alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Photography /
5 Kesalahan Mendasar yang harus dihindari FOTOGRAFER PEMULA!!
4.86 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4b959326377235af6c0101/5-kesalahan-mendasar-yang-harus-dihindari-fotografer-pemula

5 Kesalahan Mendasar yang harus dihindari FOTOGRAFER PEMULA!!


Image : Lensa.fotokita.net



Fotografi adalah sebuah pekerjaan/hobby/sebuah hasil karya yang memiliki keindahan didalamnya. Jika sekilas kita melihat seseorang yang sedang melakukan pengambilan foto, nampaknya sangat mudah dan simpel. Tinggal bidik dan jepret saja sudah selesai kemudian dilihat hasil gambarnya sangat menakjubkan. Melihat itu semua, tak jarang kita langsung ingin membeli kamera untuk menghasilkan foto serupa. Beberapa diantaranya memang berhasil, namun tak sedikit juga yang gagal dalam menghasilkan sebuah karya yang diinginkan.

Sebagai fotografer pemula, tentunya kita harus selalu belajar dan terus mengasah keterampilan agar kita lebih mahir menguasai segala aspek dalam fotografi. Maka dari itu kita hendaknya menghindari hal-hal yang dapat mengganggu hasil foto kita. Berikut 5 kesalahan umum yang dilakukan fotografer pemula :



1. TIDAK MENGATUR KAMERA DENGAN BENAR

Image : bernas.id

Sebagai pemula rasanya wajar kalau kita sering lupa mengatur settingan kamera. Hal tersebut bukan berarti kita gagal dalam menjadi seorang fotografer. Semua fotografer bahkan yang profesional pun pernah mengalami hal ini dalam kariernya. Pengaturan kamera sangat penting dilakukan agar foto yang kita hasilkan bisa lebih ciamik. Maka dari itu sebelum mengambil sebuah foto, lihatlah kondisi pencahayaan sekitar, Apakah cahaya memadai atau tidak. Setelah itu barulah kita mengatur shutter speed, ISO, Aperture, WB dan lain-lain. Untuk kalian yang ingin memgetahui lebih lanjut tentang settingan kamera, kalian bisa lihat thread ane yang satu ini

Ini dia pengaturan kamera yang bisa bikin foto kamu bagus atau nggak!!


2. SELALU MENGGUNAKAN MODE AUTO

Image : DIYkamera.com

Setiap barang digital yang kita miliki pasti menawarkan kemudahan bagi penggunanya. Tak terkecuali kamera yang menawarkan mode automatic yang terletak pada tombol dial kamera. Lagi-lagi ini adalah hal yang wajar bagi fotografer pemula. Namun terkadang jika kita menggunakan mode auto, hasil gambar tak sedikit yang tidak sesuai dengan keinginan. Kadang kita ingin foto yang lebih gelap namun hasilnya malah lebih terang. Maka dari itu jika kita ingin berkembang dan lebih kreatif gunakanlah mode manual atau mode lain dalam kamera agar kita bisa lebih cepat mengerti pengaturan kamera dalam berbagai situasi.


3. TERLALU BANYAK EDITING

Image : idntimes.com

Ketika kita telah mendapatkan gambar yang kita inginkan, biasanya tak sedikit fotografer yang melakukan pengolahan hasil foto baik menggunakan PC, Laptop, Handphone atau gadget lainnya guna mempercantik hasil foto. Langkah tersebut sebenarnya sudah sangat tepat. Namun perlu diperhatikan lagi, jika kita terlalu banyak melakukan proses editing dan menghilangkan ciri khas hasil foto kamera kita, maka hasil foto juga bisa menjadi tidak lagi sempurna. Oleh karena itu lakukanlah proses editing yang wajar dan tidak terlalu banyak mengubah isi foto kita.


4. TIDAK MEMAKSIMALKAN FITUR KAMERA

Image : imaging.nikon.com

Kebanyakan kamera yang kita genggam sekarang memiliki berbagai fitur yang dapat kita eksplorasi untuk mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal. Misalnya : autofokus, stabilizer, flash, viewfinder, live view, touchscreen, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur tersebut jika kita maksimalkan dengan baik, maka akan menghasilkan foto yang luar biasa. Maka dari itu untuk kalian seorang fotografer pemula jangan pernah malas untuk membaca buku panduan kamera, karena didalamnya banyak berisi penjelasaan tentang kegunaan dan fungsi tiap fitur.


5. TERLALU TERFOKUS PADA OBJEK FOTO

Image : Plazakamera.com

Terlalu fokus pada objek juga tidak baik dilakukan oleh seorang fotografer. Jika kita tidak memperhatikan keadaan sekitar misalnya background foto, maka akan mengakibatkan hasil foto kita kurang pas dan ada yang tidak mengenakkan mata. Jadi, sebelum mengambil sebuah foto pastikan keadaan sekitar atau background dengan objek dapat berpadu dengan menarik. Carilah sudut pandang yang tepat dan jarak yang sesuai agar hasil foto kita lebih menarik lagi.



Oke temen-temen, mungkin itu tadi 5 kesalahan umum yang sering dilakukan fotografer pemula. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan tambahan ilmu untuk temen-temen fotografer pemula.

Jangan lupa follow @sobatf untuk informasi menarik seputar fotografi lainnya. Jangan lupa juga rate, comment & share ketemen-temen fotografer pemula kalian. Mari kita bersama-sama belajar fotografi untuk menghasilkan karya yang lebih menarik lagi.

Sampai jumpa di thread berikutnya....


Sumber : Opini Pribadi




Mampir juga ke HOT THREAD lainnya dari @sobatf yang lebih menarik dibawah ini :


Bingug beli kamera apa?? Ini solusi terbaik!!

10 SPOT FOTO yang wajib kalian kunjungi tahun ini!!

Memahami jenis-jenis LENSA dan Fungsinya!!

Estimasi Biaya membuat studio foto sederhana

Rincian pembuatan studio foto modal 100 Juta

Apakah Smartphone bisa mengalahkan DSLR??

Cetak foto cuma 1 MENIT?? Pake kamera ini gan!!

Tips menghemat shutter count agar kamera awet & tahan lama

Ini dia pengaturan kamera yang bisa bikin foto kamu bagus atau jelek!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sobatf dan 23 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
makasih perlu tuh link buat belajar settingan kamera emoticon-Jempol
profile-picture
sobatf memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di