan cupang biasa.
Untuk harga ikan cupang giant untuk anakan saat ini berkisar Rp 50.000 hingga ikan cupang giant juara petarung berkisar di harga Rp 500.000 hingga puluhan juta rupiah.

(Sumber)
Spoiler for Giant:


Yuk pelihara ikan cupang ini, punya warna yg unik dan menarik, dan juga dapat mengurangi pertumbuhan nyamuk di rumah agan/wati skalian.



tak kenal maka tak sayang, di bagi emoticon-Cendol Gan emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Big Kissya gan ....
kalo agan agan skalian suka dengan trit ane  kasi emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 15 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Balasan post amnessterz
Quote:


hehe, ikan ini gak diem2 aj kok gan.. asal ada temennya. jadi klo ktmu lawannya dia nari2 gitu. sambil mekarin sirip
profile-picture
iskrim memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di