alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Yuri Gagarin, Manusia Pertama yang Keluar Angkasa
5 stars - based on 14 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb1f5cddbf7647d77192162/yuri-gagarin-manusia-pertama-yang-keluar-angkasa

Yuri Gagarin, Manusia Pertama yang Keluar Angkasa


Yuri Gagarin saat konferensi pers di Finlandia tahun 1961

Alma Media

Apakah agan tahu manusia pertama yang mendarat di Bulan? Ya, Neil Armstrong, sebagian besar orang mengenal nama ini. Tapi apakah agan tahu manusia pertama yang pergi ke luar angkasa? Ia bukan orang Amerika, melainkan orang Rusia. Ia bernama Yuri Gagarin.

Yuri Alekseyevich Gagarin lahir pada 9 Maret 1934 di desa Klushino, Smolensk Oblast, Rusia (Uni Soviet). Ayahnya bernama Alexey Ivanovich Gagarin, yang bekerja sebagai tukang kayu dan batu, sedangkan ibunya bernama Anna Timofeyevna Gagarina, yang bekerja sebagai pemerah susu. Gagarin mempunyai kakak laki-laki dan perempuan bernama Valentin dan Zoya. Ia juga mempunyai adik laki-laki bernama Boris.

Kehidupan Masa Kecil
Kehidupan masa kecil Gagarin tidak berjalan mulus, karena terjadi Perang Dunia II. Pada tahun 1941, Jerman menduduki wilayah Moskow. Gagarin yang pada saat itu berusia 7 tahun, beserta keluarganya harus tinggal di sebuah gubuk kecil yang terbuat dari lumpur, karena rumah mereka direbut oleh perwira Jerman. Pada tahun 1943, kedua kakaknya di bawa ke Polandia oleh Jerman untuk melakukan kerja paksa. Gagarin baru ketemu kembali kedua kakaknya pada tahun 1945. Gagarin dan keluarganya pindah ke Gzhatsk pada tahun 1946.


Rumah Gagarin di desa Klushino

BBC.com



Gubuk yang menjadi tempat tinggal keluarga Gagarin saat Jerman menduduki wilayah Moskow

BBC.com


Belajar Ilmu Perdagangan dan Magang
Pada tahun 1950, tepat pada saat usia 16 tahun, Gagarin mendaftar di sekolah perdagangan dekat Moskow. Ia juga magang sebagai pengecor di Pabrik Baja Lyubertsy di dekat Moskow. Ia lulus sebagai pembuat cetakan pada tahun 1951. Ia pun mengikuti pelatihan lebih lanjut di Saratov Industrial Technical School, dan magang sebagai buruh di pelabuhan Sungai Volga.


Gagarin pada saat remaja

Wonderfulinfo.com


Terjun ke Dunia Penerbangan dan Angkatan Udara
Selama berada di Saratov, di setiap akhir pekan Gagarin mengikuti pelatihan kadet udara Soviet di klub setempat. Berkat pelatihan tersebut, Gagarin bisa menerbangkan pesawat sayap ganda, dan pesawat militer Yakovlev Yak-18.

Pada tahun 1955, ia lulus dari Saratov Industrial Technical School. Angkatan Darat Soviet langsung mengirim Gagarin ke Sekolah Angkatan Udara Chkalov di Orenburg. Angkatan Udara Soviet memusatkan pelatihan pengendalian pesawat tempur Mikoyan-Gurevich MiG-15 ke Gagarin. Setelah lulus, Gagarin ditugaskan di pangkalan udara Luostari di Oblast Murmansk, di dekat perbatasan Norwegia.

Menikah
Pada tahun 1957, Gagarin bertemu Valentina Ivanovna Goryacheva. Valentina merupakan seorang teknisi medis dari Orenburg Medical School. Gagarin dan Valentina akhirnya menikah pada 7 November 1957. Mereka memiliki 2 anak perempuan bernama Yelena Yurievna Gagarina dan Galina Yurievna Gagarina.


Gagarin bersama istrinya, Valentina

Wonderfulinfo.com



Gagarin bersama kedua anak perempuannya

theguardian.com


Yelena merupakan seorang sejarawan. Ia bekerja sebagai direktur di Museum Kremlin Moskow sejak 2001. Sedangan Galina adalah seorang profesor ekonomi dan ketua departemen di Universitas Ekonomi Rusia di Moskow.


Yelena Yurievna Gagarina di Moskow pada tahun 2011
Wikimedia


Naik Pangkat
5 November 1957, Gagarin diangkat menjadi Letnan di Angkatan Udara Soviet. Pada 6 November 1959, ia menerima pangkat Letnan Senior.

Menjadi Kosmonot
Militer Soviet mengadakan program luar angkasa sejak tahun 1930. Saat tahun 1960, dari 3.000 kandidat, hanya terpilih 20 orang yang lulus menjadi kosmonot, salah satunya Gagarin. Pelatihan di militer dan jiwa yang tenang membuat Gagarin lulus tes menjadi kosmonot. Ia pun menjadi kru di misi Vostok. Misi Vostok ini merupakan misi membawa manusia ke luar angkasa.


