alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
[COC] Satu pekan FULL nge-JobSeeker pake BUS. Penasaran Rasanya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c77271caf7e9313986855af/coc-satu-pekan-full-nge-jobseeker-pake-bus-penasaran-rasanya

[COC] Satu pekan FULL nge-JobSeeker pake BUS. Penasaran Rasanya?



Selamat pagi dan semangat selalu agan-agan semua! Disini ane pengen sharing pengalaman ane ketika joseeker desember 2017 - februari 2018 lalu. Dimana salah satu pengalaman yang bikin seru adalah ketika ane jadi busmania, yang kemana-mana naek bus malam. Pernah dalam satu rangkaian pekan ane ngebis terus, mulai dari Semarang - Jakarta - Bandung - Yogya - Semarang. Ada juga yang ngebus lanjut kereta karena timingnya gak pas. Prinsipnya ada banyak jalan pulang emoticon-Ngakak (S). Okeh langsung saja, ini adalah bus-bus yang pernah ane naikin dan review dari ane.

1. PO. BEJEU



Quote:

Bus berbadan hitam ini sering dijuluki sebagai black bus. Fansnya pun dinamai BlackBus Community. Bus asal Jepara ini punya keunikan yaitu punya pintu tengah. Hal itu yang membuat konfigurasi interior bus ini beda dari yang lain. Toilet bukan terletak dibelakang bus, melainkan disamping tangga pintu masuk tengah. Diatas toilet persis, disediakan coffee maker yang boleh dipakai sepanjang perjalanan. Bus bejeu terkenal emang cukup mahal dari bus-bus dengan rute yang sama, namun sebanding dengan fasilitas yang ada didalamnya dan tentunya ketepatan waktu yang gak semua bus bisa. Selain rute Jakarta - Jepara, bus ini juga melayani rute Bandung - Jepara.

Dulu ane pertamax pake bus ini untuk perjalanan Cikarang - Semarang (kalibanteng) ditebus dengan harga Rp. 200.000,- dan hanya ditempuh dalam waktu 7 jam saja. Berangkat pukul 19.00 dan sampai pukul 02.00. Waktu itu TOL transjawa belum jadi. Mau gak mau bus nge-suoss di panturaan bareng haryanto dkk.

Perjalanan kedua ane pake bus ini ketika nge-jobseeker ke bandung. Dengan kocek Rp. 220.000,- (Kalo gasalah) ane bareng temen naik dari Searang (kalibanteng) - Bandung (cicaheum). Waktu tempuhnya? Gak usah ditanya! Sadisss! Berangkat 20.30, sampai di Cicaheum jam 03.30. 7 jam aja!

Quote:



2. PO. Haryanto



Quote:


Bus ini gak perlu dijelasin panjang lebar lah ya. Bus muriaan yang udah punya rute dari merak sampai madura ini punya ciri khas berupa kecepatan yang gak bisa dipandang sebelah mata. Faktor kangen lainnya setelah naik bus ini adalah rumah makan yang berbeda dari bus-bus lainnya. PO Haryanto punya service makan milik sendiri. Menu andalannya yaitu nasi goreng telor yang selalu ngangenin. Selain itu, crew dari PO Haryanto bisa dibilang profesional, siap babat alas ketika TOL cikampek udah mulai merah-merah di google maps, hehe. Alhasil perjalanan jadi jauh lebih singkat dibanding tetap berada di dalam TOL.

Waktu itu ane coba bus ini dari Bekasi (bulak kapal) ke Semarang (Tembalang) dengan mahar cukup Rp 160.000,- dengan fasilitas yang super dan waktu tempuh yang relatif singkat. Ane berangkat dari Bekasi pukul 17.30 dan sampai TOL tembalang pukul 03.00. Luar biasa!

Quote:


2. Sudiro Tungga Jaya



Quote:


Bus jowo timuran ini bisa dibilang pemain baru yang sukses di rute panturaaan. Dengan driver yang katanya ex-MIRA dan ex-EKA, membuat kelebihan bus ini tentu saja dari kecepatannya yang udah kayak "jet darat". Dalam setahun, bus ini sudah berkembang pake banyak karoseri dan chassis. Padahal dulu, 2018, masih pake jetbus HD2+ paling mentok SHD2+.

