alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / REGIONAL / All / ... / Banyumas /
[FR] Ekspedisi 12 Gn. Slamet - Napak Tilas Atap Jawa Tengah
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d221af08d9b177e0b6665ee/fr-ekspedisi-12-gn-slamet---napak-tilas-atap-jawa-tengah

[FR] Ekspedisi 12 Gn. Slamet - Napak Tilas Atap Jawa Tengah


Quote:


Halo gann.. apa kabar semua ?? selamat hari jadi yaaaa... iyaaa buat kamu, kamu, kamu dan kamu.. KITA.. 

Selamat hari jadi yang ke 12 tahun buat kita semua - kaskuser Regional Banyumas, Seperti terlupa begitu saja semua yang pernah kita lakukan bersama, selama 12 tahun ini, padahal udah banyak lho.. kita ngapain aja... kayanya kita ngga pernah capek ya emoticon-Big Grin , sampe ngga berasa...

dari kopdar ke kopdar, gathering ke gathering, event ke event wuahhhh banyakkkk.. coba inget-inget si gannn.. banyak yang udah kita lakuin bareng2 yaaaa... emoticon-Embarrassment

Terima kasih atas kebersaamaannya agan dan aganwati semua kaskuser Regional Banyumas, terima kasih juga kepada semua bantuan dan kebersamaan kaskuser di luar RB maupun pihak2 non kaskuser yang juga telah banyak membantu semua kegiatan RB selama ini... jasa2 kalian tak akan pernah terlupakan - semoga mendapat manfaat dan ganjaran yang melimpah dr Tuhan YME ya gann emoticon-shakehand

Quote:




Dibuatlah thread [12th RB] AYO BARENG-BARENG MENDAKI GUNUNG SLAMET 3428 mdpl , ada 31 kaskuser yang mengisi absensi, terdiri dari pendukung ekpedisi dan tim ekspedisi itu sendiri. Persiapan2 dilakukan dalam waktu yang tersisa sekitar 3 minggu. 

Tim ekspedisi sendiri merupakan kumpulan kaskuser Regional Banyumas yang beberapa diantaranya adalah para pendaki pemula dan baru pertama kali akan menginjakkan kaki di pendakian gunung. Oleh karena itu persiapan yang cukup matang harus dilakukan, dimulai dari perlengkapan pendakian hingga logistik, mengingat laporan kondisi pendakian untuk cuaca masuk dalam kategori dingin di suhu 4-10 derajat dimalam hari.

Setelah masa persiapan akhirnya tersusunlah tim ekspedisi yang terdiri dari 11 pendaki. Logistik yang dibawapun menyesuaikan kebutuhan hingga kami mengalamai over beban. Dikarenakan banyak pendaki pemula kami putuskan menggunakan jasa porter sebanyak 2 orang. 

Sampailah dihari keberangkatan..

Kami berkumpul di Mabes Gor Satria, pukul 06.00 WIB, km melakukan briefing dan checklist perlengkapan. setelah semua lengkap pd pukul 07.00 WIB kami berangkat menuju Basecamp pendakian Bambangan. Menggunakan 3 mobil yang berisi penuh tim pendaki dan perlengkapan.



Pukul 08.00 kita berhenti di area wisata Pratin untuk menunggu 1 mobil rombongan yang tertinggal dibelakang karena ada 1 kaskuser yg mengalami mabuk perjalanan, sehingga ketika kita melanjutkan perjalanan bersama lagi menuju basecamp pendakian mengalami tambahan waktu dan sampai di basecamp bambangan pukul 08.30 WIB.
Quote:


Pukul 10.30 kami bersiap berangkat dari basecamp Bambangan. tidak lupa kami melakukan doa bersama untuk keselamatan dan kelancaran "Ekspedisi 12" ini. begitu memasuki gerbang pendakian sudah terasa sedikit tanjakan dengan kondisi jalan terbuat dari semen dan susunan batu yang sudah cukup solid. kontur bersemen dan berbatu ini dapat dirasakan sekitar 1km perjalanan dengan kanan dan kiri jalan merupakan lahan pertanian warga Bambangan yang kemudian akan masuk ke kontur jalan bertanah yang kanan dan kirinya sudah merupakan semak-semak hijau dan pohon-pohon kecil.




Dalam perjalanan ini cukup menguras fisik dan stamina bbrapa pendaki pemula yang sdg cukup berumur. hingga akhirnya kita terbagi menjadi 3 kelompok. kita tetap melakukan komunikasi dengan HT yang dibawa di masing2 kelompok, sehingga kondisi terakhir tim dpt terus terpantau, begitu juga dengan kondisi medan. pukul 11.30 kita telah sampai di Pos bayangan 1, waktu yang ditunjukan dalam perjalanan ini adalah waktu yang ditempuh oleh kelompok terakhir dalam rombongan tim ekspedisi 12. istirahat selama 30 menit kita melanjutkan perjalanan ke Pos selanjutnya. sudah mulai terasa medan pendakian yang cukup menantang, dengan kemiringan sekitar 30 -40 derajat, medan banyak di isi oleh akar2 pepohononan yang melintang disepanjang perjalanan, sesekali ada track bonus berupa medan yang datar. sepangjang perjalanan sudah mulai dipenuhi rimbun pepohonan hutan yang cukup besar dan berusia cukup tua. sesekali ada penampakan burung dan orang hutan tampak bergelantung di puncak pohon.