Gagarin mengenakan spacesuitnya

nasa.gov


Sebelum ke luar angkasa, Gagarin berpidato:
"You must realize that it is hard to express my feeling now that the test for which we have been training long and passionately is at hand. I don't have to tell you what I felt when it was suggested that I should make this flight, the first in history. Was it joy? No, it was something more than that. Pride? No, it was not just pride. I felt great happiness. To be the first to enter the cosmos, to engage single handed in an unprecedented duel with nature—could anyone dream of anything greater than that? But immediately after that I thought of the tremendous responsibility I bore: to be the first to do what generations of people had dreamed of; to be the first to pave the way into space for mankind".


Gagarin mengenakan helm kosmonotnya
wonderfulinfo.com


12 April 1961, Gagarin meluncur ke orbit Bumi. Ia berada di luar angkasa selama 108 menit dengan menggunakan wahana Vostok 1, dan perjalanannya tidak sampai 1 kali mengorbit Bumi. Hal pertama yang Gagarin katakan saat di luar angkasa adalah "Poyekhali!" ("Off we go!"). Pada saat posisinya berada di atas Atlantik Selatan, Gagarin melihat matahari terbit.

Di wahana Vostok 1 terdapat persediaan makanan untuk 10 hari, yang digunakan jika Gagarin membutuhkan waktu lama untuk kembali ke Bumi atau tidak bisa kembali ke Bumi. Tapi akhirnya persediaan itu tidak diperlukan, karena Gagarin berhasil kembali ke Bumi, dan menjadi manusia pertama yang keluar angkasa.
Di wahana Vostok 1 tidak terdapat mesin untuk memperlambat kecepatan saat akan mendarat di Bumi. Akhirnya pada saat ketinggian 7 km dari permukaan Bumi, Gagarin keluar dari wahana tersebut dengan menggunakan kursi pelontar, dan terjun dengan parasut. Sebelumnya lembaga yang mengawasi peluncuran ke luar angkasa, Fédération Aéronautique Internationale (FAI) sudah memperingati pemerintah Uni Soviet bahwa kosmonot harus mendarat di Bumi bersama wahananya. Akhirnya Uni Soviet mengakui kesalahannya pada tahun 1971.


Jalur orbit Yuri Gagarin, berdasarkan peta mercator
BBC.com


Perginya Gagarin keluar angkasa membuat seluruh keluarganya khawatir, salah satunya keponakannya bernama Tamara Filatova. Tamara yang pada saat itu berusia 14 tahun, dan sedang berada di kelas diberitahu oleh gurunya bahwa pamannya sedang pergi ke luar angkasa. Ia khawatir Gagarin akan mengalami kecelakaan seperti pada misi-misi pengiriman hewan ke luar angkasa yang dilakukan Uni Soviet sebelumnya.

Mengguncang Dunia


Gagarin bersama publik

time.com



Gagarin (kiri) bersama saintis dibidang peroketan asal Uni Soviet, Sergey P. Korolyov pada tahun 1961

britannica.com



Gagarin saat berada di Warsaw, Polandia tahun 1961
Wikimedia


Keberhasilan Yuri Gagarin ini benar benar mengguncang dunia, sekaligus memicu Perang Dingin antara Amerika dengan Uni Soviet. Media massa dari seluruh dunia menerbitkan berita tentang Yuri Gagarin. Gagarin pun mendapatkan penghargaan Hero of The Soviet Union oleh Nikita Khrushchev, Order of Lenin, dan Gold Star Medal. Gagarin pun pergi ke Itali, Jerman, Kanada, Brazil, Jepang, Mesir, dan Inggris untuk menyebarluaskan bahwa Uni Soviet menjadi negara pertama yang berhasil mengirim manusia ke luar angkasa.


Gagarin saat berada di bandara Manchester
yurigagarin50.org








Gagarin bertemu publik di Manchester, Inggris (3 foto atas)
WCML.org.uk



Gagarin bersama wanita pertama yang keluar angkasa, Valentina Tereshkova saat di Forum Internasional tahun 1964

visualrian.ru




Gagarin bertemu 2 astronot Amerika Serikat, Edward H. White II dan James A McDivitt di International Air Show di Paris pada Juni 1965
nasa.gov


Melanjutkan Karir
Pada tahun 1962, Gagarin menjadi deputi Uni Soviet. Ia juga bekerja sebagai desainer pesawat ruang angkasa. 12 Juni 1962, ia menjadi letnal kolonel Angkatan Udara Uni Soviet, dan menerima pangkat kolonel pada 6 November 1963. Pemerintah Soviet mencoba menjauhkan Gagarin dari penerbangan, karena khawatir Gagarin akan mengalami kecelakaan.

