alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
5 KEJADIAN Ini Bukti KRISIS MORAL PELAJAR Di Sekitar Kita, Masih Mau Kita Biarkan?
4.96 stars - based on 27 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c80e81ba7276834024160e0/5-kejadian-ini-bukti-krisis-moral-pelajar-di-sekitar-kita-masih-mau-kita-biarkan

5 KEJADIAN Ini Bukti KRISIS MORAL PELAJAR Di Sekitar Kita, Masih Mau Kita Biarkan?




emoticon-Bingung





HAVE A NICE DAY & HAPPY SILENCE DAY




Pada kesempatan kali ini ane akan membahas Pentingnya Pendidikan Moral di Indonesia ini. 5 Kejadian yang akan ane bagikan dibawah adalah bukti bahwa Pendidikan Moral di Indonesia harus kembali lebih diperhatikan.

Memang disayangkan, dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang makin maju ini seharusnya moralitas kita dalam hidup ini pun ikut maju, bukan malah sebaliknya. 

Orang cenderung melupakan moral yang sebenernya sangat penting dalam menjalin hubungan antar sesama untuk menciptakan lingkungan yang baik dan harmonis, sehingga akan menunjang semua yang akan menjadi cita-cita kita masing-masing.

Sebenernya apa sih arti Moral itu sendiri?

Yuk kita simak arti Moral dan 5 kejadian sebagai bukti sudah merosotnya moral pelajar di Indonesia.






Quote:




Spoiler for NO REPOST:













Indonesia dulu terkenal di dunia akan keramah tamahannya. Banyak Negara yang memuji klo bangsa kita mempunyai penduduk yang ramah.

Gimana orang luar menilai klo Indonesia ini punya penduduk yang ramah Gan?

Gini, orang luar yang datang ke Indonesia kan gak hanya dari 1 atau 2 negara, tapi puluhan negara, dan mereka menilai penduduk kita ramah dari kita murah senyum, senang menolong mereka, bersikap santun, mau gotong royong dan suka berinteraksi dengan orang lain. 

Ini berbeda dengan negara-negara lain yang umumnya mementingkan diri sendiri karena kesibukannya.

Tapi apakah Indonesia masih terkenal akan keramahtamahan penduduknya? 

Yap Guys, semua perilaku dan pola pikir memang harus diterapkan dari kecil baik di lingkungan rumah maupun sekolah terutama Pendidikan Moral yang sangat penting dalam berinteraksi dengan orang lain.

Apa sih Moral itu temen-temen?  Moral dalam bahasa latinnya adalah moralitas yang merupakan istilah manusia menyebut ke manusia dalam tindakan yang memiliki nilai positif. 

Sehingga Moral mempunyai pengertian hal-hal positif baik tindakan atau ucapan yang berhubungan dengan proses sosialisasi diri pribadi ke orang lain di sekitarnya, sehingga tanpa moral yang baik, mustahil bisa bersosialisasi.

Moral itu sifat dasar yang penting diajarkan di rumah dan di sekolah kepada anggota keluarga dan siswa-siswi di sekolah .




  
Banyak akibat jika kita tidak menanamkan moral yang baik dari kita sendiri, keluarga, dan dari sekolah.

Dibawah ini adalah 5 kejadian bahwa Moral di kalangan pelajar Indonesia makin hari kian merosot.


1. Pelajar SMP Mencekik dan Memegang Kepala Gurunya

 




Kejadian ini berawal dari pelajar SMP di Gresik berinisal AA yang gak nerima ditegur gurunya karena gak masuk sekolah tapi malah kongkow di warung kopi di dekat sekolahannya.

Namanya bolos masih di deket lingkungan sekolah, pasti akan besar kemungkinan untuk ketauan kan ya, nah ini terjadi sama pelajar dan temen-temennya ini.

Saat gurunya ini disuruh Kepala Sekolah untuk ambil foto ijazah dirumahnya, dia kebetulan ambil jalan melewati warung kopi itu dan mendapati beberapa muridnya merokok dan bolos disitu yang pada akhirnya guru tersebut menyuruh murid-muridnya kembali ke sekolah.

Seorang Murid yang gak nerima perlakuan gurunya ini mencekik dan menantang gurunya dengan merokok di depan gurunya mau nunjukin klo dia itu gak takut. 

Tetapi gurunya tetap diam membiarkan perlakuan muridnya ini kepada dirinya. Dia takut klo dia berontak malah akan berbuntut panjang dan hasilnya tidak baik karena pasti akan disalahkan orangtua. 

Akhirnya beritanya viral dan siswa ini dilaporkan oleh kumpulan guru lainnya, dan yah taulah endingnya gimana, nangis dan minta maaf.

Yah dek, mau bolos ya pilih-pilih tempat gitu loh. Ini malah bolos deket sekolah. Piye toh!! 

Kalau ketahuan yah minta maaf lah bukannya nantang. Belajar menerima kesalahan itu lebih baik karena dengan menerima kesalahan, kita pasti akan mendapatkan hasil yang lebih baik lagi ke depannya.


