alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Perencanaan Keuangan /
Udah Dapet THR? Jangan Lupa THT, Gan!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdd2d330577a966cd38d9ef/udah-dapet-thr-jangan-lupa-tht-gan

Udah Dapet THR? Jangan Lupa THT, Gan!



Soal THR, pasti kamu sudah paham dong ya, tapi kalo THT? Bukan, ini bukan telinga, hidung, dan tenggorokan, ini soal masa depan kamu, Tunjangan Hari Tua (THT).

Lebaran sebentar lagi~ Nggak terasa ya, puasa sudah masuk minggu ke-3. Detik-detik menjelang lebaran, pasti kamu udah kepikiran soal THR ya? Udah siap ngabisin THR ya? THR boleh nempel terus di otak kamu, tapi kamu kepikiran soal THT nggak?

Memiliki THT atau dana pensiun adalah salah satu tujuan keuangan yang ingin dicapai oleh banyak orang. Dengan merencanakan dana pensiun sesegera mungkin, kamu nggak akan kerepotan untuk menyiapkan dana pensiun tersebut ketika kamu memasuki masa pensiun.

Semakin cepat memulai dan semakin banyak dana yang disisihkan, tentunya akan lebih baik. Apalagi untuk kamu yang berusia 25-45 tahun, kamu sudah nggak punya waktu untuk menunda. Kamu bisa siapkan THT dengan memasukan ke dalam berbagai pilihan instrumen investasi.

Kamu harus sadari, saat sudah pensiun, kamu nggak berpenghasilan lagi. Jangan semua gaji kamu dihabiskan untuk lifestyle kekinian seperti ngopi-ngopi, belanja skin care, make up, atau sepatu premium demi bergaya ala “Hypebeast”. Berinvestasi untuk masa tua bisa kamu jadikan gaya hidup yang lebih baik daripada terus-terusan menghabiskan uang.

Ada beberapa alasan kenapa kamu harus mulai memikirkan THT dari sekarang, mengapa THT menjadi penting buat kamu?

Mandiri Secara Finansial
Sedia payung sebelum hujan, pepatah itu benar adanya. Bukankah akan lebih baik jika mempersiapkan pensiun sebelum kamu memulainya?

Memulai secepatnya berarti kamu juga nggak akan membebani anak dan cucu kelak.  Akan terasa lebih enak kan jika kamu bisa mengeluarkan uang pribadi kalau kamu mau membeli sesuatu, tanpa perlu meminta-minta uang pada anak kamu.

Karena itulah sebaiknya kamu segera merencanakan dan mempersiapkan dana pensiun kamu dari sekarang, agar kamu tetap bisa mandiri secara finansial.

Masa Tua Aman & Nyaman
Kamu mau ngapain saat masa pensiun nanti? Mau diam anteng di rumah atau liburan kesana kemari?

Kalau kamu memilih untuk diam anteng di rumah sambil dengerin lagu-lagu yang chill, maka kamu harus memikirkan biaya makan, listrik, air, pajak tanah dan bangunan, juga kebutuhan lainnya. Ternyata diam di rumah aja perlu biaya ya, hehe.

Tapi, kalau kamu mau menghabiskan masa pensiun untuk liburan, maka kamu harus menyiapkan dana untuk liburan tersebut. Semuanya tetap butuh dana.

Kamu Nggak Perlu Kerja Lagi
Nggak bisa kamu pungkiri kalau bekerja sangat melelahkan dan menguras energi kan? Saat kamu sudah memasuki pensiun, sebenarnya fisik kamu pun sudah lelah untuk beraktivitas seperti masa muda ketika kamu masih bekerja. Saat kamu pensiun, maka sudah waktunya kamu untuk beristirahat.

Kamu dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak bisa kamu lakukan saat kamu masih bekerja.

Masalah Kesehatan di Usia Tua yang Nggak Pasti

Nggak ada satu orang pun di dunia ini yang menginginkan menjalani usia tua dalam kondisi sakit-sakitan. Setiap orang pasti menginginkan menjalani kehidupan masa tuanya dengan tenang dan berkumpul dengan keluarga serta bermain dengan cucu. 

Namun, tidak sedikit orang yang memasuki usia pensiun dengan kondisi kesehatan yang menurun bahkan harus bolak-balik rumah sakit. Dalam kondisi seperti inilah dibutuhkan dana yang cukup besar, baik untuk berobat maupun biaya lainnya.

Membantu Mewujudkan Impian
Mungkin, sebagian dari kamu memiliki impian atau cita-cita yang ingin diwujudkan setelah memasuki usia pensiun, dimana beban kerja dan menafkahi keluarga telah berkurang bahkan sudah tidak ada sama sekali karena anak-anak telah dewasa dan mampu membiayai hidupnya sendiri. Seperti impian ingin mengunjungi daerah tertentu alias travelling, sekedar jalan-jalan mengunjungi daerah asal yang sebelumnya belum pernah atau bahkan jarang dikunjungi semasa aktivitas bekerja masih padat. 

Maka kesempatan ini bisa digunakan untuk meraih impinan kamu dengan menggunakan dana yang telah kamu Tabung secara rutin setiap bulan dengan menyisihkan sebagian penghasilan kamu.
Nah, sekarang sudah makin terbuka kan pikiran kamu? Ngabisin THR boleh banget kok, asal dengan baik dan benar, jangan lupa sisihkan untuk masa tua kamu, ya!


profile-picture
Bibitid memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
nice info gan..
profile-picture
Bibitid memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di