alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Games / Games /
Eksklusif Sekolah Esports Pertama di Indonesia: Ingin mencetak atlet!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c7e1ae168cc9508ef6bfcc3/eksklusif-sekolah-esports-pertama-di-indonesia-ingin-mencetak-atlet

Eksklusif Sekolah Esports Pertama di Indonesia: Ingin mencetak atlet!

Industri esports di tanah air memang sedang berkembang pesat. Tidak hanya membuat gelaran turnamen Piala Presiden Esport 2019, pemerintah melalui Menpora, juga berencana untuk memasukkan esports ke dalam kurikulum tambahan. Dan beberapa hari yang lalu, ada sebuah sekolah di Kalimantan Timur yang mengklaim kalau sekolah mereka adalah esports school.


Sekolah ini bernama SMA Sinar Pancasila. Berdiri pada tahun 1962, sekolah swasta pertama di Kota Balikpapan ini nampaknya juga akan menjadi sekolah esports pertama di Balikpapan, bahkan tanah air. Nah, hari ini (5/3), KASKUS mendapatkan kesempatan untuk ngobrol-ngobrol via telepon dengan kepala sekolah SMA Sinar Pancasila, Bapak Galang Adi Prawira S.Pd.

Seperti apakah sekolah esports yang bakal ada di SMA ini? Cekidot!

Apa sih alasan pihak sekolah Sinar Pancasila membuka kelas Esports?

Kebetulan saya gamer(Saya main Dota 2) dan kami melihat esports di Indonesia berkembang pesat. Nah saya melihatnya, kalau anak-anak tidak diarahkan kan sayang. Jadi sebagai kepala sekolah, saya berpikir untuk membuka kelas ini agar esports bisa menjadi prestasi supaya stigma negatif dari masyarakat dan orang tua bisa hilang.

Memang antusias esports di Kalimantan seperti apa sih Pak, sampai pihak sekolah ingin membuat sekolah esports?

Di Kalimantan ramai sekali para penyuka game. Tapi kebanyakan masih meminati game mobile. Karena banyak peminatnya, sayang kan kalau mereka tidak dibina.

Kelas Esports yang ada di sekolah ini, akan seperti apa Pak?

Untuk kurikulumnya, kita akan menggunakan kurikulum sekolah pada umumnya, namun kita akan menambahkan kurikulum esports yang sedang kita racik saat ini. Meski masih ada pelajaran lain, tapi pelajaran esports akan menjadi utama.

Berapa kelas Pak yang akan dibuka untuk Esports ini?

Kita akan membuka 2 kelas dengan jumlah 1 kelasnya ada 30 siswa.


Fasilitas apa Pak yang sudah disiapkan oleh pihak sekolah untuk sekolah esports?

Kami sudah menyiapkan ruang komputer dengan spek yang mumpuni untuk bermain game PC. Lalu ada juga hotspot untuk bermain game.

Apa saja Pak yang sudah dipersiapkan untuk sekolah esports di Sinar Pancasila selain hal teknis tadi?

Karena kita ingin mencetak atlet esports, jadi sekarang kita lagi merancang kurikulum seperti sekolah atlet. Kita sedang membuat management-nya akan seperti apa. Mulai dari manajemen waktu, kesehatan, hingga skill.

Terus Pak?

Kita juga sudah membuat kerjasama dengan beberapa pihak terkait. Mereka akan mendatangkan trainer-trainer game yang pastinya dari Kalimantan.

Sinar Pancasila kan akan menjadi sekolah Esports pertama di Kalimantan Timur, bagaimana respon pemerintah?

Pemerintah sangat mendukung sekolah kami. Namun karena pemerintah juga masih merancang esports masuk ke sekolah-sekolah, jadi mereka belum bisa memberi bantuan lebih. Karena kami swasta dan lebih fleksibel, jadi kami berinisiatif untuk jalan terlebih dahulu.

Kalau respon dari masyarakat bagaimana Pak?

Peminatnya banyak sekali. Sudah banyak yang bertanya pada saya tentang kelas ini. Kalo untuk jumlah pendaftar masih belum signifikan.


Bagaimana Gan Sist? Sepertinya esports akan menjadi masa depan Indonesia di mata dunia. Semoga aja makin banyak kompetisi esports di tanah air, agar bermunculan atlet-atlet esports dari berbagai daerah. Terutama dari SMA Sinar Pancasila yang sudah menyiapkannya dengan sangat profesional. Apakah Gan Sist tertarik untuk masuk ke sekolah esports? Komen di bawah ya!



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
asyiikk ada sekolah yg tiap hari pelajarannya maen mobel lejenemoticon-Wakaka
Diubah oleh kena.semprot
profile picture
arzchy
mobel lejen ndasmu emoticon-Big Grin
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di