alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / ... / Stories from the Heart /
Pramuka itu KEREN Lho!!!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4cf211e83c720912028f80/pramuka-itu-keren-lho

Pramuka itu KEREN Lho!!!

- Pramuka itu Keren Lho!!! -






Spoiler for Hymne Pramuka:



Pada suatu ketika, malam selepas Isya.

Quote:



Bokap pun dengan antusias mulai menceritakan tentang Pramuka yang diikutinya sejak doi kecil hingga dewasa. Gue agak malas sih mendengarnya karena gue juga selama enam tahun sudah ikut pramuka di SD. Biasa aja, gak ada yang menarik bagi gue.

Kegiatan pramuka itu ngapain sih? Paling upacara, pake seragam coklat muda dan celana coklat tua dan atribut atribut lainnya seperti baret, dasi merah putih yang disimpul di kerah pakai bola rotan, tali di pinggang, dan pisau kecil.

Oh ya biasanya juga wajib tuh mengucapkan sumpah pramuka terus dikasi buku saku yang isinya semacam catatan catatan yang disesuaikan dengan tingkatan anggotanya. Ada siaga, penggalang, penegak, pembina dan semacamnya. Yaa pokoknya gitu deh, standar. Gak menarik!


Quote:


Bokap menceritakan dengan agak sedikit lompat lompat tentang pengalamannya selama mengikuti kegiatan Pramuka. Kadang malah melantur kemana mana termasuk cerita pertemuan pertama kalinya dengan nyokap. Duuh..

Tapi yang paling aku tangkap dari cerita bokap adalah, beliau merasa bangga dan bersyukur sekali bisa aktif di Pramuka. Banyak manfaat yang beliau dapatkan di sana dan sangat membantu bagi kehidupannya sehari hari.

Salah satunya adalah skill survival alias bertahan hidup. Iya, itu adalah materi dasar yang diajarkan berulang ulang di Pramuka. Bokap beberapa kali mengulang cerita pengalamannya selama beberapa kali mendaki gunung, membantu korban bencana alam, atau berkelana di hutan sendirian.

Pelajaran tali temali di Pramuka yang kaya dengan berbagai teknik simpulnya, cara memasang tenda, membaca medan, mencari jejak, P3K, dan lain sebagainya. Menurut bokap semua itu akan sangat berguna bagi gue dan anak anak muda lainnya yang masih suka berpetualang.

Bokap juga menekankan bahwa Pramuka mengajarkan beliau untuk menjadi orang yang kreatif. Mendayagunakan apa pun tanpa bergantung dengan fasilitas yang memadai mau pun kepada orang lain.

Contoh kreatifitas paling sederhana dalam kehidupan sehari hari yang dilakukan beliau adalah, membetulkan genteng yang bocor sendiri, membuat pagar, berternak, bercocok tanam, bahkan membuat layangan ukuran besar pun bisa dilakukannya.

Gue akui bokap memang hebat sih karena itu semua dilakukannya sendiri dan semuanya otodidak. Bisa dibilang apa saja dilakukan oleh beliau. Untuk hal itu gue bangga sama bokap dan berharap suatu saat bisa seperti dia.

Quote:


Setelah tertawanya reda, bokap pun menjelaskan bahwa dulunya tidak ada yang namanya SAR dan juga Pecinta Alam. Hanya ada Pramuka. Kedua organisasi tersebut lahir dari orang orang yang khusus mengabdikan diri untuk misi penyelamatan dan survival. Basicnya dari mana? Ya tentu saja dari Pramuka, kata beliau.

Gue pun kembali manggut manggut memikirkan semua yang diceritakan oleh bokap kepadaku. Beliau menepuk nepuk punggungku dengan senyuman lebar dan tampak puas melihat gue yang ikut tersenyum sebagai tanda mengerti akan cerita dan penjelasan dari beliau yang agak ngejlimet sebenarnya.

Bokap kemudian mengambil kertas formulir pendaftaran ekskul tadi dari atas meja tamu dan meminta gue menerimanya.

Quote:


Tak lama Bokap pun kembali dan meminjamkan pulpennya ke gue. Dengan tangkas gue langsung mengisi data data dan ekskul apa yang akan gue ikuti lengkap beserta alasannya di atas meja sambil ngedeprok di lantai .

Bokap tertawa senang dan menepuk nepuk punggung gue lagi. Tidak sampai lima menit, gue sudah mengisi formulir tersebut dan langsung menyerahkannya ke beliau untuk ditanda tangani sebagai tanda persetujuan orangtua.

Quote:


Bokap hanya menggeleng gelengkan kepalanya lalu dengan ekspresi tak rela langsung menandatangani kertas formulir pendaftaran ekskul tersebut yang dengan jelas gue centang pada kotak pilihannya yang bertuliskan P E N C A K S I L A T.




- Sekian dan Terima Kasih. -
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agungdar2494 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh S.HWijayaputra
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Alhamdulillah pernah jadi anggota pramuka dulu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agungdar2494 dan 2 lainnya memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di