alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Penulisan 'Di' Yang Diharamkan, Tetapi Masih Sering Dilakukan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d46dfb1dbf7643aa74649ae/penulisan-di-yang-diharamkan-tetapi-masih-sering-dilakukan

Penulisan 'Di' Yang Diharamkan, Tetapi Masih Sering Dilakukan

Pernahkah Agan dan Sista menjumpai tulisan-tulisan seperti di bawah ini? Coba dibaca lagi, apakah ada yang keliru? Pasti ada jika agan dan sista teliti. Nah, di foto pertama ada kesalahan dalam penulisan partikel 'di' begitu juga di foto kedua. Agan dan Sista ada yang tahu di mana letak kesalahannya? Yuk, kita belajar bersama.


Sumber gambar tertera


Sumber gambar: wikipedia

Sebelum mulai belajar, mari kita menanamkan kalimat ini terlebih dahulu.


Thread ini untuk belajar dan belum semua orang tahu akan hal ini, maka mari bagikan info ini kepada orang-orang yang belum tahu agar tidak keliru lagi. Bagikan dengan cara yang santun, ya, Agan dan Sista.


Nah, mari kita belajar!

Sebagai orang Warga Negara Indonesia yang baik, kita juga harus mengetahui bagaimana penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Salah satunya adalah penulisan partikel 'di'. Selama ini masih sering kita temui di kehidupan nyata penulisan partikel 'di' yang keliru. Hayo, sudah tahu belum bagaimana penulisan partikel 'di' yang benar?

Penulisan partikel 'di' untuk mengacu pada keterangan tempat harus dipisah, sedangkan penulisan partikel 'di' yang mengacu pada keterangan kerja dan imbuhan harus digabung. Apakah Agan dan Sista masih bingung? Yuk, lihat lagi gambar di atas beserta koreksinya.


Tolong bacanya jangan sambil nyanyi, ya, hehe.
Di gambar kedua 'disini' harusnya dipisah, karena mengacu pada keterangan tempat.

Nah, saya beri contoh mudahnya, ya.

Contoh 1

Emak: Nak, itu cuciannya tolong dijemur!
Kamu: Iya, Mak. Dijemur di mana, Mak?
Emak: Di halaman belakang aja.

Contoh 2

Kamu: Aduh, aku digigit serangga, nih!
Doi: Sakit enggak?
Kamu: Enggak, dong. Kan ada kamu di sampingku, jadinya enggak sakit, dong.


Contohnya alay sekali😅😅😅😅

Nah, Agan dan Sista sudah paham bagaimana penulisannya sekarang bukan? Hayo ngaku siapa yang masih sering salah menulis 'di'? Mulai sekarang jangan sampai salah lagi, ya, Agan dan Sista.

Sangat disayangkan sebenarnya karena masih banyak media nasional yang keliru menuliskannya. Mungkin karena itu pula banyak yang masih keliru dalam penulisannya. Semoga setelah membaca thread ini, teman-teman tidak keliru lagi. Sekian, semoga bermanfaat.

emoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rezaagustin dan 57 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rezaagustin
"Di" kalo untuk menunjuk tempat dipisah, selain itu disambung. betul ga gan? emoticon-Bingung
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
profile picture
endless.boredom


gak cuma tempat aja gan, waktu juga.
di siang hari, di malam yang dingin, di saat itu, dsb.
profile picture
screamo37
@endless.boredom
wah makasih tambahannya gan emoticon-2 Jempol
×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di