alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
4.33 stars - based on 15 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3582ae65b24d523a140540/jokowi-batal-memberikan-gaji-untuk-pengangguran-melalui-kartu-pra-kerja

Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?

Quote:


Baru-baru ini jagat media sosial ramai memperbincangkan narasi bahwa Jokowi batal memberikan gaji untuk pengangguran melalui program Kartu Pra Kerja. Informasi mengenai Jokowi yang batal menggaji pengangguran tersebut berawal dari unggahan akun Facebook bernama Benny Bebeb yang mengunggah gabungan video liputan televisi INews, TVOne, dan SCTV.



Video yang berdurasi 59 detik tersebut berisi klarifikasi Jokowi mengenai mekanisme Kartu Pra Kerja. Berikut cuplikan video yang diunggah Benny Bebeb tersebut:



Selain mengunggah video, Benny Bebeb juga memuat narasi dalam postingannya yang menyebut:

“Ketipu lagi gak jdi dpt gaji si cebong…”


Hingga kini video tersebut telah mendapatkan 156 komentar dan dibagikan sebanyak 16 ribu kali.

Lantas, bagaimana kebenaran informasi dari narasi yang dibagikan Benny Bebeb tersebut?

PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari Tempo.co, Hansip Hoax mendapatkan informasi bahwa video liputan Jokowi mengenai kartu prakerja itu benar adanya dan pernah dipublikasikan sejumlah televisi.

Keterangan Jokowi dalam wawancara itu, menjelaskan, bahwa lulusan SMK yang menganggur akan mendapatkan kartu prakerja dan memperoleh pelatihan. Sehingga mereka bisa terserap oleh industri.

Mengutip dari BBC Indonesia pada 12 Maret 2019, Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arya Sinulingga, menjelaskan bahwa Kartu Prakerja akan menyasar dua golongan, yaitu pekerja yang kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan perguruan tinggi yang belum bekerja.
Arya mengatakan pelatihan keterampilan akan dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK) selama dua sampai tiga bulan, di mana dalam proses itu peserta akan diberi tunjangan. Untuk mantan pekerja yang kena PHK, mereka akan tetap diberi tunjangan maksimal tiga bulan setelah proses pelatihan selesai.

Sementara itu, lanjutnya, lulusan sekolah menengah atau perguruan tinggi akan menerima tunjangan maksimal selama setahun setelah memulai pelatihan, selama mereka belum mendapat pekerjaan.

Saat ini, Pemerintah berencana menganggarkan tunjangan pengangguran sebesar Rp10 triliun yang direalisasikan berupa Kartu Prakerja. Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, mengatakan untuk Kartu Prakerja, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp10 triliun untuk 2 juta penerima kartu Prakerja.

“Kita juga akan mendesain Rp10,3 triliun untuk Kartu Prakerja yaitu, 1 juta (penerima) melalui pelatihan digital dan 1 juta (penerima) pelatihan reguler. Saat ini, desain program masih dibahas antar menteri terkait di bawah koordinator Menko Perekonomian,” ungkapnya.

Dana ini untuk tunjangan pengangguran atau unemployment benefit (UB) dan dana pelatihan atau skill development fund (SDF). Program unemployment benefit merupakan tunjangan yang diberikan bagi korban PHK untuk pemenuhan biaya hidup selama masa pencarian kerja kembali. Sementara itu, program skill development fund akan diberikan retraining dan reskilling melalui balai latihan kerja (BLK) yang dimiliki baik oleh pemerintah maupun swasta.


KESIMPULAN
JADI GAN, BERDASARKAN PEMERIKSAAN FAKTA YANG DILAKUKAN HANSIP HOAX DARI BERBAGAI SUMBER YANG VALID, DISIMPULKAN BAHWA PADA MARET 2019, JOKOWI BESERTA TIM KAMPANYENYA TELAH MEMBERIKAN PENJELASAN MENGENAI MEKANISME DAN SASARAN KARTU PRAKERJA YANG BUKAN MENGGAJI SELURUH PENGANGGURAN DI INDONESIA. DAN, PROGRAM INI BARU AKAN DIANGGARKAN PADA RAPBN 2020. JADI NARASI YANG DIBANGUN PADA UNGGAHAN PENGGUNA FACEBOOK BERNAMA BENNY BEBEB TERSEBUT ADALAH MENYESATKAN.

SEBARKAN YA INFORMASI KLARIFIKASI INI KE REKAN DAN KELUARGA KALIAN AGAR TERHINDAR DARI HOAKS YANG MENYESATKAN.



SUMBER
Tempo.co

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 35 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hansiphoax
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
apakah kartu itu akan jd solusi di kemudian hari.? kita tunggu 5 tahun kedepan..
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di