alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Benarkah Barack Obama Telah Menyatakan Kemenangan Untuk Prabowo-Sandi?
5 stars - based on 18 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d284a4df0bdb24c551e74b0/benarkah-barack-obama-telah-menyatakan-kemenangan-untuk-prabowo-sandi

Benarkah Barack Obama Telah Menyatakan Kemenangan Untuk Prabowo-Sandi?

Quote:


Hiruk pikuk kontestasi Pilpres 2019 di jagat sosial media nampaknya belum berhenti. Baru-baru ini beredar sebuah video berdurasi 59 detik yang memperlihatkan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, tengah memamerkan foto Prabowo Subianto.

Video tersebut dibagikan oleh akun bernama Karim Limoto di Facebook. Dalam postingannya, Karim Limoto juga memberikan narasi pada video yang diunggahnya:

“BARACK OBAMA mewakili Negara Amerika Serikat, telah menyatakan Kemenangan PRABOWO-SANDI.
Viralkan vidio ini sekarang juga
Terima kasih…
ALLAHUAKBAR...”




Sejak diunggah, video tersebut telah mendapat 155 komentar dan dibagikan 2.139 kali oleh akun lainnya.

Lantas, bagaimana kebenaran informasi yang tengah viral tersebut?

PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari Tempo.co, Hansip Hoax mendapatkan fakta bahwa video yang dibagikan oleh Karim Limoto telah melalui proses suntingan dari video aslinya. Dimana, video aslinya telah diunggah di Youtube dan bisa dilihat secara umum melalui channel resmi dari Smithsonian's National Portrait Gallery dengan nama channel Smithsonian.

Dalam video yang berdurasi lebih dari 50 menit, Smithsonian's National Portrait Gallery merilis lukisan potret Obama dan istrinya, Michelle. Kedua lukisan itu dilukis oleh Kehinde Wiley dan Amy Sherald. Video asli dipublikasikan pada 12 Februari 2018.



Beberapa media online nasional juga telah mewartakan peluncuran lukisan ini. CNNIndonesia.com mengatakan bahwa Wajah mantan Presiden AS Barack Obama dan istrinya Michelle akan menjadi pajangan baru yang dipamerkan di National Portrait Gallery di Washington D.C.

Foto-foto peluncuran lukisan resmi mantan Presiden AS Barack Obama dan istrinya, Michelle Obama, juga telah dipublikasikan pada laman detik.com.


KESIMPULAN
Berdasarkan fakta-fakta tersebut, dapat disimpulkan bahwa video Barack Obama yang tengah memamerkan foto Prabowo merupakan video manipulasi. Dalam video tersebut Barack Obama juga tidak menyebut nama Prabowo sama sekali. Berdasarkan semua bukti yang ada, pernyataan akun Karim Limoto ini tidak akurat.


SUMBER
TurnBackHoax.id
Tempo.co

JADI GAN, INFORMASI YANG VIRAL MENGENAI BARACK OBAMA YANG MENYATAKAN KEMENANGAN UNTUK PRABOWO-SANDI ADALAH INFORMASI HOAKS. KARENA VIDEO YANG VIRAL TERSEBUT MERUPAKAN HASIL MANIPULASI DARI VIDEO PELUNCURAN LUKISAN POTRET BARACK OBAMA DAN ISTRINYA, MICHELLE.

SEBARKAN YA INFORMASI KLARIFIKASI INI KE REKAN DAN KELUARGA KALIAN AGAR TERHINDAR DARI HOAKS YANG MENYESATKAN.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tegartsaputra dan 36 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tegartsaputra dan 10 lainnya memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di