alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Photography /
Rincian biaya membuat studio foto sederhana
5 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d0705eb09b5ca13415bc9f0/rincian-biaya-membuat-studio-foto-sederhana

Rincian biaya membuat studio foto sederhana

RINCIAN BIAYA MEMBUAT STUDIO FOTO SEDERHANA




Quote:


Bisaa bangeettttt..............!!
Studio foto merupakan lahan bisnis bagi kamu yang memiliki hoby fotografi. Dg modal utama sebuah kamera kamu sudah bisa mulai menekuni bisnis yang lumayan menjanjikan ini. Namun selain kamera, tentunya harus ada alat penunjang lain yg harus dipersiapkan agar bisa membuat hasil foto kamu disukai konsumen sehingga studio fotomu bakal ramai.
Berikut estimasi biaya untuk membuat studio foto sederhana menurut menurut SOBAT_F

Anggap kamu sudah memiliki sebuah kamera

1. Ruang Kerja



Memilih untuk membuat studio foto berarti kamu harus menyiapkan ruang kerja yg akan menunjang pekerjaan kamu. Jika kamu pandai dalam memanfaatkan bagian dari rumah, maka akan sangat menghemat pengeluaran kamu untuk membangun studio foto. Dibanding jika kamu membuat bangunan baru akan menguras isi dompet lebih dalam lagi.
Jadi, maksimalkan ruangan yg ada di rumah kamu. Misalnya ruang tamu, atau kamar yg ada dibagian depan rumah kamu. Dengan resiko kamu jadi gak punya ruang tamu emoticon-Cape d...

Quote:


Gak usah difikirin, tamunya ditaruh di ruang keluarga juga gpp emoticon-Shakehand2

Ruangan dengan ukuran 4x4 m, 5x7 m, atau 6x8m sudah cukup untuk membuat sebuah studio foto. Yg kamu perlukan hanyalah mendekor ruang kerja kamu semenarik mungkin, sehingga pelanggan nyaman saat berada di studio fotomu.
Biaya dekorasi kecil seperti mengganti cat ruangan dg warna yg cerah serta menambahkan kursi tunggu sederhana untuk pelanggan sekitar Rp. 500.000an

2. Backdrop



Backdrop adalah kain latar yg dipasang dibelakang objek yg akan kita foto. Disini kamu setidaknya memiliki beberapa warna backdrop dasar untuk keperluan yang paling sering dibutuhkan orang-orang misal warna merah dan biru (paling sederhana) yg biasa digunakan untuk foto KTP, SIM, Anak sekolah, maupun foto CV.
Harga untuk 1 lembar backdrop 2 x 3 meter dg kualitas baik dan tidak mudah kusut berkisar Rp. 150.000

Jadi 2 X Rp. 150.000 = Rp. 300.000

Jika kalian ingin menambah warna putih, hijau, hitam tinggal kalian kalikan saja. dan jika diperlukan silahkan membeli background pemandangan atau background wisuda yg bisa menambah mangsa pasar kalian. 1 lembar kain background pemandangan atau wisuda 2 x 3 m biasa dijual dengan harga Rp. 250.000 (tapi ini tidak dimasukkan kedalam estimasi karena hanya opsional saja)

3. Lighstand backdrop



Lighstand backdrop adalah tiang untuk menggantung kain latar belakang seperti yg dijelaskan pada No. 2 diatas. harga lighstand backdrop Rp. 250.000

Quote:


4. Flash



nyawa utama selain kamera pada studio foto adalah flash. Dengan pencahayaan yg baik kita akan menghasilkan foto yang apik juga. Dalam memilih flash carilah yang sesuai dg kebutuhan kamu, tentunya juga budget yg kamu miliki.
Banyak flash dg berbagai macam merk dan daya yg berbeda-beda misalnya godox, tronic, prolite, licht chrome dll. harganya pun bermacam-macam mulai dari yg termurah hingga termahal.
Disini ane coba merekomendasikan flash merk godox yg telah terbukti kualitasnya. Untuk daya nya silahkan sesuaikan kebutuhan. Setidaknya kalian membutuhkan flash paling tidak 2 buah.

Harga flash studio Rp 1.500.000 x 2 = Rp. 3.000.000

5. Difuser flash



Difuser flash sangat membantu kamu agar cahaya dari flash tidak terlalu kuat sehingga dapat mengurangi cahaya dari flash itu sendiri.
Bentuk dari difuser ini bermacam-macam. Ada yg berbentuk kotak, bulat atau berbentuk payung.
Untuk difuser sendiri bisa kita dapat dengan harga yg terjangkau Rp. 200.000 x 2 = Rp. 400.000

6. Lighstand flash



lighstand ini berfungsi untuk menopang flash pada studio foto kamu. Biasanya memiliki tinggi rata-rata 120-200 cm. Untuk lighstand flash sendiri kamu membutuhkan setidaknya 2 buah (sesuai jumlah flash kamu)

Harga lighstand flash Rp. 230.000 x 2 = Rp. 460.000

7. Printer



Printer merupakan hal terpenting jika kamu ingin membuka usaha studio foto. Dg hasil cetakan yang berkualitas maka pelanggan akan kembali lagi di esok hari jika mereka puas dengan hasil yg kamu berikan. Maka belilah printer khusus untuk memcetak gambar yg hasilnya sudah cukup baik. Salah satu printer murah dengan hasil cetak foto yg lumayan baik adalah epson L850. Ini cocok untuk kamu yang memiliki budget pas-pasan.

Harga printer Rp. 5.130.000

Harga itu sudah cukup terjangkau dibanding jika kaian membeli canon Image PRO-1000 yg merupakan printer khusus untuk cetak foto seharga Rp. 17jutaan

8. Lain-lain



Biaya tambahan lain untuk membeli kertas foto, hiasan dinding & meja, tinta printer, frame foto, cutter, dll untuk keperluan studio foto kamu misalnya Rp. 3.000.000

Quote:


Itulah tadi rincian dana untuk pembuatan studio foto sederhana yang bisa kamu coba untuk usaha sampingan kamu dirumah. (harga bisa lebih atau kurang sesuai kebutuhan kamu)

Mudah-mudahan thread kali ini bermanfaat. Jangan lupa rate, follow me untuk info-info fotografi menarik lainnya, dan jangan lupa juga share agar temen-temen kamu tahu apa yang kamu tahu.

Sampai ketemu lagi di thread selanjutnya
Salam SOBAT FOTO emoticon-Shakehand2emoticon-Jempolemoticon-Peluk

Official channel youtube SOBAT FOTO
profile-picture
profile-picture
profile-picture
v.i.k.z dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sobatf
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


Iya gan sama-sama
×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di