alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Lee Chong Wei, Juara Tanpa Mahkota
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d0374390577a94bf3595321/lee-chong-wei-juara-tanpa-mahkota

Lee Chong Wei, Juara Tanpa Mahkota


Credit: Discover KL

Tim Nasional Belanda di era 1970-an mendapat julukan “Juara Tanpa Mahkota”. Mampu menampilkan permainan yang sangat luar biasa, tapi mereka gagal menjadi juara dunia. Di bulu tangkis, julukan tersebut mungkin cocok untuk Lee Chong Wei.

Legenda bulu tangkis asal Malaysia tersebut baru saja mengumumkan pensiun dari dunia bulu tangkis. Faktor kesehatan menjadi alasan utama Chong Wei harus gantung raket. Seperti yang sama-sama kita tahu, pebulu tangkis berusia 36 tahun tersebut sempat menderita kanker hidung, meski saat ini sudah dinyatakan sembuh.


Credit: Twitter BAM

Rasanya tak mungkin untuk meragukan kualitas dan dedikasi Lee Chong Wei di dunia bulu tangkis. Sudah puluhan gelar turnamen terbuka berhasil diraihnya sejak tahun 2003, hingga terakhir di tahun 2018 lalu. Sayang, pebulu tangkis kelahiran Perak tersebut tak sekalipun mampu merasakan gelar di turnamen mayor atau pertandingan di multi event.

Chong Wei tampil membela Malaysia di pentas Olimpiade sebanyak empat kali sejak Athena 2004. Mulai Beijing 2008, London 2012, dan Rio de Janeiro 2016, Chong Wei selalu bisa menembus partai final, tapi selalu berakhir dengan kekalahan di partai puncak. Kalah melawan Lin Dan di Olimpiade 2008 dan 2012, kemudian dari Chen Long di 2016.

Mayor turnamen yang setingkat dengan Olimpiade, yakni Kejuaraan Dunia, nasib Chong Wei tak jauh berbeda. Tiga kali Chong Wei berhasil menapak partai puncak di Kejuaraan Dunia tahun 2011, 2013, dan 2015. Ketiganya juga berakhir dengan kekalahan serupa dengan lawan di Olimpiade. Dua kali kalah dari Lin Dan dan sekali dari Chen Long.


Credit: The Star Online

Meski tak pernah merasakan manisnya gelar juara di pentas Olimpiade dan Kejuaraan Dunia, Chong Wei tetap sangat pantas disebut sebagai legenda. Jumlah gelar yang dimilikinya dari ajang turnamen terbuka menjadi bukti nyata. Sepanjang kariernya, Chong Wei berhasil mengoleksi 69 gelar dari berbagai level turnamen terbuka.

Salah satu pencapaian lain yang mungkin tak semua pebulu tangkis bisa lakukan adalah konsistensinya berada di papan atas dunia. Chong Wei pernah berada di posisi nomor 1 dunia selama 348 pekan! Atau enam tahun beruntun menutup tahun dengan status pebulu tangkis terbaik dunia, dari tahun 2008 hingga 2013.

Tak hanya soal gelar, apa yang dilakukan Chong Wei di dunia tepok bulu jelas sangat menginspirasi para pebulu tangkis dunia lainnya. Salah satu contoh nyatanya adalah keterlibatan Chong Wei dalam progam Legend Vision yang dibuat oleh sponsornya, Yonex.


Credit: Twitter Peter Gade

Sebagai pencinta bulu tangkis, rasanya kita harus berterima kasih kepada Chong Wei atas apa yang sudah dia lakukan sepanjang kariernya. Semoga Chong Wei bisa kembali ke kondisi kesehatan yang sepenuhnya dan bisa menikmati masa pensiunnya.

Terima kasih, Datuk Lee Chong Wei!


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
karna gak pernah juara olimpic bukan berarti tanpa mahkota, dari kejuaraan tahunan doi udah pernah dapetin smua..
Sedangkan teman seangkatannya kek lindan n taufik udah pernah ngerasain juara olimpic smua
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di