alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Para Pembunuh Tuhan (Tokoh Ateisme Era Modern)
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c77829d9a972e2ad35cf257/para-pembunuh-tuhan-tokoh-ateisme-era-modern

Para Pembunuh Tuhan (Tokoh Ateisme Era Modern)



Selamat pagi, siang, sore, malam kaskuser sekalian. Ketemu lagi sama saya, telurtidakmenempel.




Quote:


Dalam bahasan ke2 kali ini, saya akan membahasa tokoh ateis di era modern atau dari abad 19 sampai sekarang. Sebelumnya pada Part 1berisi tokoh tokoh ateis klasik dari sebelum masehi hingga abad 19. Silahkan kawan kawan dibaca dulu Part 1 nya agar lebih mudah memahami Part 2 kali ini.

Para tokoh - tokoh ini membunuh Tuhan dengan pemikiran, penelitian, dan karya yang terkenal dan bermanfaat yang banyak berpengaruh dalam kehidupan umat manusia. Baik dalam hal filosofis serta sains dan teknologi.

Okee langsung aja disimak siapa siapa aja Para Pembunuh Tuhan di era Modern.

Spoiler for 1. Richard Dawkins:

Spoiler for 2. Sam Harris:

Spoiler for 3. Alan turing:

Spoiler for 4. Carl Sagan:

Spoiler for 5. Stephan Hawking:


Pada awal abad ke19, ateisme benat-benar telah menuju kebangkitannya. Kemajuan sains dan teknologi melahirkan semangat autonomi dan independensi yang mendorong sebagian orang untuk mendeklarasikan kebebasan dari Tuhan.

Inilah abad dimana tafsiran filosofis dan ilmiah tentang realitas tanpa menyisakan tempat buat tuhan. Sampai pada awal abad 21 sejumlah besar orang masih berusaha untuk membunuhnya walaupun pada hakikatnya, tuhan telah mati.

Banyak alasan kejahatan mengerikan dilakukan atas nama Tuhan, beberapa bahkan mengklaim kejahatan tersebut adalah sebuah kebenaran atas perintah Tuhannya.

Tentunya apakah 100 atau 1000 tahun kedepan akan lebih banyak orang orang yang sudah melupakan nya dan berpaling untuk melakukan hal yang lebih positif untuk umat manusia.

Apakah Tuhan akan tetap ada ketika kita mulai berkoloni di Mars.?
Apakah muncul agama baru untuk Marsinians.?
Apakah agama bumi tetap berlaku jika kita sudah menjadi penjelajah antar bintang?
Anda sendiri yang menentukannya.

Sekian dan terima gaji
emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star


Spoiler for sumber:
Diubah oleh eggnostick
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


Mau tanya, bedanya ateis sama agnostik apa ya??
emoticon-Malu (S)
profile picture
penatamuda.3a
Secara terminologi agnostik adalah orang yang memiliki pandangan bahwa ada atau tidaknya Tuhan tidak dapat diketahui. Agnostik lawan kata dari gnostik yang artinya berpendapat bahwa Tuhan dapat diketahui sebagai ada atau tidak. Ateis dan teis lebih berimplikasi pada sikap dan tindakan. Anda seorang teis jika Anda percaya Tuhan ada dan segala tindakan Anda dilakukan dengan berpedoman atas perintahnya, ateis jika Anda tidak menganggap Tuhan ada dan tidak mendasarkan tingkah laku atas perintahnya. Maka dari itu dapat muncul empat jenis kombinasi: teis agnostik, mereka yang menyembah Tuhan namun mengakui Tuhan tidak dapat diketahui; teis gnostik, mereka yang menyembah Tuhan yang percaya keberadaan Tuhan bisa diketahui; ateis agnostik, mereka yang tidak percaya Tuhan dan berpendapat ada/tidaknya Tuhan tidak diketahui; yang terakhir, ateis gnostik, yakni mereka yang tidak menyembah Tuhan dan berpendapat bahwa Tuhan memang jelas-jelas tidak ada.

Beranjak dari definisi-definisi tersebut kita bisa melihat bahwa di luar sana sebenarnya banyak didominasi oleh teis agnostik, yakni mereka yang tidak yakin bahwa Tuhan ada atau tidak namun melakukan peribadatan untuk sekedar jaga-jaga (ini bisa juga merupakan residu ketakutan yang tertanam sejak kecil akan neraka dan dosa akibat tidak menyembah Tuhan yang benar) atau alasan lainnya.
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di