alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Empat Tokoh “Big Four” Ini Bantu Prabowo Tumbangkan Jokowi Dalam Pilpres
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb35eb1337f9303324a5291/empat-tokoh-big-four-ini-bantu-prabowo-tumbangkan-jokowi-dalam-pilpres

Empat Tokoh “Big Four” Ini Bantu Prabowo Tumbangkan Jokowi Dalam Pilpres


Tokoh nasional dalam barisan Paslon 02 Prabowo-Sandiaga dinilai sebagai satu keuntungan. Setidaknya, ada dua peran penting yang dimainkan mereka dalam upaya memenangkan penantang petahana "JOKOWI". 

Demikian disampaikan Pengamat Politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno saat menanggapi peranan 'big four' dalam barisan Prabowo. Keempatnya adalah Rizal Ramli, Rachmawati Soekarnoputri, Titiek Soeharto dan Hashim Djojohadikusumo.

Adi menjelaskan, peran pertama yang dimainkan tokoh-tokoh tersebut adalah sebagai vote gatter, yaitu untuk mendulang suara. Karena bagaimanapun tokoh-tokoh itu punya pasar masing-masing, pasar elektoral," ujar Adi,Senin (8/4).

"Rizal Ramli pasarnya tentu kelompok-kelompok kritis yang selama ini merasa tidak puas dengan kebijakan pemerintah. Mbak Titiek, tentunya dia ingin menyasar orang-orang yang merindukan kejayaan mendiang Soeharto," imbuhnya. 

Keempat tokoh itu, lanjut Adi, memang sengaja dipasang sebagai magnet elektoral untuk Prabowo-Sandi. Pasalnya, mereka semua memiliki segmentasi masing-masing di kalangan pemilih. 

Sementara, peran kedua yang dimainkan keempat tokoh itu adalah influencer. Ia menjelaskan, dalam peran ini semua tokoh berupaya untuk menghembuskan informasi positif tentang Paslon 02 kepada masyarakat luas.

"Dua hal ini yang saya kira 02 juga relatif terbantu. Karena bagaimanapun tokoh-tokoh ini memiliki basis loyalitas yang beda-beda," ujarnya.

Peran Politik Empat Tokoh "Big Four" ;

Nyarwi Ahmad, pengamat komunikasi politik Univesitas Gadjah Mada (UGM), keempat tokoh tersebut memiliki peran yang berbeda-beda dalam mengupayakan kemenangan kubu 02. Peran paling sentral terlihat pada sosok Hashim Djojohadikusumo.

"Hashim ini lumayan vokal karena adiknya (Prabowo). Dia pengusaha dan termasuk tokoh penting di balik penggalangan sumber daya. Dia menentukan bukan hanya arah politik Prabowo, tetapi juga koalisi, pendanaan, dan lain-lain," kata Nyarwi .

Kemampuan finansial yang dimiliki Hasim juga bisa dikatakan berkontribusi terhadap elektabilitas Prabowo-Sandi meski tak signifikan.

"Lebih kepada kemampuan dia secara finansial, membackup campaigne, dan mengatur komunikasi Prabowo," imbuhnya.

Peran berbeda ditunjukan oleh mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli. Dikatakan Nyarwi, keberadaan RR lebih pada menggerus suara Jokowi-Maruf melalui statement-statement dan kritikan pedas kepada pemerintahan saat ini.

"RR (Rizal Ramli) itu kuat di pembentukan opini publik dan dikenal kritikus kekuasaan. Jadi omongan dia sifatnya mendelegitimasi 01," tegasnya.

Walaupun belum tentu mengerek elektabilitas 02, lanjutnya, opini RR bisa mengambil ceruk dari undecided voter atau swing voter.

Ia melanjutkan, peran berbeda ditunjukkan oleh Rachmawati Soekarnoputri dan Titiek Soeharto. Sebagai anak Soekarno dan Soeharto, keduanya seakan menjadi simbolisasi bagi pengagum presiden pertama dan presiden kedua RI untuk merapat ke paslon 02.

"Keduanya simbolisasi anak Soeharto dan Soekarno. Tetapi terakhir saya lihat suara-suara Titiek cukup muncul di publik dan bisa menguatkan yang pro 02," tutur Nyarwi.

Diyakininya, keempat tokoh ini bisa berdampak positif bagi elektabilitas Prabowo-Sandi jika bisa dikondisikan dengan baik .Seperti pengagum Soeharto. Jika tim Prabowo-Sandi mampu memanajemen segmen pasar pemilih, bukan tidak mungkin penggemar Soeharto yang tidak suka petahana bakal merapat ke Prabowo-Sandi. 


Sumber : Empat Tokoh “Big Four” Ini Bantu Prabowo Tumbangkan Jokowi Dalam Pilpres

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
4 Four kurang greget

Harusnya ada bibib baru greget, yg bisa ngumpulin 7 juta org dalam 212
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di