alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / Music /
Grace Slick: Kehidupan Wanita Perintis Musik Acid Rock
5 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca0206488b3cb64fd6d714f/grace-slick-kehidupan-wanita-perintis-musik-acid-rock

Grace Slick: Kehidupan Wanita Perintis Musik Acid Rock



Grace Slick adalah salah satu cikal bakal perintis aliran Acid Rock yang tumbuh dan berkembang di kota San Francisco di mana dia menjadi terkenal secara nasional pada tahun 1967. Grace merupakan cewek rock 'n' roll klasik yang gemar bepergian, berpesta dan banyak lelaki yang silih berganti menjadi kekasihnya.

Grace Slick memiliki nama asli Grace Barnett Wing dan ingin sekali menjadi seperti idolanya yaitu aktris Betty Grable yang populer di tahun 1940-an dan 50-an.



Pada awal 1950-an, ketika Grace masih remaja, orang tuanya memutuskan untuk pindah dari Highland Park, Illinois ke Palo Alto, California. Setelah lulus SMA pada tahun 1957, Grace mendaftar di Finch College di New York. Finch College adalah sekolah untuk anak perempuan yang berasal dari keluarga kaya. Saat di sekolah, Grace gemar menyanyikan lagu-lagu mesum saat sedang bermain gitar dan bermain piano.

Pada tahun 1961, Grace Wing menikahi Jerry Slick dalam pernikahan tradisional gereja. Sejak saat itu dia resmi menggunakan nama Grace Slick.

Pada tahun 1965, Grace dan suaminya Jerry pergi ke The Matrix, sebuah tempat musik di San Francisco yang keren dan melihat band Jefferson Airplane sedang tampil. Setelah melihat penampilan band Jefferson Airplane, Grace dan Jerry ingin membentuk dan memulai band mereka sendiri. Akhirnya mereka dan empat orang lainnya termasuk saudara ipar Grace, Darby Slick, membentuk grup band dengan nama The Great Society. Sebagai pemain gitar / penulis lagu Darby Slick juga ikut menulis lagu untuk grup band yang berjudul "Somebody to Love."



Pada akhir 1966, The Great Society bubar lalu tak lama kemudian penyanyi Signe Anderson meninggalkan band Jefferson Airplane dan kemudian Grace segera menggantikan posisinya di Jefferson Airplane.

Album studio Grace yang pertama dengan Jefferson Airplane adalah Surrealistic Pillow yang direkam oleh band tersebut ketika tinggal di Los Angeles. Grace berhasil menulis dan menciptakan lagu "White Rabbit," sebuah lagu tentang kemunafikan generasi pemakai narkoba. Lagu ini menjadi hit terkenal dalam album Surrealistic Pillow dan berhasil masuk ke posisi tiga di tangga album Billboard dan tetap bertahan selama lebih dari setahun.

Mengenai masalah pribadi, pernikahan Grace dengan Jerry Slick tidak berakhir secara hukum sampai dengan tahun 1971, tetapi pada dasarnya hubungan mereka sudah berakhir pada tahun 1967. Saat masih bergabung di dalam band Jefferson Airplane, Grace pertama kali berselingkuh dengan bassis Jack Casady.

Setelah Casady, Grace kemudian berhubungan dengan Spencer Dryden sang drummer Airplane. Menilai dari apa yang ditulis Grace dalam otobiografinya, ia selalu dimabuk asmara dengan teman-teman bandnya.

Jefferson Airplane adalah salah satu band San Francisco yang berhasil bermain di Monterey International Pop Festival pada Juni 1967 dan Jefferson Airplane juga pernah ikut bermain di Woodstock.

Setelah merekam album ketiga mereka, "After Baxter Shower, Jefferson Airplane melakukan tur Eropa dengan grup band The Doors. Satu-satunya film di mana Grace penah bermain di dalamnya yaitu film One American Movie. Film ini resmi diputar di Art House Berkeley pada bulan Desember 1969.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Grace melakukan sebagian besar kehidupan cintanya dengan para personil band. Kali ini dia memilih gitaris Paul Kantner. Sepanjang bertemu, Grace memberi tahu Kantner bahwa dia ingin sekali memiliki bayi darinya. Selama bertahun-tahun juga band Jefferson Airplane terlibat dalam banyak kasus hukum seperti terlibat narkoba atau lainnya. Di Dallas, Texas, Grace ditangkap saat melakukan konser karena berteriak-teriak ingin bercinta di atas panggung.


Grace dan Paul Kantner

Pada 24 Januari 1971, Grace melahirkan seorang anak perempuan yang diberi nama China Kantner dan di tahun itu juga Grace dan Paul Kantner membuat album bersama berjudul Sunfighter. Grace berselingkuh dengan setiap anggota personil Jefferson Airplane kecuali penyanyi Marty Balin.


