alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bukan Hanya di Air Ikan ini Juga Dapat Hidup Bertahun-Tahun di Tanah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2b82d60577a9033843060a/bukan-hanya-di-air-ikan-ini-juga-dapat-hidup-bertahun-tahun-di-tanah

Bukan Hanya di Air Ikan ini Juga Dapat Hidup Bertahun-Tahun di Tanah

Ikan Lungfish, juga dikenal sebagai ikan salamander, adalah jenis ikan air tawar paling dikenal karena kemampuannya yang dapat hidup di darat dan didalam tanah, tanpa air, selama berbulan-bulan bahkan selama bertahun-tahun.

www.amusingplanet.com

Seperti namanya, Lungfish (Ikan Paru-Paru) ini memiliki sistem pernapasan yang sangat berevolusi yang dapat mengambil oksigen langsung dari udara, sama seperti hewan darat. Bahkan, beberapa spesies Lungfish  dapat secara langsung menghirup udara sehingga perlahan-lahan mereka kehilangan fungsi insang sebagai ikan saat dewasa. Ketika mereka masih hidup di dalam air, mereka secara teratur naik ke permukaan untuk menghirup udara. Ikan ini bahkan bisa tenggelam karena kehabisan nafas jika mereka terus berada di bawah air untuk waktu yang lama.

www.amusingplanet.com 


Ikan Lungfish memiliki bentuk seperti belut, dengan sirip di bagian dada dan di bagian perutnya yang mereka gunakan untuk berenang dan merangkak di dasar air atau di tanah. Mereka umumnya hidup di perairan yang dangkal, seperti di rawa-rawa, tetapi mereka juga sering ditemukan di danau yang lebih besar.



Baca Juga : Setelah Membunuh Ibunya, Inilah Yang Dilakukan Singa Terhadap Bayi Mangsanya

Ketika di dalam air, lungfish berperilaku layaknya seperti ikan lain, berenang di air makan ikan kecil dan udang-udang kecil di dasar kolam dan sungai. Tetapi ketika musim kemarau datang, ikan ini akan menggali lumpur sebagai tempat tinggal sementaranya, mereka menggali lubang tersebut dengan cara memasukan lumpur ke dalam mulutnya lalu mengeluarkannya melalui insangnya. Setelah ikan itu mencapai kedalaman yang nyaman, dia akan berhenti menggali dan mengeluarkan lendir dari kulitnya yang kemudian lendir tersebut akan mengeras membentuk kepompong sebagai pelindung area tempat istirahatnya. Hanya mulutnya saja yang dibiarkan sedikit terbuka keluar untuk bernafas.

www.amusingplanet.com 


Baca Juga : Makhluk-Makhluk Laut Paling Aneh Yang Ditemukan di Kedalaman 6000 Meter


www.amusingplanet.com 

Setelah itu ikan ini akan berhibernasi sepanjang musim kemarau, Setelah kemarau berlalu dan air hujan ke sungai atau danau tersebut dan lumpur kembali melunak, kemudian ikan ini akan keluar dari liangnya untuk mencari makanan. Beberapa laporan menyebutkan bahwa ikan ini dapat tetap berada di dalam tanah dalam lumpur yang kering selama empat tahun lamanya.

www.amusingplanet.com 

Ikan Lungfish hanya ditemukan di Afrika, Amerika Selatan dan Australia. di Afrika, ikan ini sering menjadi makanan bagi penduduk setempat, dengan cara menggali dari tanah yang kering yang berisi ikan tersebut.


Sumber


Quote:




profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 23 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Survive nya guud keraddd bre
profile-picture
boingboing99 memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di