alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Sembarang Colok Kabel HP di Mobil Rental, Hati-Hati Datamu Tersebar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cfdba99c82084327e4046b1/sembarang-colok-kabel-hp-di-mobil-rental-hati-hati-datamu-tersebar

Sembarang Colok Kabel HP di Mobil Rental, Hati-Hati Datamu Tersebar

Jelang libur lebaran tidak lengkap jika tidak pulang ke kampung halaman bersama keluarga tercinta. Untuk Sahabat yang berencana mudik dengan mobil pribadi namun belum memiliki bujet cukup untuk membelinya, menyewa mobil bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk mencapai tempat tujuan. Dengan begitu Sahabat Garasi tidak perlu lagi memikirkan biaya maintenance atau pemeliharaan rutin kendaraan.

Berkendara jauh memang paling cocok mendengarkan musik sepanjang perjalana, bila harus bertemu macet dan hal lain yang membuat bosan saat berkendar biasanya menjadi tidak terasa bila sambil mendengarkan musik. Namun ada yang perlu Sahabat Garasi perhatikan saat ingin mendengarkan lagu-lagu atau video pada smartphone pribadi yang harus dicolokkan ke sistem infotainment mobil rental.



Menurut sebuah laporan dari Privacy International, saat mencolokan kabel smartphone ke sistem infotainment, maka itu tidak hanya mengkoneksikan koleksi lagu atau video saja, tetapi juga mengirimkan lokasi serta alamat rumah pribadi. Demikian dilansir Carscoops, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, yang terburuk dari kebiasaan itu, data-data yang ada di telepon genggam Sahabat Garasi bisa tersimpan secara otomatis di mobil si pemilik. Dan belum tentu hal itu dihapus sang pemilik.

Menurut Solicitorand Legal Officer di Privacy International Millie Graham Wood, dari sebuah mobil rental biasanya tersimpan 5-10 identitas dengan nomor telepon yang berbeda.

"Saat terkoneksi ke bluetooth mobil, semua data akan tersimpan di sana," ucap Mille.

Tak hanya itu, sistem infotainment juga akan memperlihatkan sistem navigasi dan sejumlah lokasi yang tersimpan disana, mulai dari tempat tujuan serta nama si pengguna.

Sementara itu, sejumlah perusahaan rental sendiri rupanya tak mau ambil pusing. Mereka justru meminta untuk menghapus data sendiri usai menyewa mobil.

Nah Sahabat Garasi, mulai sekarang lebih hati-hati ya bila harus menggunakan bluetooth di mobil rental.


Sumber : Garasi.id
Diubah oleh officialgarasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
@officialgarasi saran ane gunakan kabel data yang hanya berfungsi sebagai pengisian daya saja saat dicolokkan di rental mobil.
profile picture
azid12353


Nah, betul kata agan yang satu ini. Ini bisa jadi alternatif supaya menjaga kemanan informasi2 pribadi di smartphone milik masing2 emoticon-2 Jempol
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di