alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Empat Dampak Positif Pemadaman Listrik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d48f1b7018e0d09fc478b32/empat-dampak-positif-pemadaman-listrik

Empat Dampak Positif Pemadaman Listrik

Boleh dibilang masyarakat modern tidak dapat hidup tanpa listrik. Seluruh aktivitas masyarakat modern bergantung pada aliran listrik. Maka ketika terjadi pemadaman listrik massal pada Minggu, 4 Agustus 2019, banyak masyarakat yang mengeluhkan layanan PLN yang begitu buruk. Namun, tanpa disadari ada dampak positif dari pemadaman listrik tersebut.



Berikut Tagar merangkum empat dampak positif dari pemadaman listrik.

1. Lebih Dekat dengan Keluarga

Ketiadaan arus listrik boleh jadi sangat membosankan, apalagi saat berada di rumah. Pada zaman sekarang meskipun sedang di rumah, sebuah keluarga sudah lebih sibuk dengan smartphone atau gawainya masing-masing. Maka momen pemadaman listrik dapat dimanfaatkan untuk berkumpul untuk sharing dan curhat masing-masing anggota keluarga.

Seperti yang diutarakan Johannes. Pria yang berusia 23 tahun ini mengaku momen pemadaman listrik kemarin dimanfaatkannya untuk berkumpul bersama keluarga.

"Iya, malah jadi cerita-cerita dan sharing sama keluarga. Padahal kalau hari-hari ya rumah itu udah kaya terminal karena cuma singgah untuk istirahat doang," ujarnya.

2. Mengurangi Polusi Udara

Pemadaman listrik yang terjadi pada Minggu, 4 Agustus 2019 kemarin ternyata berdampak baik pada kualitas udara ibukota. Berdasarkan pengamatan Tagar melalui situs pemantau kualitas udara Air Visual, pemadaman listrik yang terjadi sejak semalam menghantarkan kualitas udara Jakarta membaik pada angka 79 atau moderat dari sebelumnya 130-175 yang berarti tidak sehat.

Meskipun pada Senin sore, 5 Agustus 2019 kualitas udara Jakarta menurun menjadi 97, tapi masih dalam taraf moderat.

Hal ini kemungkinan diakibatkan menurunnya penggunaan alat elektronik yang mengeluarkan gas karbon seperti pendingin udara (AC), lemari es dan hair dryer.

3. Mengurangi Paparan Radiasi Alat Elektronik

Pada era modern saat ini bisa dipastikan hampir seluruh aktivitas masyarakat menggunakan alat elektronik. Namun penggunaan alat elektronik yang digunakan tersebut dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan kita. Salah satunya melalui paparan radiasi elektromagnetik yang dapat menyebabkan penyakit, seperti katarak, astenopia hingga gangguan kesuburan.

4. Menurunkan Biaya Listrik

Pemadaman listrik yang terjadi pada Minggu, 4 Agustus 2019 bisa jadi dapat berbuntut pada ganti rugi yang dilakukan PLN kepada masyarakat. Tidak main-main, kemungkinan ini secara eksplisit dicantumkan dalam  Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan.

Dalam Pasal 29 Ayat 1 (e), disebutkan bahwa, "Konsumen berhak untuk mendapat ganti rugi apabila terjadi pemadaman yang diakibatkan kesalahan dan/atau kelalaian pengoperasian oleh pemegang izin usaha penyediaan tenaga listrik sesuai syarat yang diatur dalam perjanjian jual beli tenaga listrik".

Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PLN, Sripeni Inten Cahyani menyatakan, PLN akan memberikan kompensasi ke masyarakat sesuai dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 27 Tahun 2017 tentang Standar Mutu Pelayanan.


Sumur

Spoiler for Sumur:


profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Momen pemadaman listrik dapat dimanfaatkan untuk berkumpul untuk sharing dan curhat masing-masing anggota keluarga.

ini sih, kemaren pas mati lampu ane malah nyanyi nyanyi cekakan sama keluarga, terus jadi throwback waktu kecil dulu ngapain aja
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di