Grace dengan ibu dan anak perempuannya

Pada tahun 1974, Jefferson Airplane pecah dan merubah namanya menjadi Jefferson Starship. (Beberapa anggota band juga membentuk grup band sampingan bernama Hot Tuna.)


Jefferson Starship

Sekitar tahun itu juga, Grace terpikat pada direktur pencahayaan Jefferson Starship bernama Skip Johnson padahal Skip Johnson berbeda 12 tahun lebih muda dari Grace. Beberapa bulan kemudian Skip meminta Grace untuk menikah dengannya dan Grace dengan cepat menerimanya.

Grace menikahi suami keduanya Skip Johnson pada November 1976. Di antara teman-teman band lama, hanya Paul Kantner dan Marty Balin yang tidak menghadiri upacara pernikahan itu.

Rupanya pernikahan kedua Grace tidak bisa memaksanya untuk merubah perilaku buruknya. Di sebuah konser yang digelar di Frankfurt Jerman pada tahun 1978, Grace mengenakan pakaian seperti Nazi lalu mabuk dan naik ke atas panggung. Tidak lama kemudian, Grace dikeluarkan dari Jefferson Starship (tetapi bergabung kembali dengan grup band itu pada tahun 1981.)

Grace terus mendapat masalah dengan alkohol. Beberapa kali dia ditangkap karena mabuk di jalanan dan di depan umum. Sampai akhirnya ia terancam kehilangan SIM-nya lalu pihak Kepolisian California memerintahkan Grace untuk menghadiri pertemuan Alcoholics Anonymous. Grace pergi ke beberapa pertemuan dan ia juga ikut menjalani rehabilitasi narkoba,

Pada pertengahan 1980-an, Jefferson Starship merubah namanya kembali menjadi Starship dan hanya Grace Slick yang tersisa dari personil Jefferson Airplane lama. Grup band baru ini berhasil menulis dan menciptakan beberapa lagu Hit Top 40 seperti "Nothing's Gonna Stop Us Now," "We Build This City," dan "Sara."

Pada tahun 1987, Skip Johnson meninggalkan Grace untuk wanita yang usianya jauh lebih muda. Namun, Grace dan Skip akan tetap hidup bersama selama enam tahun lagi.



Pada akhir 1980-an, anggota lama Jefferson Airplane bersatu kembali untuk melakukan serangkaian tur. Hanya drummer Spencer Dryden yang tidak pergi melakukan tur karena mengalami sakit. Dan berita baiknya saat itu semua personil bisa rukun dan tidak menggunakan narkoba atau tertangkap karena kasus hukum lagi.


Grace berada di belakang panggung di Fillmore West

Menjelang tahun 1990, karier bernyanyi Grace Slick hampir berakhir. Sebagai gantinya, ia sering tampil di The Howard Stern Show. Saat berada di Fidget Farm, Grace sempat menulis lagu "Dreams" dan mengeluarkan empat album solo meski tidak ada yang terjual dengan sangat baik.


Grace dan Janis

Mungkin alasan Grace berhenti tampil di grup band adalah karena dia pikir orang tua tidak boleh melakukan rock 'n' roll lagi terutama hard rock. Meskipun demikian, Grace kadang-kadang masih tampil dengan versi Jefferson Starship yang direkonstitusi pada tahun 1990-an dan dia juga masih melakukan beberapa pekerjaan di studio kecil.


Karya seni Grace pada tahun 2000


Salah satu lukisan Grace

Hari-hari belakangan ini rutinitas Grace diisi dengan kegiatan menggambar dan melukis. Contoh karyanya dapat ditemukan dalam otobiografinya dan juga di Internet. Grace Slick sekarang masih tetap hidup dan sudah berusia tujuh puluhan. Sekian sekelumit kehidupan dari wanita rocker klasik satu ini dan semoga ada hikmah pelajaran hidup yang bisa Gansis petik darinya.


Sumber Referensi:
Somebody to Love?: A Rock-and-Roll Memoir
Grace Slick: The Biography -Barbara Rowe-
Courtesy Google Image



-- Terima Kasih --



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Suka nonton di yutup lagu lagunya oma cadas ini. Tetep enak didengerin walau sdh puluhan tahun usianya. Gak kayak lagu skrng yg cepet ilang.
profile picture
toniovich


Apalagi jaman rame2nya RBT. Semua pingin bikin lagu. Lagunya jd RBT, berasa sdh jd musisi top. Pdhl jangankan album, lagu ya cuma 1 itu sj. Tahun depannya sdh ilang dr peredaran.

Kadang mikir komersialisasi berlebihan thd musik malah bikin musisi jd ga kreatif. Cm ikut2an. Ditambah lg kasus pembajakan yg smkn canggih, tmbh males sj bikin lagu bagus yg bs melegenda.

Btw, penggemar musik rock tahun 70-80an. Baik impor maupun produksi anak negeri sendiri.
×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di