alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
10 Perintah Penting Yang Bisa Dilakukan Oleh Google Asisten Di Android Kamu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4c65922f568d73822ea547/10-perintah-penting-yang-bisa-dilakukan-oleh-google-asisten-di-android-kamu

10 Perintah Penting Yang Bisa Dilakukan Oleh Google Asisten Di Android Kamu


Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi 10 perintah yang bisa dilakukan oleh Google Asisten dengan cara mengucapkan OK Google pada layar ponsel agan dan sista.

Ini saya kasih tahu buat yang belum tahu ya, kalau buat yang sudah tahu ya sekedar mengingat kembali. Disini agan dan sista tidak usah menekan tombol apapun, tapi hanya mengucapkan saja OK Googleselanjutnya Google Asisten akan terbuka dan siap menunggu perintah dari agan dan sista semua. Berikut adalah 10 perintah di Google Asisten yang harus diketahui dan mudah-mudahan bermanfaat dan sebelumnya pastikan agan dan sista terhubung ke paket data yang aktif untuk melakukannya ya.


1. Kalkulator
Buat agan dan sista yang ingin melakukan perhitungan baik itu penjumlahan, pengurangan atau pembagian, maka agan dan sista bisa melakukannya tanpa harus membuka aplikasi kalkulator pada ponsel agan sista. Cukup menggunakan Google Asisten dengan mengucapkan Ok Google, kemudian silahkan ucapkan angka penjumlahan/pembagian/pengurangan yang ingin agan dan sista ketahui jumlahnya. Contohnya seperti ini : "Ok Google 5x5x7x9+5 berapa".
Dan secara otomatis Google Asisten akan mengucapkan jawabannya dengan benar. Tentu hal ini sangat mudah ya, karena agan dan sista tidak perlu menekan tombol apapun.

2. Mencari Tempat Penting Yang Terdekat Yang Ingin Dicari
Misalnya agan dan sista sedang mencari Pom Bensin atau ATM ya. Maka agan dan sista hanya perlu mengucapkan perintah seperti ini : "Ok Google tunjukkan ATM terdekat". Dengan otomatis Google Asisten akan memberikan daftar terdekat ATM dari lokasi agan dan sista. Begitu juga pun Pom Bensin dan tempat lainnya.

3. Navigasi atau Meminta Petunjuk ke Kota Tujuan
Contoh agan dan sista tidak tahu jalan ke kota Jakarta misalnya. Kemudian ingin mencari jalan ke kota Jakarta. Maka agan dan sista tidak usah buka Google Map pada ponsel agan sista. Cukup katakan saja "OK Google Navigasi ke Jakarta". Maka dengan otomatis selanjutnya agan dan sista akan mendapatkan petunjuk jalan menuju ke Jakarta oleh Google Asisten beserta untuk estimasi waktu yang akan di tempuh.

4. Mengirim Pesan dan Telepon
Agan dan sista bisa melakukan hal ini secara langsung tanpa harus membuka aplikasinya. Seperti contoh agan dan sista ingin mengirimkan pesan WhatsApp kepada si Doi. Maka ucapkan perintah "Ok Google kirim pesan Whatsapp". Maka dengan otomatis Google Asisten akan bertanya kembali kepada agan sista dengan pertanyaan "Apa isi pesannya". Kemudian ucapkan isi pesan yang ingin agan dan sista sampaikan. Contohnya "Halo sayang kamu lagi ngapain". Otomatis Google Asisten akan bertanya lagi dengan "Halo sayang kamu lagi ngapain, Anda mau kirim atau ubah pesan itu". Maka jika agan sista tidak ada yang ingin diubah silahkan ucapkan saja "mengirim pesan". Dan Google Asisten akan memberikan informasi bahwa untuk pesan Whatsapp sudah terkirim.

Begitupun ketika agan dan sista akan melakukan panggilan telepon. Contoh agan dan sista ingin telepon babe, maka tinggal ucapkan perintahnya seperti ini : "Ok Google telepon babe" dan dengan otomatis Google Asisten akan melakukan panggilan telepon kepada babe.

