alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
Buku Kisah Tanah Jawa, Bukan Sekedar Tentang Mistis Semata
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d34e57d349d0f328f7d39a5/buku-kisah-tanah-jawa-bukan-sekedar-tentang-mistis-semata

Buku Kisah Tanah Jawa, Bukan Sekedar Tentang Mistis Semata

Siapa yang tak kenal dengan Bonaventura Genta? Namanya dulu mendadak populer setelah membagikan pengalamannya di thread kaskus lewat keluarga tak kasat mata yang populer tahun 2016. Lewat tulisan keluarga tak kasat mata, Genta berkenalan dengan Mas Mada dan Om Hari Haohao hingga akhirnya membentuk tim kisah tanah jawa yang bukan hanya sekedar berbagi cerita lewat tulisan dan video, akan tetapi juga membuat buku kisah tanah jawa yang terbit di awal tahun 2019 dan di susul buku keduanya yang dirilis bulan juli 2019.

Credit : dokumentasi pribadi

Di tulisan ane kali ini ane lebih menyorot pada buku kisah tanah jawa yang telah terbit entah itu buku pertama ataupun buku keduanya. Di kedua buku tersebut banyak hal yang menarik dibahas yang berkaitan dengan pulau jawa yang bukan hanya sekedar membahas tentang mistis seputar tanah jawa semata, namun juga seluk beluk sejarah dan juga hal lain yang erat kaitannya dengan pulau jawa. Buku ini bisa dibilang unik karena menggunakan metode retrocognition yaitu sebuah kemampuan untuk melihat masa lalu yang jarang dimiliki oleh manusua, metode ini sebagai penunjang untuk mengetahui segala hal yang berkaitan dengan pulau jawa di masa lampau.

Buku kisah tanah jawa baik dari buku pertama maupun buku kedua selalu menyuguhkan hal menarik di dalamnya, di buku pertama hal yang dibahas adalah seputar tumbal mulai dari tumbal hewan hingga tumbal nyawa untuk sebuah bangunan, lalu dibahas pula tentang jenis penglaris, jenis pesugihan hingga membahas mantra-mantra terkenal di tanah jawa seperti jaran goyang dan semar mesem. Selain itu dibahas pula tentang ajaran kejawen serta tulisan-tulisan lain yang pernah di muat di fanspage kisah tanah jawa lewat media sosial seperti tanjakan emen dan sejenisnya.

Pada buku keduanya yang rilis baru-baru ini lebih membahas pada sosok lelembut atau sosok hantu yang ada di tanah jawa dengan beragam jenisnya mulai dari jenis-jenis pocong, jenis-jenis kuntilanak dan aneka hantu populer lainnya seperti tuyul dan genderuwo. Selain itu pula dibahas tokoh penguasa ghaib seperti nyai roro kidul dan sebagainya, lalu dibahas pula aneka jenis hantu lain seperti hantu yang mendiami rumah sakit, hantu belanda dan hantu jepang yang ada di pulau jawa hingga sosok hantu yang tak poluler di masa kini seperti jerangkong dan keblak. Fenomena seperti bus hantu pun tak lepas dibahas dalam buku keduanya.

Credit : dokumentasi pribadi

Melihat dua buku kisah tanah jawa ini setelah ane membacanya, ane memiliki penilaian tersendiri. Pada saat buku kisah tanah jawa yang pertama ane sendiri kurang puas dengan bukunya karena sebagian isi buku sudah dibahas dalam fanspage kisah tanah jawa, namun di buku kedua bisa dibilang ane cukup puas tentang paparan aneka sosok lelembut atau hantu yang ada di pulau jawa yang belum ane ketahui sebelumnya, buku ini semakin menarik dibaca karena ada banyak ilustrasi di dalamnya yang diilustrasikan oleh mas day yang merupakan salah satu tim kisah tanah jawa. Bisa dibilang buku kedua dari kisah tanah jawa ini lebih seram dari buku yang pertama karena dihiasi dengan sebagian ilustrasi sosok lelembut atau hantu yang mengerikan. Buku kisah tanah jawa hanya membahas sedikit dari misteri pulau jawa yang penuh dengan hal menarik di dalamnya karena masih banyak hal-hal menarik dari pulau jawa bukan hanya dari segi mistis semata namun juga dari sisi sejarahnya. Demikian paparan tulisan ane kali ini, bagaimana pendapat agan dan sista? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan pengalaman dari membaca buku kisah tanah jawa
Sumber gambar : Dokumentasi Pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 3 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


siapp gan...minggu ane sekalian mu ke gramedia...
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di