alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Masih bingung tentang Black Hole? Baca ini, agan pasti ngartos
5 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb16151e83c72749d1e318a/masih-bingung-tentang-black-hole-baca-ini-agan-pasti-ngartos

Masih bingung tentang Black Hole? Baca ini, agan pasti ngartos



Quote:

Quote:





Belum genap seminggu jagad dunia maya dihebohkan dengan pencapaian ilmuan yang berhasil mendapatkan foto asli daripada salah satu Black Hole massive di luar sana, hal ini tentunya merupakan salah satu pencapaian yang sangat membanggakan, setidaknya generasi kita merupakan salah satu generasi yang mampu melihat bentuk atau foto asli dari Black Hole itu sendiri, walaupun fotonya terkesan burem ya gan wkwkwkwkw emoticon-Mewek




Nah bagi agan/aganwati yang belum begitu faham tentang Black Hole melainkan cuma tau bahwa Black Hole “menghisap segalanya” sampe dosa-dosa agan bersama mantan kalian dulu wkwkwkwkw, berikut we jabarin penjelasan sederhana yang bakal membuat agan faham dan ngartos.

Apa itu Black Hole aka Lubang Hitam



Lubang hitam adalah sebuah objek masif superbesar yang mampu menghisap segalanya termasuk cahaya. Terbentuk setelah sebuah bintang tertentu bintang merah raksasa atau bintang super raksasa mengalami kematian. Sehingga dalam hal ini, tidak semua bintang mati dapat melahirkan Black Hole, melainkan bintang-bintang tertentu saja.

Bagaimana proses terbentuknya Lubang Hitam



Jika sebuah bintang memiliki ukuran masif nan raksasa – setidaknya dua puluh hingga tiga puluh kali lebih besar dari ukuran matahari kita – maka besar kemungkinan bintang tersebut akan mengakhiri hidupnya dalam sebuah ledakan besar yang disebut supernova. Ketika terjadi, selubung luar bintang akan meledak tidak bersisa, sementara bagian dalam atau initinya, akan meledak kedalam. Ledakan kedalam ini kemudian menghasilkan sebuah benjolan kecil nan padat sebagai akhir dari kehidupan bintang tersebut. Namun pada bintang tertentu benjolan tadi akan terus menerus mengecil dan memadat sehingga menghasilkan gaya tarikan gravitasi luar biasa yang memerangkap dan menghisap apapun yang berada didekatnya. Bayangkan kalian menemukan sebuah pusaran air, di luar angkasa. Lebih buruk lagi? Pusaran air itu tidak terlihat.

Apa yang menyebabkannya tidak terlihat



Sebuah Lubang Hitam terlahir daripada sebuah bintang yang mati, sehingga kehilangan kemampuannya sebagai bintang yang dapat memancarkan atau bahkan memantulkan cahaya, dan di luar fakta itu kita tau bahwa Lubang Hitam menghisap segala apa yang ada didekatnya, dan dalam hal ini tidak terkecuali cahaya, dan pada saat yang sama tidak ada satu pun yang dapat keluar daripada pusat lubang hitam itu sendiri yang disebut “Cakrawala Peristiwa”. Sehingga dapat dikatakan Lubang Hitam seperti celah yang berada di luar

Bagaimana keberadaan sebuah Lubang Hitam dapat di ketahui



Ketika seberkas cahaya perlahan terhisap oleh Lubang Hitam, cahaya tadi akan melengkung dan perlahan-lahan berputar masuk kedalamnya tanpa mampu untuk keluar. Di luar itu juga terdapat berkas cahaya yang berada cukup dekat untuk terpengaruh gravitasi Lubang Hitam sehingga cukup beruntung untuk dapat melengkung disekitarnya tanpa terhisap. Cahaya melengkung yang terus berputar namun tidak terhisap ini menjadi memanas karena perputarannya dan menghasilkan sinar X. Pola aneh berupa cahaya melengkung dengan radiasi sinar X inilah yang dapat menjadi pertanda besar bahwa kemungkinan terdapat lubang hitam.

Apa yang akan terjadi seandainya sesuatu memasuki Lubang Hitam



Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa sangat mustahil sesuatu yang telah memasuki Lubang Hitam dapat keluar kembali. Sementara berdasarkan teori bahkan jika seseorang atau suatu benda berniat memasuki lubang hitam maka kemungkinan besar akan mengalami keadaan merenggang diakibatkan kuatnya gravitasi yang ada. Anggaplah seseorang meluncur dengan posisi kaki duluan, maka tubuh bagian bawah akan lebih cepat terhisap sementara bagian atas akan perlahan merenggang hingga akhirnya menjepret sebagaimana karet gelang. Untuk dapat melewati “perenggangan” ini dibutuhkan kecepatan super cepat ketika meluncur ke bagian tengah lubang hitam sebelum efek “perenggangan” tadi mengenai si peluncur. Namun sekalipun dapat meluncur dengan kecepatan yang yang mumpuni, kemungkinan besar tubuh akan terlanjur hangus dan terbakar dikarenakan paparan semua sinar X yang ada.

Apa yang ada didalam Lubang Hitam



Sampai sekarang tidak ada data yang pasti tentang apa yang sebenarnya ada didalam Lubang Hitam selain dikarenakan fakta bahwa apapun yang telah memasukinya tidak dapat keluar kembali, Ilmuan sendiri memiliki pendapat berbeda tentang apa yang ada didalam Lubang Hitam. Ada pendapat yang mengatakan bahwa di balik “Cakrawala Peristiwa” yang menjadi pusat daripada Lubang Hitam itu sendiri, ruang dan waktu adalah hal yang tidak terbatas didalam Lubang Hitam. Sementara itu pendapat lain mengatakan bahwa Lubang Hitam merupakan sebuah Lubang Cacing yaitu “pintu” untuk menuju tempat lain di alam semesta, Sementara pendapat lainnya mengatakan bahwa Lubang Hitam merupakan tempat masuk daripada Lubang Putih yang bisa dikatakan sebagai Lubang Cacing dengan sifat kebalikan daripada Lubang Hitam, jika Lubang Hitam menghisap semua yang ada disekitarnya, maka Lubang Putih mengeluarkan semua apa yang ada didalamnya.

Yep, jadi begitula penjelasan “sederhana” ane tentang Black Hole aka Lubang Hitam, bagi agan yang lebih tertarik ane saranin buat nonton “Interstellar” mungkin bakal jadi lebih bingung wkwkwkwkw emoticon-Ngakak

Dan bagi para pembaca yang punya penjelasan lebih baik, silahkan menambahkan di koment hehe. Thanks buat yang sudah mau mampir gan emoticon-Toast



Diubah oleh andretarina
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Klo ini black apahan gan GIF
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di