Beberapa tahun setelah peluncuran Gagarin ke luar angkasa, Vladimir Komarov pun meluncur pada misi Soyuz 1. Kegagalan misi ini membuat Vladimir tewas. Karena kecelakaan ini, Gagarin dilarang mengikuti misi luar angkasa selanjutnya.


Gagarin (kiri) bersama Vladimir Komarov saat berburu
npr.org



Sisa tubuh Vladimir Komarov

npr.org



Istri Vladimir Komarov, Valentina Komarov sedang mencium foto suaminya saat pemakaman

npr.org


20 Desember 1963, Gagarin menjadi Deputi Direktur pelatihan kosmonot. 17 Februari 1968, Gagarin membuat tesis mengenai aerodinamis pada permukaan roket.

Kematian
Pada 27 Maret 1968, Gagarin mengikuti pelatihan rutin penerbangan bersama instruktur penerbangan Vladimir Seryogin. Gagarin dan Seryogin menggunakan pesawat Mikoyan-Gurevich MiG-15 yang take off dari Pangkalan Udara Chkalobsky. Mereka berdua mengalami kecelakaan. Mayat Gagarin dan Seryogin pun dikremasi dan abunya dimakamkan di dinding Kremlin di Lapangan Merah.


Tempat abu Gagarin di dinding Kremlin di Moskow

Wikimedia


Selama beberapa dekade, orang-orang mencari tahu tentang bagaimana Gagarin, seorang pilot yang berpengalaman sekaligus orang yang bisa pergi ke luar angkasa dan kembali ke Bumi, bisa mengalami kecelakaan pada penerbangan rutin. Akhirnya pada tahun 2013, kosmonot pertama yang melakukan spacewalk, Alexey Leonov mengatakan bahwa pesawat yang dinaiki Gagarin bertabrakan dengan pesawat jet Sukhoi. Terbang dengan kecepatan yang tinggi dan posisinya dekat dengan pesawat yang dinaiki Gagarin inilah yang memicu terjadinya kecelakaan.

Untuk mengenang jasa Gagarin, kota yang menjadi tempat tinggal keluarga Gagarin, yaitu Gzhatsk, diubah namanya menjadi Gagarin. Selain itu, juga dibangun monument Yuri Gagarin di Orenburg, Rusia, dan patung Yuri Gagarin di London, Inggris dan di Houston, Amerika Serikat, serta di India.


Sepuluh koin Rubel yang dikeluarkan Bank Rusia, untuk mengenang 40 tahun penerbangan luar angkasa Yuri Gagarin

Wikimedia



Patung Yuri Gagarin di dekat kantor NASA di Houston
Wikimedia



Patung Yuri Gagarin di Kolkata, India
Wikimedia



Perangko Ukraina yang menampilkan wajah Yuri Gagarin

Post-stamps.info



Patung Yuri Gagarin di London

Wikimedia





Monumen Yuri Gagarin di Moskow, Rusia

Tripadvisor.co.id


Sumber:
Time Europe -https://web.archive.org/web/20080326180036/http://www.time.com/time/europe/hero2006/gagarin.html
Britannica - https://www.britannica.com/biography/Yuri-Gagarin
ThoughtCo. - https://www.thoughtco.com/yuri-gagar...-space-1779362
Independent - https://www.independent.co.uk/news/s...h-2257505.html
Engineering and Technology Magazine - https://archive.is/20130326130352/ht...ri-gagarin.cfm
Sputnik News - https://sputniknews.com/science/20110330163289008/
BBC - https://www.bbc.com/news/science-env...nment-12460720
Space.com - https://www.space.com/16159-first-ma...-in-space.html
mkegypt.net - https://web.archive.org/web/20121027...edavno/308--11
WCML - https://www.wcml.org.uk/contents/int...in-manchester/
Yuri Gagarin 50 - http://yurigagarin50.org/history/gag...-in-manchester
Old Red Star - http://old.redstar.ru/2011/04/12_04/1_02.html
Rea - https://archive.is/20130417123044/ht...&NewsItem=2975
Euro News - https://www.euronews.com/2011/04/12/...ughter-s-words
Air Space Magazine - https://www.airspacemag.com/space/th...tory=fullstory
Wonderful Info - http://www.wonderfulinfo.com/yuri-ga...uman-in-space/
NPR - https://www.npr.org/sections/krulwic...crying-in-rage

Physics On The Sky

Line: @ROT9595H
Instagram: physicsonthesky
Kaskus: physicsonthesky
Facebook: Physics On The Sky


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Diubah oleh physicsonthesky
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
aku pernah baca di komik pengetahuan untuk anak anak.
dan memang temanya tentang astronot.
gagarin ini sampai benar benar dipuji dikomik itu saking jagonya.
di komik loh emoticon-Siap Gan emoticon-Siap Gan emoticon-Tepuk Tangan
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di