alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Warga Kebon Sirih Keluhkan Keberadaan Ratusan Pencari Suaka
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1d29d60577a90fbc4fa1f2/warga-kebon-sirih-keluhkan-keberadaan-ratusan-pencari-suaka

Warga Kebon Sirih Keluhkan Keberadaan Ratusan Pencari Suaka



Kehadiran para pencari suaka di sekitar Gedung Menara Ravindo, Kebon Sirih, Jakarta Pusat mulai dikeluhkan warga setempat. Mereka dianggap membuat lingkungan di kawasan "ring 1" itu menjadi kumuh.

"Mereka semau-maunya saja duduk-duduk dan tidur di trotoar," kata warga Kebon Sirih, Apta, di Jakarta, Rabu malam.

Menurut dia, pengungsi berasal dari Somalia, Sudan, Yaman, dan Afganistan itu membangun tenda di jalanan. Mereka datang untuk meminta tempat tinggal serta suplai makanan di Kantor Badan PBB untuk Pengungsi (UNHCR).

Sejak para pencari suaka bermukim di sana, menurut Apta, sampah menumpuk. Mereka tidur di sembarang tempat dan mendirikan tenda.

"Persis seperti di perkemahan saja kalau malam," ujar dia.



Tenda-tenda itu dibangun di trotoar jalan yang padat arus lalu-lintasnya itu. Ia mengungkapkan, para pencari suaka itu mulai mendirikan tenda sekitar pukul 21.00 WIB.

Tak hanya Apti, Edo, warga Kebon Sirih, juga mengeluhkan hal serupa. Keberadaan pencari suaka membuat pengguna trotoar seberang gedung Menara Ravindo atau di depan masjid Kementerian BUMN enggan untuk melintas di kerumunan yang jumlahnya sekitar 200 lebih.

"Beberapa pejalan kaki memilih untuk turun dari trotoar, takut mungkin ya, karena tampang mereka ada yang seram," kata Edo.

Sebelumnya, ada sekitar empat orang anggota Satpol PP tampak berjaga di sekitar gedung tersebut, namun tak ada langkah pengamanan khusus tertentu. Satu unit mobil satuan tersebut juga tampak terparkir di sana. Pihak Satpol PP mengatakan akan mengembalikan para pencari suaka ke Kalideres, yakni tempat mereka sebelum berpindah ke trotoar di Jalan Kebon Sirih.


SUMBER

profile-picture
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ


Quote:


sorry..
ini konteksnya pengungsi yang ga bisa diatur sampe harus kamping dijalan umum
apa
penanganan pengungsi pada umumnya?

Apa menurutlo pengungsi di negara kita cuma mereka aja atau lebih banyak?!
kalo memang lebih banyak kemana pengungsi yang lainnya?
kok ga ikutan jadi gembel seperti mereka?

Dan seinget gue tadi gue udah nyebutin rudenim deh..
silahkan cari tau apa itu rudenim dan ada dimana saja.
emoticon-Shakehand2
profile picture
fira262


hehe iya gan kayaknya emang ane deh yang masih kurang paham sorry ya gan
lalu kira2 baiknya gmn ya gan utk nanganin pengungsi yg melimpah begini? emoticon-Bingung
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di