alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mempelajari Cara Sukses Ala Sherlock Holmes
4.92 stars - based on 13 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb22fa7337f93720c473ee6/mempelajari-cara-sukses-ala-sherlock-holmes

Mempelajari Cara Sukses Ala Sherlock Holmes



Malam, GanSis, jumpa lagi di thread ane. Jangan bosen yah. 😉😉

GanSis, kalian tahu siapa itu Sherlock Holmes? Yup, bagi penggemar cerita detektif, tentu sudah tak asing dengan nama ini. Ane sendiri termasuk penyuka kisah-kisah dalam novel karya Sir Arthur Conan Doyle ini. Yah, walaupun cuma punya beberapa aja sih, bukunya. Belum kesampaian mau lengkapin. 😁😁

Bagi yang belum tahu siapa Sherlock Holmes (sebenarnya ane yakin sih, semua juga udah pada tau), dia adalah nama tokoh dalam serial novel detektif karya Sir Arthur Conan Doyle. Bukunya ada banyak dan ane nggak bisa sebutin satu-satu.

Oke, langsung aja. Kenapa judul di atas adalah Mempelajari Cara Sukses Ala Sherlock Holmes, dan apa maksudnya? Yuk, simak pembahasan ane. 😉😉

Sherlock Holmes, seperti yang kalian tahu, adalah seorang detektif yang jenius dan diceritakan memiliki kemampuan yang melebihi batas wajar kebanyakan orang dalam hal-hal tertentu. Ane selaku pembaca setia kisahnya, mendadak tertarik untuk mengangkat sebuah topik tentang kecerdasan berpikir dan kesuksesan saat membaca salah satu halaman dalam bukunya berikut ini :



Pada halaman tersebut menjelaskan bagaimana seorang Holmes menanggapi berbagai macam pengetahuan yang datang padanya. Intinya, dia tak menyerap semua pengetahuan itu dan hanya mengambil apa yang dia butuhkan dalam pekerjaannya. Holmes diceritakan mampu memaksimalkan pengetahuannya akan suatu hal secara mendetail, tapi di sisi lain dia tak paham akan beberapa hal sepele di sekitarnya.



Dalam halaman di atas juga disebutkan bahwa Holmes memutuskan untuk melupakan pengetahuan yang datang padanya dan tidak ada kaitan dengan pekerjaannya. Dia memilih fokus pada satu saja pengetahuan dan memaksimalkannya.

GanSis, ane mulai memikirkan hal ini. Bagaimana jika kita hanya fokus pada satu kemampuan kemudian menekuninya? Bukankah cara terbaik untuk sukses adalah dengan fokus, belajar sungguh-sungguh dan tak goyah dengan hal lain yang mengusik tujuan kita? Masuk akal kan?

Awalnya, kita boleh menyerap semua informasi yang ada, mencoba semua bidang yang ada, tapi pada akhirnya, kita tetap harus memutuskan manakah yang cocok dan dikuasai. Selanjutnya, kita hanya perlu berusaha mendalami bidang yang telah dipilih dan berusaha dengan sungguh-sungguh.

Seorang jenius seperti Sherlock Holmes saja tidak menyerap semuanya, tidak bisa menguasai segala bidang, bagaimana dengan kita, yang mungkin ber-IQ pas-pasan? Tak perlu memaksakan diri menyerap segala pengetahuan dan menyimpan dalam kepala. Pilahlah apa yang penting, dan buang sisanya. Otak manusia bukanlah memory card yang sanggup menyimpan semuanya. Cukup fokus dan menekuni satu hal yang menjadi passion kita. Mungkin saja dengan begitu kita akan sukses dalam bidang tersebut.

Quote:


Baiklah, GanSis, pada akhirnya, sampai di sinilah perjalanan kita. Semoga pembahasan ini bisa menjadi wacana baru dalam pemikiran Agan dan Sista sekalian. Semoga thread ini bermanfaat dan menginspirasi dalam perjalanan kalian menuju sukses.

Bagi yang merasa tercerahkan setelah membaca thread ini, jangan lupa tinggalkan jejak berupa cendol dan komennya sebagai bentuk apresiasi, yah. Selamat malam dan selamat beristirahat. 😉😉




Sumber : Novel Sherlock Begins : A Study in Scarlet halaman 22-23
profile-picture
profile-picture
mukakertas dan rioza memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


kalo menurut ogut bahasa di novel2 poirot agak ribet buat dipahami bos...rada2 mbulet..
tapi ada 1 yang ogut suka banget,yang BIG FOUR mantep tu...
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di