alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Kamera Tercepat di Dunia, Dapat Menangkap Kecepatan Cahaya Loh
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cafa6744601cf37fd23b61d/kamera-tercepat-di-dunia-dapat-menangkap-kecepatan-cahaya-loh

Kamera Tercepat di Dunia, Dapat Menangkap Kecepatan Cahaya Loh

para ilmuwan, Cahaya bergerak dengan kecepatan sekitar 186.000 mil per detik atau 300 juta meter per detik, dan banyak yang meyakini bahwa kecepatan cahaya dapat mengatur batas kecepatan alam semesta yang tak tertandingi ini, Tetapi apa agan tahu seperti apa kecepatan cahaya sebenarnya ketika bergerak dari satu titik ke titik lainnya. Hmmm... Mungkin ini  sangat terdengar mustahil karena untuk melihat pergerakan cahaya yang sebenarnya, cahaya tersebut harus dalam gerakan yang sangat lambat.


Source image : youtu.be/7Ys_yKGNFRQ

Tetapi sekarang ini kita dapat menyaksikan bagaimana ketika cahaya bergerak dalam mode slow motion, Ini berkat para peneliti optik di "California Institute of Technology" yang baru-baru ini telah berhasil menciptakan kamera tercepat di dunia.

Dalam video barunya yang diposting di chanel YouTube yang bernama "The Slow Mo Guys", para peneliti CalTech ini menunjukkan kemampuan kamera yang mereka kembangkan dengan merekam sinar laser yang melewati botol berisi air dengan kecepatan sekitar 100 miliar frame per detik.

Dalam rekaman video tersebut, foton (elemen quantum dari cahaya) terlihat sangat jelas menembus air di dalam botol, cahaya tersebut berwarna biru saat sinar laser bergerak dari sisi kiri menuju ke sisi kanan.

Molekul pada air tersebut membantu menyebarkan foton dalam sinar laser, Menurut Peng Wang, mahasiswa pascadoktoral CalTech yang mendemonstrasikan kamera dalam videonya tersebut, Cahaya menempuh sepanjang botol itu dengan kecepatan sekitar 2.000 picoseconds, atau 2 milyar detik.


Source image : youtu.be/7Ys_yKGNFRQ

Yang lebih hebatnya lagi, 100 miliar frame per detik hanyalah sebagian kecil saja dari apa yang mampu ditangkap oleh kamera milik CalTech. Dalam makalah pada sebuah jurnal "Light: Science and Applications" pada bulan Oktober 2018 tahun lalu, kamera bernama T-CUP, dijelaskan bahwa kamera ini mampu memotret cahaya pada 10 triliun frame per detik. Para peneliti di CalTech mengembangkan T-CUP dengan tujuan untuk memfilmkan "Laser pulsa ultrashort" (laser yang memancarkan pulsa cahaya ultrashort) dengan sangat detail, dengan kata lain, sebuah kamera untuk menangkap kecepatan cahaya.

Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Lihat Videonya Dibawah Ini.
Spoiler for Videonya Gan:



Referensi : techcrunch.com/2018/10/12/at-10-trillion-frames-per-second-this-camera-captures-light-in-slow-motion/


Quote:

profile-picture
oranggila69 memberi reputasi
Diubah oleh cyber.strez
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!

Setelah Membaca Ini Anda Mungkin Tidak Takut Hantu Lagi

Diubah oleh RigPC
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di