5. Membuka Aplikasi
Ketika agan dan sista malas mencari aplikasi yang begitu banyaknya di hp agan sista, maka untuk membukanya secara langsung tidak perlu untuk melihat ke menu layar ponsel agan sista. Tinggal ucapkan perintahkan seperti ini : "Ok Google buka YouTube"(jika ingin buka Youtube, kalau mau buka yang lain silahkan ganti seperti Buka WhatsApp, Buka Messenger dan seterusnya). Dan secara otomatis Google Asisten akan membuka aplikasi YouTube.

6. Mendownload Aplikasi dari Playstore Secara Langsung
Jika agan dan sista ingin mendownload aplikasi dari Playstore, tentu saja harus membuka aplikasinya kemudian masuk ke kolom pencarian dengan mengetikkan aplikasi yang akan di download. Nah dengan menggunakan Google Assistant ini, agan sista tinggal katakan saja seperti ini : "Ok Google download aplikasi Twitter"(jika ingin mendownload twitter, jika ingin download yang lain silahkan katakan download aplikasi WhatsApp, download game PUBG dan seterusnya). Maka secara otomatis Google Asisten akan menampilkan aplikasi yang diminta. Selanjutnya tinggal agan dan sista klik dan diarahkan langsung ke Play Store untuk menginstal aplikasi Twitter.

7. Mengetahui Lokasi Saat Ini
Agan dan sista sedang berada di sebuah lokasi atau sebuah tempat dan agan sista tidak tahu saat ini ada di mana, maka tinggal tanyakan saja kepada Google Asisten. Contohnya seperti ini : "Ok Google lokasi saat ini", maka secara otomatis Google Asisten akan memberitahu lokasinya dengan lengkap. Hal ini agan sista tidak perlu membuka Google Map untuk mengetahui lokasi sebenarnya. Karena tinggal agan sista tanyakan saja dengan menggunakan kalimat yang tadi.

8. Terjemahan Bahasa
Disini untuk menterjemahkan sebuah kata atau bahasa, agan sista tidak perlu membuka aplikasi terjemah atau translate. Cukup agan sista katakan saja seperti ini : "OK Google terjemahkan bahasa Inggris makan"(silahkan ganti bahasa inggris makan dengan kata atau bahasa yang ingin agan sista terjemahkan) maka secara langsung Google Asisten akan menjawabnya.

9. Setel Alarm
Disini untuk menyalakan alarm, agan sista tidak perlu membuka aplikasi jam dan melakukan settingan pada ponselnya. Agan sista katakan saja misalnya agan sista akan bangun pagi jam 8 pagi ya, jadi tinggal agan sista katakan saja "OK Google Bangunkan saya jam 8 pagi", maka secara otomatis Google Asisten akan berkata : "Baiklah alarm pada tanggal 9 Agustus tahun 2019 pukul 8 terpasang". Oke sekarang agan sista sudah mendapatkan untuk Alarmnya jam 8 dan besok pagi jam 8 siap-siap untuk alarmnya pasti bunyi.

10. Mengetahui Kurs Mata Uang Pada Saat Ini
Contohnya agan sista ingin mengetahui kurs Dollar ke Rupiah hari ini, maka cukup agan sista katakan saja "OK Google kurs dollar ke rupiah hari ini", maka secara otomatis Google Asisten akan memberitahukan "1 dolar amerika serikat setara dengan 14109,50 rupiah".

Selanjutnya untuk kata perintah yang terakhir, disini saya buat sebagai hiburan saja ya. Contohnya agan sista lagi bete dan ingin mendengarkan cerita lucu, maka cukup tinggal katakan saja "Ok Google cerita lucu", maka Google Asisten akan menjawab contohnya seperti ini : "Oke ini dia, tali apa yang bikin nyanyi? tembang kenangan".
Bisa juga agan dan sista tanya yang lainnya juga selain cerita lucu, seperti pantun dan lainnya.


Ketahui Juga :
10 Manfaat Betapa Pentingnya Akun Google Di Android, Kamu Wajib Tahu!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jahotma dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh indriketaren
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
wow boleh dicoba
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di