KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Yang Suka Buku Sudah Tahu Bibliomania Belum ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4aa9cea727680bad0c1d93/yang-suka-buku-sudah-tahu-bibliomania-belum

Yang Suka Buku Sudah Tahu Bibliomania Belum ?


Sumber Gambar : pixabay.com




Selamat datang di thread Ane buat Agan dan Sista.

Agan dan Sista yang suka sama buku berarti kita punya kesukaan yang sama. Buat ane buku, baca, dan nulis itu malah sudah jadi satu kecintaan.

Makanya saat kemarin keliling baca-baca artikel ane kaget juga saat menemukan istilah yang berhubungan dengan buku. Istilahnya dinamakan Bibliomania.

Yang membuat ane kaget ternyata istilah itu disematkan buat orang yang memiliki gangguan psikologisyang berhububgan dengan buku. Nah loh, kok bisa ?

Quote:


Bibliomania juga bisa dikatakan kecintaan berlebihan (kecanduan) terhadap buku.

Jadi buat seseorang yang bibliomania sangat menyukai cenderung terobsesi pada buku secara fisik hingga selalu berusaha memiliki buku dan menimbunnya bahkan tidak jarang tanpa perlu untuk dilihat atau dibacanya.

Orang yang terkena bibliomania memiliki kebutuhan untuk mengumpulkan buku-buku sebagai pelarian atas hubungan-hubungan sosial yang terancam. Jika tidak, maka penderita Bibliomania akan merasa kesepian atau memiliki suasana hati tidak menentu.

Orang yang terkena bibliomania memenuhi kebutuhan atas bukunya tidak hanya dengan cara membeli saja mereka akan berusaha bagaimanapun caranya mendapatkan buku untuk di timbun.

Yang paling ekstrim ane baca di sebuah artikel ada yang terkena bibliomania sampai mencuri buku-buku yang ada di perpustakaan, sampai pada satu waktu diketahui oleh pihak berwenang lalu didatangi rumahnya dan di sana banyak buku menumpuk dan saat dibawa sampai harus menggunakan kontainer segala saking banyaknya buku yang diambil lalu ditimbunnya.

Antara kasihan dan aneh ane membaca orang yang terkena bibliomania ini. Kasihan karena ternyata bibliomania ini menjangkiti orang yang memiliki gangguan sehingga untuk menyembuhkannya diperlukan orang yang berkompeten. Aneh karena ternyata gangguan bisa mengenai banyak hal sampai pada orang yang menyukai buku segala.

Nah, bagaimana yang menyukai buku apa pasti penderita gangguan bibliomania ini ?

Kalau menyukai bukunya tetapi dibaca, ditelaah, dan dijadikan ilmu maka itu bukan bibliomania tetapi bibliofilia.

Quote:


Terima kasih buat Agan dan Sista yang sudah mampir, pemberian cendol segarnya, dan jejeran ratenya. Ditunggu kucuran ilmu dan diskusinya. Sampai ketemu di thread yang lain.

emoticon-2 Jempolemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 28 lainnya memberi reputasi
Quote:


oooh ada juga istilah tsundoku... bener banget sih buku yg sampulnya bagus minta banget dibeli emoticon-Frown btw itu istilah ilmiah apa bukan yah gan?
profile picture
teagaja
kaskuser
Istilah dalam bahasa Jepang, gan, coba cek di wikipedia untuk lebih jelasnya.emoticon-cystg
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di