Quote:



Jalur pendakian setelah Pos 1 masih sama, namun kali ini dengan track yg cukup curam dan kondisi berdebu karena musim kemarau. masih dengan kondisi vegetasi yang sama juga. pukul 14.30 kita sampai di Pos bayangan 2, kembali melakukan istirahat 30 menit sambil menyantap hidangan di warung warga. setelah melanjutkan perjalanan selama kurang lebih 1 jam sampailah kita di Pos 2 yaitu sekitar pukul 16.00 WIB. Kembali kita beristirahat 30 menit untuk kemudian melanjutkan perjalanan kembali. di Pos 2 ini kami mendapatkan informasi dari para pendaki yang turun bahwa camping pendakian di pos 5 dan pos 7 telah penuh yang bisa dimungkinkan kami akan menggunakan pos 3 untuk camp istirahat nanti. 



Pukul 17.00 sampailah kita di Pos bayangan 3, kembali istirahat 30 menit utk kelompok terakhir sambil menikmati menu di warung warga. ditengah perjalanan dari pos bayangan 3 ke Pos 3 kami melakukan komunikasi dengan kelompok yang lebih dulu sampai di Pos 3 untuk segera mendirikan tenda dan mempersiapkan perlengkapan isitirahat dan makan, karena kemungkinan warung warga sudah habis menunya. pukul 18.15 WIB kelompok terakhir sampai di Pos 3. kondisi cuaca sudah terasa cukup dingin di suhu sekitar 8-10 derajat. 




Quote:



Pukul 1.00 WIB dini hari bbrapa rekan pendaki sudah mulai rame mempersiapkan summit. Bbrapa anggota tim masih belum beranjak dari tenda. hingga pukul 3.00 WIB bbrapa anggota tim ekspedisi mengambil keputusan untuk summit, meninggalkan bbrapa anggota tim yg lain utk tetap stay di Pos 3. 

Tim summit berangkat 5 orang pukul 3.30 WIB. medan menuju pos 4 lebih landai dibandingkan dengan pos2 sebelumnya namun masih masih menanjak. karena melakukan perjalanan di gelapnya malam kami berbekal diri dengan head lamp. pukul 04.00 kita sampai di pos 4, istirahat 10 menit kemudian meneruskan perjalanan ke pos 5, sampainya di pos 5 salah seorang anggota tim summit tidak mampu lagi melanjutkan perjalanan yg akhirnya ditinggal di pos 5 bergabung dengan rekan pendaki lain yang telah melakukan summit di hari sebelumnya dan kemudian turun kembali ke pos 3.

Quote:


Tim summit tidak membawa perlengkapan komunikasi HT sehingga cukup kesusahan kita utk memantau kondisi terakhir mereka. pukul 06.30 di pos 3 sudah mulai ada penetrasi sinar matahari, kondisi ini dimanfaatkan tim untuk memasak bbrapa bahan makanan yang sudah dibawa. canda tawa mewarnai suasana pagi ini di pos 3, cerita dinginnya suhu semalam, lelahnya menapakai jalur pendakian pos 1 dan 2 hingga rencana turun ke basecamp.


Akhirnya diputuskan ada tim yg turun terlebih dahulu, mengingat bbrapa anggota tim yang akan turun lebih dulu ini tidak begitu cepat pergerakannya. setelah packing tenda dan perlengkapan, pukul 10.00 berangkatlah bbrapa anggota tim untuk berangkat lebih dulu. namun masih ada 1 orang yang tetap di pos 3 utk menunggu tim summit turun utk kemudian turun bersama-sama.



Pukul 13.00 tim summit telah turun sampai di pos 3, setelah istirahat 30 menit kemudian melanjutkan perjalanan turun ke basecamp Bambangan. perjalanan turun kali ini juga tidak dapat dilakukan secara cepat karena ada 1 orang dr tim summit mengalami cedera kaki yg ckup serius.
walaupun demikian perjalanan turus ke basecamp masih dapat ditempuh lebih cepat daripada perjalanan naiknya. pukul 16.30 kita telah sampai di basecamp Bambangan. instriahat 30 menit dan kemudia kita melakukan perjalanan pulang. pukul 18.00 kita mengantar salah satu kaskuser area bobotsari via gua lawa. hingga seluruh rombongan kembali pulang ke purwokerto dan berkumpul di Mabes Gor Satria pukul 19.00

Begitulah kiranya catatan perjalanan kali ini. terima kasih atas dukungan semua pihak serta kaskuser Regional Banyumas hingga Ekpedisi 12 ini bisa terlaksana dengan baik.




emoticon-roseSampai jumpa di PERJALANAN kaskus Regional Banyumas selanjutnya emoticon-rose




profile-picture
profile-picture
profile-picture
minahcool dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh djawas
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


ketinggalan kereta nanti kalau kesini emoticon-Ngakak
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di