KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
[COC] R A Y A SUPER TOP: Sebuah Kenyamanan Bus Malam yang Tak Tertandingi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c7734f468cc9555f714ee5f/coc-r-a-y-a-super-top-sebuah-kenyamanan-bus-malam-yang-tak-tertandingi

[COC] R A Y A SUPER TOP: Sebuah Kenyamanan Bus Malam yang Tak Tertandingi



R A Y A merupakan salah satu BUS yang melayani rute JAKARTA - SOLO. Dengan livery putih bergaris merah, Bus ini memiliki keunikan dibanding bus-bus lainnya. Apakah itu? Penasaran? Cekidot!
-------------------

Alkisah ane ada acara tanggal 24 Februari lalu di Semarang, dan pengen main ke rumah temen di Salatiga. Karena ane posisi Cilegon, dan sudah mulai bosan dengan bus-bus yang ala kadarnya disini, akhirnya ane coba deh sensasi baru: naek bus dari JAKARTA, tepatnyaPONDOK PINANG. 2 pekan sebelumnya ane udah pesen via telepon, titip temen yang ada di PIM, buat pesenin tiket cash, soalnya gak bisa kirim2. Cusss agennya ramah bet, jadi enak buat deal-dealan.


Pukul 14.00tepat, ane berangkat ke JAKARTA pake bus LAJU PRIMA, cukup rogoh kocek Rp. 35.000,- . Sampai kebon jeruk jam 16.00, ane langsung naek busway dengan mahar cukup Rp.3.500,- dari halte duri kepa ke arah selatan, tepatnya halte pondok pinang. Cukup jalan kaki 5 menit, ane sudah sampai terminal bayangan pondok pinang dengan tergesa-gesa karena udah jam 17.00


Terminal bayangan ini bisa dibilang KOMPLIT pake telor naga! Bahkan terminal bus seruni CIlegon pun masih kalah banyak dari agen-agen yang ada disini. Ada banyak bus sumatera-an. Mulai ALS, putera pelangi, NPM, SAN, dll. Bus jawa gak kalah banyak. Dari yang bus lawas sampe bus double decker komplit dimari.


Waktu menunjukkan pukul 17.15 dan bus ane akhirnya datang.... Bus yang kelihatan paling mewah dari yang ada saat itu. berbalut body laksana terbaru dan mesin Mercy yang bisa dibilang cukup WAH. Berikut penampakannya!



Bus raya terbaru. Liat atasnya gan, keren gilsss ada lampu biru yang memanjang dari depan sampe belakang

View samping depan yang terlihat sangat menawan. DIatas topinya pun ada wiper. Tapi sayangnya gelap. Mungkin untuk proteksi supir biar gak silau.

R A Y A
JAKARTA - SOLO
Rp 280.000,- (Include makan malam, snack)
Karoseri Laksana: All New Legacy SR2 HD Prime
Chassis Mercedes Benz OH 1626
Kursi ex GIA Business Class DC-10
konfigurasi kursi 2 - 1, total 18 seat, Selimut + Bantal


Pukul 18.10bus RAYA super top mulai meninggalkan terminal, langsung naik ke jalan TOL yang sudah siap menghadang dengan kemacetan weekend nya seperti biasa. Sembari melihat-lihat sekitar bus yang baru pertama kali ini ane baru coba, ane juga ngobrol dengan kanan kiri ane yang ternyata satu alumni dari salah satu kampus di semarang emoticon-Ngakak (S)




sensasi ane naek bus ini pertama kali: GILAAAA! Edannnn 

Bus ini penuh dengan kasur-kasur yang menggoda untuk ditiduri. Ups. emoticon-ShutupDengan konfigurasi duduk 2 - 1 , membuat tempat duduk lebih longgar. Terlebih ternyata seat yang digunakan adalah ex Business class dari pesawat Garuda Indonesia DC-10. Pantes! Kasur apa kursi???




Daripada ane pusing mikirin macet yang tak berujung, alhasil ane bobok ganteng dan terbangun saat service makan di RM. Markoni Subang pukul 22.00. Service makan yang disajikan dengan R A Y A kelas lainnya tidak dibedakan seperti rosalia indah super top. Tapi tetep makan malam yang sepaket dengan perjalanan bus malam selalu menggoda untuk dicoba!. Setengah jam berselang, bus raya siap meluncur kembali via TOL trans jawa.



Setelah istirahat dan makan malam selesai, bus kembali angkat jangkar dan masuk tol kembali... Dan disinilah kemistisan itu terjadi! Ane langsung tidurrr!Dan bangun-bangun udah di Semarang tepat pukul 02.00. Sempat beberapa kali kebangun tapi karena kasur menggoda sekali ane tidur lagi. Hehe. Sekilas kecepatan raya ini mentok di 100 kmph dan mempersilahkan bus-bus muriaan untuk menyalip, karena bukan cepat yang dicari dari bus ini. Hal lain yang menyebabkan ane tertidur pulas bukan karena kasurnya aja, tapi lampu dalam kabin yang ngantukin! Berupa garis garis tegas tapi gak menyilaukan. 11-12 sama karoseri adiputro dengan jetbus 3+nya yang berupa lobang2 biru diatas, samping AC.

Karena ane turun di Salatiga dan estimasi hanya sejam lagi, akhirnya ane naikkan seat biar gak kebablas sampe solo emoticon-Ngakak (S).


Jam menunjukkan pukul 03.15dan akhirnya ane mendarat di salatiga dengan selamat. Alhamdulillah.


Summarynya, ini merupakan pengalaman pertama kali ane naik PO Raya dan FIX ini bus paling nyaman yang pernah ane coba. Dengan crew yang ramah bingit, interior yang WOW banget, nilai 280k udah worth lah. Busmania experience nya, ini pertama kali juga ane coba bus bertopi tapi topi itu gak menghalangi ane ngeliat kedepan. Karena setting tempat duduk yang begitu ceper jadi masih teteep bisa liat depan.

Quote:


Sebenarnya ada beberapa kelas lain dari PO. RAYA ini,dengan seat yang mirip2, tapi konfigurasi 2-2. Pun bus AKDPnya juga pake seat yang super empuk dibanding kompetitor-kompetitornya. Ini jadi nilai jual RAYA menurut ane.

Sekian thread review bus RAYA dari ane. Ini pengalaman ane. GImana pengalamanmu? Terimakasihhh


Diubah oleh alfin.and.me
gan info dong kalo dari sidoarjo ke jogja naik bus malam yg nyaman ada kasurnya gitu ada gak ya? kalo ada naiknya darimana? makasih
profile picture
alfin.and.me
kaskus maniac
sidoarjo ya.. coba cek karina atau lorena gan. kalo blitar ada harapan jaya
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di