2. Pelajar Ini Menantang Gurunya Untuk Berkelahi






Pelajar SMP Purbalingga ini tidak terima lantaran ditegur gurunya. Berawal dari upacara rutin yang diadakan di sekolah yang tidak dihadiri pelajar ini tanpa alasan. Pelajar ini juga sering dikeluhkan oleh warga karena sering bolos dan nongkrong sambil ngerokok.

Pada saat pelajar ini dan beberapa temennya ini tidak masuk sekolah, beberapa guru ngeliat mereka lg nongkrong lalu membawa mereka ke sekolah dan menegurnya. Pelajar ini tidak menerima kalau dirinya ditegur dan menantang berkelahi dengan salah satu guru diruang konseling yang kita kenal dengan ruang BP.

Akhirnya pelajar ini mengundurkan dirinya sendiri dari sekolah ini.


3. Pelajar SD Memukul dan Memaki Gurunya






Ini yang bikin ane sangat miris temen-temen. Jaman sekarang ini bahkan pelajar SD pun udah berani buat memukul dan maki gurunya sendiri. Bahkan pelajar SD ini berani memaki muridnya dengan ngomong Monyet. 


4. 3 Pelajar SMP Memukuli Cleaning Service Sekolah






Berawal dari 3 Pelajar SMP di Galesong sering mengejek pegawai cleaning service ini dengan kata "pegawai anjing dan pegawai najis", Pegawai Cleaning Service ini karena sudah terlalu sering diejek akhirnya tidak tahan akan kelakuan pelajar-pelajar ini dan menampar salah seorang dari pelajar SMP tersebut .

Pelajar ini gak terima dan laporan ke bapaknya. Ironisnya, sang bapak bukannya mencari tau kesalahan anaknya tapi langsung mengajak anak dan 2 pelajar lainnya untuk memukul. Tapi pada akhirnya mereka berdamai yang disaksikan polsek setempat.


5. Pelajar SMA Melecehkan Guru






Ane nulis ini bingung mau nulis  gimana untuk masalah nomor 5 ini. Temen-temen liat gambarnya aja mungkin udah bisa nerka pola pikir pelajar SMA ini. Yang ane jd pertanyaan, koq gini amat ya pelajar SMA ini. Apa udah keseringan salah tontonan? 





Dari 5 contoh diatas, kita bisa ngeliat makin merosotnya moral pelajar-pelajar yang katanya sebagai penerus bangsa ini. Krisis Moral sedang terjadi di negara Indonesia ini dan akan Menghancurkan Bangsa dan Diri Sendiri. Perlahan Tapi Pasti.


Belakangan ini, marak masyarakat pengen pelajaran PMP kembali diadakan setelah tahun 1994 diubah menjadi PPKn. 


Dan ane setuju untuk pemerintah mengadakan kembali pelajaran Pendidikan Moral Pancasila, karena PMP lebih menitikberatkan akan pendidikan moral pelajar. Karena pendidikan moral harus diajari n diterapkan sejak kecil agar menjadi KEBIASAAN dan menjadi KARAKTER orang tersebut.




Quote:





Well, Yuk Kita Belajar Tingkatkan Moral Dari Diri Kita Sendiri  masing-masing untuk menjadi orang yang lebih baik kedepannya. 


Dengan moral kita baik, pasti akan menjadi panutan untuk keluarga dan lingkungan kita sehingga lingkungan kita menjadi lingkungan yang sehat dan berkembang.


Untuk OrangTua, Ayo kita sama-sama Mendidik Moral Anak Kita di rumah, karena bagaimanapun, lingkungan yang paling dekat dengan anak adalah Keluarga. Dan lebih untuk melihat persoalan lebih detail lagi dalam menanggapi masalah di sekolah.

Untuk Para Guru, Tolong untuk lebih menekankan kembali Pendidikan akan Moral anak-anak di sekolah, karena bagaimanapun Guru adalah OrangTua Murid di Sekolah.

Sehingga Guru dan OrangTua Murid bekerja sama menjadikan Generasi Penerus kita untuk mempunyai KARAKTER yang baik.



Demikian bahasan dari trit ane kali ini. Kalau ada kata-kata yang kurang berkenan atau kurang tepat, mohon dimaafkan dan dimaklumi ya teman-teman. 

Ambil Positifnya, Buang Negatifnya. 

Thread ini ane bikin dari pengetahuan, analisa dan dari referensi.

Kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi, Kalau ada umur panjang, bolehlah ane bikin thread lagi emoticon-Malu (S)






Quote:






Silahkan Mampir di Thread Ane Lainnya    


Quote:








Quote:















emoticon-I Love Kaskus


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
bingung sama pelajar jaman sekarang, gatau orang tua yang terlalu manjain anak atau mental anak sekarang seperti itu. jaman waktu saya sekolah mao sebandel apapun tetap menghormati guru, temen sekolah aja banyak yang suka berantem dan merokok disekolah tapi tetap aj ga berani melawan guru. dipukul sama guru pake tongkat, sapu, penggaris, ditendang digampar ya terima aja ga brani ngadu ato ngelawan, laporin ke emak ato bapak yang ada malah dihajar jg dirumah emoticon-Wakaka
profile picture
monblankk1
mudah"an kita bisa menjadi orang tua yang bijak
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di