alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jam Tangan Saksi Perang Dunia II Ini Dilelang Nyaris Rp 1 Miliar. Minat Gan?
4.33 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac445d349d0f695c4ae3cf/jam-tangan-saksi-perang-dunia-ii-ini-dilelang-nyaris-rp-1-miliar-minat-gan

Jam Tangan Saksi Perang Dunia II Ini Dilelang Nyaris Rp 1 Miliar. Minat Gan?


Nggak sedikit orang yang hobi dengan mengkoleksi barang antik. Bahkan terkadang ada yang sampai rela merogoh kocek sedalam-dalamnya demi mendapatkan barang yang sedang diincar. Pernah nggak sih Agan menemui situasi atau malah ketemu langsung dengan orang yang merupakan pemburu barang antik gitu? Mungkin bagi sebagian orang harga bukanlah sebuah masalah ya Gan, tapi nilai histori di balik benda yang diincar tersebut yang emang udah nggak bisa ditawar lagi.

Seperti halnya pada arloji antik satu ini. Nggak sedikit orang yang merasa tergugah untuk mencarinya jika mengetahui hasil lelang jam tangan Panerai baru-baru ini. Karena arloji antik ini memang merupakan benda bersejarah yang turut menjadi saksi bisu di masa lampau.


Dilansir dari laman Watch Pro, sebuah kepala dari jam tangan  Panerai terjual seharga 53.592 poundsterling atau sekitar Rp 993 juta. Jam tangan Panerai berusia 75 tahun ini adalah milik seorang penyelam Jerman “Kampfschwimmer” Panerai Radiomir yang berasal dari Perang Dunia II. Wow! Ane yakin usianya lebih tua daripada Agan Sista semua, atau malah seusia orang tua atau orang tuanya orang tua kita.

Pemilik jam tangan ini merupakan seorang kapten yang berasal dari Resimen Pengintaian ke-43 Inggris, namanya adalah Kapten Alfred Packer. Sosok ini pertama kali memperoleh arlojinya selama Operation Market Garden di Belanda pada bulan September 1944. Nggak heran sih ya kalau arloji ini dikategorikan sebagai barang antik.

Kapten Pecker mendapatkan jam tersebut pada saat pertempurannya di Nijmegen, saat pasukan Kampfschwimmer Jerman akan menghancurkan jembatan di Sungai Waal.

Arloji ini memiliki nilai sejarah tersendiri Gan karena termasuk dalam bagian arloji lain yang seharusnya dibagikan pada para anggota pasukan khusus Angkatan Laut Italia, Decima MAS yang dirampas di Jerman. Namun jam tangan ini kemudian malah dibawa pulang oleh Kapten Pecker sebagai kenang-kenangan perang dan kemudian sejak saat itu selalu disimpan di dalam sebuah laci oleh puteranya dan nggak pernah dikenakan.


Pada awal pelelangan, arloji Panerai ini diperkirakan harganya mencapai 20.000 – 30.000 poundsterling dalam Watch Fellows pada Selasa 2 April, namun harga yang ditawar malah terus meningkat Gan.

Emang mahal banget sih karena arloji ini juga dijual bersama dengan jaket militer, foto, catatan dinas militer Kapten Packer, juga buku harian pribadi yang menggambarkan pengalaman resimen pada tahun 1944. Tapi nggak heran sih karena juga merupakan barang langka yang memiliki nilai sejarah.

Rela nggak sih Agan mengeluarkan uang sebanyak itu untuk sebuah arloji antik yang memiliki nilai histori ini? Atau kalau ada budget segitu malah pengen buat beli barang-barang antik lainnya?

emoticon-Bingung



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Itu jam uda pernah ketemu hitler belum ya
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di