Ane coba bus ini dari Semarang (Banyumanik) - Jakarta (Lebak Bulus). Tiket ane tebus dengan mahar Rp 190.000,- (kalo ga salah). Berangkat pukul 17.00 dan tiba di exit TOL pukul 04.30. Suos banget! Istirahat cuma di RM. Sari Rasa dan lanjut ngeblong-in bus-bus panturaan yang gak pernah habis,hehe.

Quote:


3. Sugeng Rahayu



Quote:

Bus sugeng rahayu yang waktu itu lagi hot-hot nya buka rute baru bandung -surabaya. Walhasil ane coba deh. jowo timuran ini. Dengan body yang bisa dibilang premium di lintas selatan bandung, bus ini terlihat mencolok di terminal Cicaheum. Ada 4 kloter pemberangkatan waktu itu, pagi, siang 2x, dan sore (2017 akhir). Ane dan temen memutuskan untuk pilih yang sore. Sayangnya di rute ini, makan malam tidak include pembayaran tiket. Kalo mau makan, bisa +15.000 dari tiket.

Ane coba bus ini dua kali dari Bandung (Cicaheum) - Solo (Tirtonadi). Berangkat pukul 17.00 dan tiba di terminal tirtonadi dengan selamat pukul 04.00. Suos banget! Istirahat cuma di Kebumen dan lanjut ngeblong-in lewat jalur selatan yang ente semua udah pada tau gimana maboknya. Hehe.

Quote:


4. Rosalia Indah



Quote:


Quote:


Bus asal solo ini punya rute yang gak bisa dihitung pake dua tangan. Mulai dari sumatera sampai ujung timur jawa udah tersedia. Dengan body yang monoton, kalo gak adi putro ya laksana, bus ini sekilas terlihat membosankan. Tapi tidak dengan interiornya yang rapi dan terjaga. Keunggulan dari bus ini adalah supirnya yang kalem, jadi cocok buat yang gak suka kebut-kebutan. Selain itu sekarang rosalia juga punya service makan sendiri di subang yang luarrr biasa gedeee. Ini jadi nilai plus yang menjadikan ane memilih bus ini daripada bus lain.

Ane coba bus ini banyak kali di era jobseeker (karena salah satu bus yang paling nyaman di rute tengah purwokerto - wonosobo). Beberapa kali dari Jakarta - Purbalingga dan terakhir ane coba pake kelas SUPER TOP (rayaan karena udah diterima kerja di Cilegon haha). Trip experience yang gak bisa diduain pake kelas ini. Crew nya rapih. Segala fasilitas udah komplit di seat, jadi gak usah beranjak lagi (kecuali toilet yee).

Quote:

------------------------------------------------------------------------------------------------------
Selain bus-bus diatas, ane juga gak keitung naik bus-bus AKDP yang gak kalah nyaman dan punya experience masing-masing.
1. Nusantara (Purwokerto - Kudus)


Karena kampung ane di purbalingga dan kuliah di semarang, walhasil ini satu-satunya bus patas yang sangat worth untuk transportasi. Dengan mahar Rp. 70.000,- udah dapet reclining seat 2-2 dengan AC yang gak nahan dinginnya hehe. Body yang dipake pun unique! Ada yang masih bawaan karoseri nusantara gemilang, ada juga beberapa yang pake body adi putro lawas. Chassisnya gak main-main! Ada yang masih pake mercy lawas, ada juga yang scania K134 yang seat drivernya udah kyk astronot mantul2 sendiri hehe. Rute purwokerto - semarang biasanya ditempuh dalam waktu 5-6 jam dengan 1x istirahat di RM. Gayatri, Wonosobo

2. RAYA / Taruna / Safari / Rajawali (Semarang - Solo)


Rute ini ada banyak opsi bus. Dengan harga 25k - 35k, cukup worth untuk perjalanan kurang lebih 2 - 3 jam sampai solo.

3. Haryanto / Nusantara / Ramayana (Semarang - Yogya)


Tiga bus patas ini yang merajai rute ini. Melalui rute ungaran - bawen - ambawara - magelang - yogya. Harga yang ditawarkan kalo gasalah Rp 60.000,- waktu 2017an.

Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat agan2! Mari diskusi di mari emoticon-coffee
Diubah oleh alfin.and.me
pengen naik bis, tapi gatau mau kemana. naik bis biasanya kalau ada wisata bareng
profile picture
alfin.and.me
bukan bus malam dong namanya hee
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di