alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Inilah Komponen Fital Yang Sering Di abaikan Oleh Pengendara
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d33d32326377241c17f43e1/inilah-komponen-fital-yang-sering-di-abaikan-oleh-pengendara

Inilah Komponen Fital Yang Sering Di abaikan Oleh Pengendara

Pada umumnya ada beberapa komponen fital dalam kendaraan khususnya adalah kendaraan roda empat. Namun ada salah satu komponen yang kerap di abaikan dan tidak terlalu di perhatikan bahkan sama sekali tidak di perhatikan gan.
emoticon-cih
Apa sih komponen yang kerap di abaikan itu ? Komponen yang kerap di abaikan oleh pengendara adalah Aki Gan. Apalagi mobil-mobil keluaran terbaru dan modern aki sangatlah penting. Ibarat kata aki adalah kehidupan
emoticon-Goyang

Apalgi mobil tersebut bertransmisi matic. Waduh pasti akan sulit untuk menyalakan mesin jika keadaan aki sudah tidak kuat Start. Transmisi Matic didorong juga akan mustahil untuk menghidupkan mesin, berbeda dengan mobil bertransmisi manual, kalau manual si masih bisa didorong untuk menyalahkan mesin, hanya perlu manggil warga setempatemoticon-doctoremoticon-Gila


Pasti akan merepotkan yaa gan, apalagi posisi sedang macet tiba-tiba mesin mobil mati dan di start sudah tidak bisa, wahhh bakal pusing dan kesal pastinya banyaknya pengendara di belakang yang membunyikan klakson.
emoticon-Wakaka

Maka dari itu sebelum terjadi hal serupa kepada agan dan sista ayo kalian merawat aki mobil kalian, berikut ini adalah beberapa cara merawat aki mobil yang mudah dan tidak repot menurut mimin.

1. Periksa Air Aki
Agan dan sista harus rutin mengecek air aki, karena untuk aki basah mempunya kapasitas minimum untuk air aki tersebut.

Untuk mengecek air aki itu agan dan sista harus melakukannya secara berkala, jika mobil di gunakan untuk Grab / Setiap hari slalu jalan paling lama agan dan sista harus mengeceknya 2 minggu sekali, jika mulai berkurang dengan kapasitas minimum agan tambahkan air aki tambah, biasanya di bedakan dengan tutup botol yang berwarna biru itu loh gan..

2. Periksa Tegangan Voltase & CCA
Mungkin sebagian dari agan dan sista belum tau voltase dan CCA, apa sii voltase dan CCA itu. disini akan mimin jelaskan secara sigkat.

Voltase adalah tegangan listris gan & sis lebih jelasnya yaitu perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan volt.

CCA adalah Cold Cranking Amps ini merupakan rating battery yang paling umum. kalau menurut spesialis aki sihh sering di sebut KEKUATAN DAYA STARTER YANG AKAN DI HASILKAN.

Agan dan sista bisa memeriksanya dengan alat Battery Tester namun untuk harganya cukup mahal, jadi untuk menghemat biaya agan bisa datang ke spesialis aki untuk mengecek, mungkin di tempat lain akan di kenakan biaya jasa, namun di tempat kami untuk pengecekan itu GRATIS
emoticon-Ultah

3. Periksa Terminal Aki Mobil
Terminal aki ini pun tak kalah penting untuk diberikan perhatianemoticon-Frown. Karena hal yang sering terjadi adalah munculnya Jamur yaitu kerak putih yang mengakibatkan terhambatnya arus sehingga tidak maksimal


Caranya untuk menghilangkan jamur tersebut cukup mudah lohh gan & sis, kalian hanya perlu menyiramnya dengan air panas dan sikat menggunakan sikat gigi, dan taraa jamur pun menghilang
emoticon-dor

4. Panaskan Mobil
Nah ini khusus untuk yang jarang menggunakan mobil kalian, mobil tidak di hidupkan dalam jangka 5-10 hari akan ngedrop. ihhh kok bisa sii ?? Karen aki pun butuh asupan listrik (Re-charger) yang di hasilkan dari alternator.

Untuk mencegah aki drop akan hanya perlu menyalakan mobil minimal 15 menit saja, atau 5 menit dalam keadaan RPM 2000, maka aki akan di cas ulang oleh alternator mobil agan & sista.

5. Cek Pengisian
Ini pun sangat penting lohh gan & sis, Percuma saja agan memanaskan mobil namun kondisi pengisiannya yang di hasilkan di bawah standar, Pengisian ini di hasilkan dari Alternator, minimal yang harus di hasilkan adalah 12.60 Volt dan maksimal 15.00 Volt.

Jika di bawah 12.60 Volt yaa nanti aki agan akan drop, dan jika yang di asilkan di atas 15.00 Volt maka akan Over Charge menimbulkan Aki cepat Soak, bahanya bisa meledak gan, Serem juga yahh
emoticon-ceyem
Untuk mengecek ini seperti halnya yang ada di nomor 2 tadi, agan harus memakai alat dan bisa juga datang ke bengkel atau spesialis aki untuk di cek kondisi alternator mobil agan.

5. Hindari ini
Agan dan sista pasti pernah dong pastinya melalukan start dalam keadaan AC, Radio, & Lampu menyalah, nah kebiasaan ini pun akan menyebabkan aki soak lohh, karena jika di start arus yang di hasilkan sangat besar, dan usia aki akan rentan lebih pendek.

Menceganya yaa agan dan sista jangan melakukan kebiasaan tersebut.

Okehh gans dan Sista gak terasa saya sudah menulis Thread ini cukup singkat, semoga bermanfaat untuk kalian semua, jangan lupa yahh di Sundul, coment atau Re-share. karena berbagi itu adalah kebaikan.

Jangan Lupa Mampir Ya Gan & sis
Official Website Kami : Toko Aki Terpercaya
emoticon-Bangga Pake Batik



Source Image : Google
profile-picture
profile-picture
Valls01 dan memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
komponen kaya gni nih yg krusial pada mobil
klo emg blum trlalu paham merawat mobil , asuransi mnjadi nilai plus klo ada apa2
pengalaman temen emg awam ttg mobil baru untung aja dpet free asuransi gitu pas dia ngajuin kredit di bca finance
profile-picture
Valls01 memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di