alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d49731882d4955cbe4292fd/wah-indahnya-ini-dia-gedung-kayu-tertinggi-di-dunia

Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia



Maraknya pembangunan yang menggunakan baja dan beton menjadi salah satu sumber penghasil karbon di atmosfer. Hal ini diperparah dengan dibangunnya gedung-gedung besar yang komposisinya menggunakan baja dan beton. Hal ini tanpa disadari justru menjadi salah satu aktivitas penghasil karbon terbesar karena dari baja dan beton ini diproduksi sendiri menghasilkan jutaan emisi karbon tiap harinya.

Apakah alam kita masih dapat menampung karbon-karbon yang bertebaran ini? Ya tentunya masih, namun dalam waktu dekat bila kegiatan ini masih terus dilakukan maka adakalanya atmosfer di bumi ini masuk kedalam fase stasioner dimana atmosfer sudah tidak mampu lagi memurnikan dirinya kembali dan lapisan ozon semakin berlubang.


Spoiler for 25 king building:


Nah fenomena tersebut rupanya sangat diperhatikan oleh arsitek-arsitek di Australia. pada tahun ini mereka akhirnya memutuskan untuk mencoba konsep baru yang mana bisa mengurangi karbon hasil pembangunan gedung dengan menciptakan gedung yang tidak menggunakan beton ataupun baja yakni gedung dengan kayu. Terlihat aneh bukan? Tapi faktanya gedung ini sudah dibangun dan sukses menjadi gedung perkantoran berbahan dasar kayu pertama di dunia. Sebut saja nama gedung ini 25 King, gedung 25 King dibangun dengan dasar peduli lingkungan dan melestarikan alam. Gedung ini juga merupakan gedung kayu tertinggi di dunia (45 m).




Yups gedung ini dibangun dengan rangka kayu sehingga bisa meminimalisir penggunaan kerangka baja. Kayu juga membutuhkan sedikit semen untuk menempelkannya sehingga terciptanya emisi karbon semakin ditekan. Secara khusus, bangunan ini menggunakan kayu laminasi-silang, sejenis kayu lapis yang dibuat menggunakan perekat canggih dengan kekuatan struktural yang sebanding dengan baja.




Kekuatan tersebut memungkinkan desainer dan perusahaan konstruksi mulai merangkul kayu sebagai bahan yang ramah lingkungan untuk konstruksi bangunan besar. Kayu laminasi silang memiliki emisi karbon yang jauh lebih rendah daripada kayu konstruksi tradisional ataupun baja, yang padat sumber daya untuk membuatnya. Atas dasar ini maka ditetapkanlah kayu laminasj silang sebagai sumberdaya terbarukan yang dapat memerangkap karbondioksida.


Bagian interior bangunan ini pun terasa makin stylish karena perpaduan balok kayu yang indah dan penuh estetika membuat kegiatan perkantoran di gedung ini tidak membosankan. Selain itu keuntungan utama kayu sebagai bahan konstruksi adalah ringan — sekitar seperempat berat bangunan beton yang setara ukurannya yang berarti fondasinya bisa lebih kecil, dengan begitu akan dibutuhkan lebih sedikit beton dan juga lebih sedikit waktu untuk menggali dan menuangkan semen. Karena mudahnya membangun bangunan dengan kerangka kayu, tercatat gedung ini hanya perlu waktu 15 bulan untuk membangunnya, waw pencapaian yang luar biasa fantastis mengingat gedung ini tergolong besar. Berikut ini potret-potret interior didalamnya :


Spoiler for lobby:


Spoiler for pintu masuk:


Spoiler for bagian yang disewakan:


Spoiler for ruang perkantoran:


Spoiler for ruang perkantoran 2:


Spoiler for the lounge:


Wah indah sekali ya perpaduan kayu ditiap-tiap kerangka bangunan. Kalau begini jadinya gedung makin stylish dan ramah lingkungan — Jadi kekinian gitu kayak model-model cafe yang bertebaran di Indonesia hehe. Ane sih setuju banget dengan implementasi ini! Gimana komentarnya gan?, tulis aja di kolom komentar!



Sumber : Disini
Sumber gambar : Bing.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dompetjadipeci dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dompetjadipeci
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
keliatan lebih adem gitu ya karena efek dari kayunya emoticon-Mewek . pengen deh punya rumah yang banyak kayu kayunya gini, tapi pasti mahal dan ribet ngurus dan perawatannya, dan ane bukan tipe yang suka ribet wkwk banyak mau euy orangnyah emoticon-Hammer2
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
profile picture
dompetjadipeci


Nggak mahal kok gan perawatannya. Rumah nenek ane di sulawesi dari kayu gan malah sampai sekarang berdiri kokoh. Beda sama rumah ane di jawa ini malah sudah retak-retak temboknya plus catnya luntur emoticon-Cape d...
profile picture
faris1234
@dompetjadipeci
Itu mah kayu yg bener2 udah matang n kayu yg bagus...skrang mah kayu2 kualitasnya kurang bagus masih muda udah ditebang
profile picture
dompetjadipeci


Di mana dulu nih, kalo di Indonesia iya emoticon-Big Grin
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di