alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Surat Suara Pemilu Dikabarkan sudah Tercoblos di Malaysia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caf43427414f5530e200b60/surat-suara-pemilu-dikabarkan-sudah-tercoblos-di-malaysia

Surat Suara Pemilu Dikabarkan sudah Tercoblos di Malaysia

Surat Suara Pemilu Dikabarkan sudah Tercoblos di Malaysia
PEMILIHAN
11 April 2019, 15:57:06 WIB

Pemilu 2019: Surat suara dikabarkan tercoblos di Malaysia. (Kokoh Praba/JawaPos.com)





JawaPos.com – Publik tanah air digegerkan dengan kabar adanya surat suara tercoblos. Surat suara tercoblos itu diduga terjadi pada saat pemilu yang berlangsung di Selangor, Malaysia. Informasi itu didapatkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Lembaga itu pun merekomendasikan penghentikan pemilu di Malaysia.
Atas informasi tersebut, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengaku masih mengecek kebenaran informasi surat suara yang sudah tercoblos tersebut. Untuk menindaklanjuuti itu pihaknya mengumpulkan semua data dan bukti.
“Masih kami konfirmasi, karena kami belum dapat informasinya, ujar Ilham saat dihubungi JawaPos.com, Kamis (11/4).
Adapun kejadian itu diabadikan oleh salah seorang Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia. Melalui sebuah video, ada sekitar puluhan kantong plastik hitam dan putih yang berisikan kertas surat suara yang ditumpuk dalam sebuah ruko. Setelah dibuka beberapa sampel, surat suara itu telah tercoblos ke pasangan calon nomor urut 01.
Tidak hanya tercoblos pada surat suara pemilihan presiden, akan tetapi kertas surat suara itu juga tercoblos salah satu caleg partai NasDem. Ketika ditanya hal ini, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra masih mendalami kasus tersebut.
Untuk saat ini, Ilham mengaku bisa memutuskan untuk menghentikan pemungutan suara di Malaysia. Pasalnya belum mendapat informasi. Jikapun ada informasi tersebut, pihaknya mempelajari dahulu rekomendasi Bawaslu. Kalau pun dapat kami akan pelajari dulu,” ungkapnya.
Ilham mengatakan, tengah berkoordinasi dengan Pokja Pemilu Luar Negeri (LN) untuk mengetahui runtutan kejadiannya dan alasan kertas suara tersebut bisa telah tercoblos. “Masih kami konfirmasi dengan pokja pemilu LN. Kenapa bisa terjadi demikian,” katanya kepada wartawan, Kamis (11/4).
Dia menyatakan belum bisa membeberkan lebih lanjut ihwal langkah yang diambil oleh KPU atas adanya kasus tersebut. Termasuk juga usulan Bawaslu yang meminta memberhentikan sementara pemungutan suara WNI di Malaysia yang direcanakan pada Minggu (14/4) mendatang. “Nanti kami akan pelajari dulu,” tukasnya.
Komisioner KPU Ilham Saputra (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)
Di tempat lain, anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengatakan pihaknya bakal segera merekomendasikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menghentikan pencoblosan di Malaysia. “Kami akan meminta KPU menghentikan pemungutan suara di seluruh Malaysia,” ujar Fritz saat dihubungi, Kamis (11/4).
Fritz menduga panitia pemilihan di luar negeri (PPLN) tidak melakukan tugas dengan baik. Hal itu mengakibatkan munculnya kertas surat suara yang sudah tercoblos. “Terbukti PPLN tidak melaksanakan tugas dengan benar. Kita sudah membuat rekomendasi soal kinerja PPLN yang diragukan,” katanya.
Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja Panitia Pemilu Luar Negeri (Pokja PPLN) Wajid Fauzi mengaku masih meminta PPLN Kuala Lumpur untuk melacak kebenaran soal surat suara tercoblos itu.
“Saya sudah minta PPLN KL segera melacak. Kika benar agar segera ambil langkah dan tindakan sesuai ketentuan,” kata Wajid Fauzi, Kamis (11/4).
Dalam hal ini PPLN pun belum bisa segera bertindak, karena masih menunggu klarifikasi dari Kuala Lumpur.
Saat berita ini dilansir, JawaPos.com masih mencoba menghubungi pihak PPLN KL untuk dimintai keterangan.

Editor : Ilham Safutra
Reporter : Igman Ibrahim, Verryana Novita Ningrum, Gunawan Wibisono




Spoiler for spoiler:


Diubah oleh genderuwo777
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Ini operasi hoax 02
Sadar gak lu pada.
3 hari pasca prabowo menang survey abal2 amerika, tiba2 ada kecurangan.

Ini operasi dengan rencana matang. #SkenarioSupitUdang emoticon-Ngakak
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di