alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Ronaldo Luis Adalah Pesepak Bola Termahal Dunia Jika Dihitung Perubahan Nilai Inflasi
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d200bbd9a972e296538e9ae/ronaldo-luis-adalah-pesepak-bola-termahal-dunia-jika-dihitung-perubahan-nilai-inflasi

Ronaldo Luis Adalah Pesepak Bola Termahal Dunia Jika Dihitung Perubahan Nilai Inflasi

Saat ini semua orang tahu bahwa pesepak bola termahal dunia adalah pemain dari Brasil yaitu Neymar Jr. Dia ditransfer dari Barcelona ke Paris Saint Germain pada tahun 2017 dengan harga €222 juta atau £198 juta (3,491 triliun rupiah). Namun jika dihitung perubahan angka inflasi dari tahun ke tahun, ternyata bukan Neymar yang melakukan transfer termahal. Menurut website playratings.net, pemain Brasil lainnya yaitu Ronaldo Luís Nazário de Lima, melakukan transfer termahal dalam sejarah pada tahun 1997 ketika pindah dari Barcelona ke Inter Milan.

Artikel terkait :
- 50 Pesepakbola Termahal Sepanjang Masa Dihitung Dari Akumulasi Nilai Transfer
- 100 Pemain Sepak Bola Termahal Di 5 Liga Besar Eropa Edisi Juni 2019
- Diego Maradona : Saya Bisa Hadirkan Tropi Untuk Manchester United
- Siapa Saja 10 Pemain Termahal Produk Ajax Amsterdam?
- Masalah Terus Melanda Neymar, Kali Ini Digugat Kasus Perkosaan
- Neymar Gagal Masuk Daftar 10 Besar Pemain Terbaik Brasil Sepanjang Masa

Ronaldo & Neymar kecil (pinterest.com)

Apakah itu Inflasi? Inflasi merupakan suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang.

Jadi jika kita menghitung harga 1 Rupiah di tahun 1980, nilainya akan sama dengan Rp. 28,52 pada tahun 2019. Mengapa berbeda? Hal ini terjadi karena banyak faktor yang mempengaruhi sehingga nilai sebuah barang akan menjadi semakin turun. Dengan kata lain, harga transfer pemain sepak bola jaman dulu lebih kecil dilihat dari angkanya, tapi jika dibandingkan dengan jaman sekarang akan sangat berbeda.

Dari Barca ke Inter (goal.com)

Pada tahun 1997, Ronaldo Luis pindah dengan harga £25 juta atau €28 juta yang merupakan rekor dunia saat itu. Nilai tersebut sangat tinggi karena pemain plontos dan tongos ini membuktikan ketajamannya di Barca dengan melakukan prestasi yang sangat mengesankan yaitu mencetak 47 gol dalam 49 pertandingan. Tidak heran jika Inter berani mengeluarkan dana yang sangat besar untuk memboyongnya ke San Siro.

Angka 25 juta Poundsterling tersebut terlihat sangat kecil saat ini, tapi pada 22 tahun yang lalu merupakan sebuah nilai yang sangat luar biasa. Jika dihitung dengan perubahan inflasi, £25 juta akan berubah menjadi £388 juta (433 juta Euro) saat ini, atau meningkat 15,52 kali. Dengan kata lain, nilai transfer Ronaldo Luis jauh di atas nilai transfer Neymar jika kita melakukan perhitungan inflasi. Jika transfer Neymar pada tahun 2017 adalah 222 juta Euro, saat ini tahun 2019 angka itu hanya berubah menjadi 228,47 juta Euro.

Transfer Neymar (businessinsider.com)

Menurut website dailymail, pemain termahal kedua sepanjang sejarah jika dihitung perubahan inflasi adalah Michel Platini. Pemain asal Prancis ini pindah dari klub Saint-Etienne ke Juventus pada tahun 1982 dengan nilai yang tidak besar, namun menurut website Play Ratings, sekarang harganya menjadi £299 juta (€334 juta).

Namun website SportBible.com mengatakan bahwa pemain termahal kedua bukanlah Platini, melainkan "Si Tangan Tuhan" Diego Armando Maradona yang pindah ke Napoli yang sekarang nilainya mencapai €345 juta. Pemain mahal lainnya didominasi oleh pemain yang berlaga di Serie A Italia yaitu Christian Vieri dari Lazio ke Inter tahun 1999 (€334 juta), Marco Van Basten dari Ajax ke AC Milan tahun 1987 (€328 juta), Gabriel Batistuta dari Fiorentina ke AS Roma tahun 2000 (€281 juta) serta Gonzalo Higuain dari Juventus ke Napoli (€264  juta).

Pemain termahal (Twitter @Playratings)

Pemain yang lebih mahal belum tentu lebih baik. Selain harus menghitung perubahan inflasi, banyak faktor lainnya yang mempengaruhi, contohnya peraturan transfer baru yang lebih ketat, kondisi keuangan klub-klub sepak bola saat ini yang berbeda dibanding jaman dahulu, dan masih banyak lagi.

Jika anda ingin menghitung angka inflasi pemain lain, silahkan cari beberapa website yang bisa menghitung perubahan inflasi. Ketik dengan kata kunci "inflation rate calculator" untuk mencari website-website tersebut.

Referensi :

- Dailymail.co.uk/sport/football/article-7201369/Ronaldos-transfer-Barcelona-Inter-Milan-1997-expensive-time.html

- Sportbible.com/football/reactions-news-take-a-bow-legends-study-reveals-that-r9-ronaldo-would-be-most-expensive-player-ever-20190630

profile-picture
profile-picture
profile-picture
saya.kira dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Dragon
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
dari angka lah semua dihitung
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di