alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Games / Games /
Main Entik Yuk! Ada Yang Tahu Permainan Apa itu? (Kuy Kepoin Nostalgia Masa Kecilku)
4.25 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3674f4e83c727db6447e7f/main-entik-yuk-ada-yang-tahu-permainan-apa-itu-kuy-kepoin-nostalgia-masa-kecilku

Main Entik Yuk! Ada Yang Tahu Permainan Apa itu? (Kuy Kepoin Nostalgia Masa Kecilku)




Nostalgia Masa Kecilku
#YangNgangenin
#YangSeruSeru


Gan Sis kelahiran tahun berapa nih? Kalau lahir tahun 90an berarti sama seperti ane. Ngomong-ngomong, kenapa ane hubungin tahun 90an dengan nostalgia permainan masa kecil? Karena permainan pada tahun tersebut walaupun terkesan jadul tapi lebih seru dan menantang dilakukan bersama-sama, jadi semuanya merasa senang berbagi enaknya kerja sama walaupun banyak keringat serta ditambah luka akibat jatuh.

Tetap semangat berkobar, mau itu menang atau kalah dalam permainan jaman dulu. Nah pas banget bukan karena tema event kreator sekarang membahas mengenai permainan masa kecil. Penasaran permainan apa saja itu? Kuy lah simak nostalgia permainan masa kecil tahun 90an sebagai berikut.


Entik


Entik merupakan satu permainan yang ane mainin jaman dulu nih Gan, jadi permainan ini menggunakan batang ranting atau kayu yang dipotong tidak terlalu panjang dan tumpukan batu bata yang disusun dua sisi agar ranting atau kayu bisa diletakkan ditengah-tengah.

Dimana nantinya batang kayu yang sudah diletakkan diatas batu bata harus dipukul dan permainan pun melalui 3 tahap agar bisa menang. Bingung bukan? Nih ane kasih ilustrasinya.


Bahan :
- Dua batang kayu atau ranting yang sudah dipotong
- Empat batu bata

Aturan main :
- Ada tiga tahap yang harus dimainkan
- Secara keseluruhan jika batang kayu ditangkap lawan maka permainan selesai
- Ketika lawan melempar batang kayu kemudian mengenai kayu yang disusun diatas batu bata maka permainan pun selesai

Spoiler for Cara mainnya disini:


Tongpes


Tongpes merupakan salah satu permainan yang menggunakan beberapa sandal yang disusun menjadi tumpukan. Jadi nanti ada dua kelompok yang bermain, kelompok pertama bagian pelempar dan kedua itu kelompok yang bertugas menjaga tumpukan sandal.

Uniknya jika tumpukan tersebut terkena lemparan sandal, kelompok pertama harus berhamburan lari dan menghindari sandal yang dilemparkan agar mengenai tubuh pemain. Kalau sudah kena semua kelompok pertama, berarti harus gantian jaga. Hayo masih bingung tentang cara mainnya.

Bahan :
- Cari beberapa sandal ukuran besar untuk ditata
- Ambil satu sandal favorit untuk menjadi alat pelempar

Aturan Main:
- Ada dua kelompok yang bermain sebagai pelempar dan penjaga
- Jika semua kelompok pelempar sudah terkena sandal maka harus bergantian
- Tapi ketika kelompok pelempar berhasil menyusun tumpukan sandal maka mereka menang dan berhak main lagi

Spoiler for Cara mainnya disini:


Guleran


Guleran merupakan permainan yang menggunakan daun petet, dimana ada dua orang yang bermain adu beruntung siapa yang bisa mendapatkan batang petet. Kok aneh? Pasti belum pernah mainin nih Agan, cukup sederhana loh guleran ini. Jadi nanti ketika yang bermain itu mendapatkan batang petet paling banyak dari saling adu, pemain inilah yang menjadi pemenang.

Taktik pun harus memilih batang pohon petet yang kuat agar pas melilitnya bisa tahan lama dan bisa menang mengambil batang petet yang lainnya. Masih pusing ya? Nih simak cara mainnya.


Bahan :
- Batang daun petet
- Ambil yang paling tua

Aturan main :
- Ada dua pemain yang memainkan lilitan batang petet
- Jika salah satu batang petet sudah rusak atau patah maka pemain tersebut kalah
- Pemenang ditentukan beberapa banyak lilitan yang sudah didapatkan

Spoiler for Cara mainnya disini:


Gacokan


Gacokan merupakan salah satu permainan yang ane mainkan dulu dengan menggunakan bekas bungkus rokok dan untuk memainkannya pun cukup unik yaitu harus melemparkan potongan keramik untuk mengeluarkan potongan rokok dari dalam lingkaran. Ini permainan paling seru loh Gan, mulai dari pemilihan potongan keramik sebagai gacokan dan mencari bungkus rokok yang digunakan nanti.

Jadi disini tidak ada lawan maupun kawan, ane harus fokus melemparkan keramik agar mendapatkan bungkusan rokok yang sudah dibentuk sebanyak-banyaknya. Pemenang pun ditentukan dengan banyaknya bungkus rokok yang didapat, tapi harus waspada dalam melemparkan gacokannya. Jika masuk ke dalam lingkaran yang dibuat mengelilingi bungkus rokok, maka ane tidak bisa melanjutkan permainan lagi dan harus menunggu mereka selesai dulu.

Pemainnya banyak loh Gan, mereka juga jago-jago apalagi menggunakan gacokan kesukaannya. Tambah bingung anehnya permainan ini hehe, nih ane jelasin cara mainnya.


Bahan :
- Bungkus rokok tidak terpakai
- Potongan keramik

Aturan main :
- Jika salah satu pemain mengenai bungkus rokok tapi gacokan keramik masuk ke dalam lingkaran maka tidak boleh bermain
- Jika salah satu gacokan mengenai gacokan keramik lain maka pemain tersebut tidak boleh bermain juga
- Lempar gacokan sesuai incaran bungkus rokok sebanyak-banyaknya

Spoiler for Cara mainnya disini:


Gimana Gan? Ane sudah loh kasih tahu permainan yang sering bahkan selalu dimainkan waktu pulang sekolah. Keseruan, keunikan dan banyak canda tawa yang membuat ane jadi semangat ketika ikut dalam permainan ini. Walaupun ada yang tidak terima dan enggan mengakui kekalahan, tapi tetap saja menjadi kenangan yang tidak terlupakan sampai saat ini.


Main Yuk Agan & Sista





--------------------------------------
Penulis : Ebipo
Referensi: Sendiri
Ilustrasi: Dokumentasi pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukinura dan 23 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ebipo
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
asyik pejwan gan
profile-picture
profile-picture
yukinura dan ebipo memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di