alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / The Rest of the World (International Food) /
10 Kimchi Terbaik Khas Korea, Gansis Pernah Nyoba
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c5c0603b840881d7f36eb7f/10-kimchi-terbaik-khas-korea-gansis-pernah-nyoba

10 Kimchi Terbaik Khas Korea, Gansis Pernah Nyoba

(HT#69)09/02/2019



Kimchi adalah makanan ikonik tradisional Korea yang telah dikenal mendunia. Tidaklah heran orang Korea amat sering mengkonsumsi Kimchi sebagai makanan yang menemani menu utama makanan mereka. Setiap orang yang pernah menonton Kdrama dan atau mengunjungi restoran Korea akan mengetahui dan merasakan Kimchi.

Kimchi terbuat dari fermentasi sayur kubis dengan cabai, garam, cuka, bawang putih ini memiliki rasa pedas, asam, asin dan berbau menusuk. Kimchi merupakan makanan tersehat di dunia dengan kandungan vitamin A, B dan C, berserat tinggi dan rendah lemak, serta terdapat bakteria sehat lactobacilli.
Berdasarkan apa yang terkandung dalam Kimchi, orang Korea meyakini Kimchi dapat menjauhkan orang Korea dari obesitas, membantu pencernaan, serta mencegah pertumbuhan kanker.
Selain sayur kubis, ternyata Kimchi pun dikategorikan ke dalam beberapa jenis sesuai dengan bahan utama yang digunakannya. Berikut ini terdapat 10 jenis Kimchi yang paling menarik sebagaimana dikategorikan oleh Britannica. Apa sajakah itu, kuy Kita simak barangkali saja Gansis pernah melahapnya.

1. Baeccu



Baeccu Kimchi adalah jenis Kimchi yang terbuat dari sayur kubis. Jenis Kimchi ini adalah yang paling umum dan paling sering dikonsumsi. Kimchi ini dibuat dari sayur kubis yang dilapisi dan dilumuri dengan campuran bubuk cabai, bawang putih, jahe, bawang daun (green onion), pilihan antara saus ikan, saus udang atau saus kedelai, serta lokio.

Setelah itu proses fermentasi dapat dilakukan dengan cara tradisional (dalam gentong yang di kubur selama musim dingin) atau disimpan di wadah tertutup dalam lemari pendingin selama beberapa bulan. Semakin lama proses fermentasinya, rasanya pun akan semakin asam.

2. Baek



Baek Kimchi adalah jenis kimchi putih dengan proses fermentasi yang sama dengan jenis baeccu namun tidak menggunakan bubuk cabai pedas. Rasa baek Kimchi diperoleh dari campuran bawang putih, lokio, lobak, kastanye, dan buah seperti pir Korea serta jujubes, kemudian disimpan dengan air garam.

3. Kkakdugi



Kkakdugi Kimchi adalah jenis kimchi berbahan dasar lobak yang dipotong berukuran dadu. Pembuatannya serupa dengan baechu Kimchi dengan sensasi juicy dan crunchy. Kkakdugi Kimchi ini tradisionalnya kerap menemani sseolongtang, yakni sup putih seperti susu.

4. Chonggak



Chonggak Kimchi adalah jenis kimchi berbahan dasar lobak berukuran kecil namun tidak dipotong dadu. Chonggak Kimchi dibuat dari fermentasi lobak kecil tersebut dengan campuran bubuk cabai, bawang putih, bawang dan bawang daun (green onion).

5. Oi Sobagi


Oi Sobagi Kimchi adalah jenis kimchi berbahan dasar timun Korea yang dipotong dengan panjang yang seukuran. Timun Korea tersebut dapat diganti dengan asinan, tergantung selera.

Asinan atau timun Korea yang telah dipotong-potong diisi dengan potongan halus wortel, bawang, ada pula yang menambahkan lobak, jahe dan bawang putih. Proses penyimpanan fermentasinya hanya beberapa hari saja dan tidak untuk disimpan lama. Oi Sobagi kimchi menjadi menu pendamping sup dan makanan rebusan.

6. Nabak


Nabak Kimchi adalah jenis kimchi berkuah merah seperti sup. Bahan-bahan membuat nabak kimchi ialah lobak yang dipotong kotak amat kecil, wortel yang dipotong-potong amat tipis, bawang daung (green onion), kubis.

Semua bahan tersebut kemudian difermentasi dengan air asin yang terbuat dari jus pir Korea, bawang putih, bawang, jahe, dan sedikit bubuk cabai untuk warnanya. Lama proses fermentasi hanya beberapa hari dan dapat bertahan hingga dua minggu saja. Nabak kimchi cocok dengan jenis makanan yang berminyak atau makanan yang dibakar.

7. Dongchimi



Dongchimi Kimchi merupakan jenis kimchi yang dikonsumsi pada musim dingin dengan bahan-bahan yang beragam, seperti paduan makanan dan minuman yang menjadi satu.

Bahan-bahan untuk dongchimi ialah lobak yang dipotong persegi panjang seperti french fries, kemudian diberi garam, air, potongan cabai, bawang putih, jahe dan potogan buah pir Korea. Simpan di wadah besar untuk proses fermentasi pada lemari pendingin.

Setelah proses fermentasi rasanya manis-asam. Dongchimi dapat langsung dimakan, dapat dicampur dengan mi dingin (dongchimi guksu) atau nasi dengan kuah daging.

8. Gat



Gat Kimchi adalah jenis kimchi berbahan utama daun buah sawi (mustard) Korea berwarna hijau gelap. Tanaman ini merupakan tanaman nutrisi yang terkenal di Korea dan sebagian Cina. Daun buah sawi Korea dengan rasanya yang pedas dan tajam ini dicampur dengan saus asinan ikan hering kecil, lada merah, bawang putih dan bawang merah.

9. Bossam



Bossam merupakan makanan dan cara makan unik khas Korea. Daging babi yang direbus diberi kimchi dan dimakan dengan daun selada yang dibungkus. Karena itulah bossam disebut juga dengan wrapped kimchi. 

Berasal dari daerah Gaeseong sekitar Korea Utara yang mana pada masa Dinasti Goryeo, sajian Bossam seringkali diberikan untuk melayani Kerajaan Korea sepanjang 935 hingga 1392.

Bossam untuk sajian Kerajaan terdiri dari ikan, tiram atau udang, jamur, kastanye, kurma korea, kacang pinus, buah sawi, lobak, pir, bawang daun (green onion), dan selada air semuanya dibungkus dengan daun kubis dan dimakan bulat-bulat.

10. Baechu Kimchi ala Makanan Kuil penganut Buddha



Ini merupakan makanan jenis kimchi khas kuil penganut Buddha Korea yang populer. Sebutan lainnya, temple kimchi  dikarenakan kimchi jenis ini mempertahankan prinsip penganut Buddha, yang mana selain vegan juga prinsip makanan kuil yang tidak menyajikan 5 jenis sayuran.

Kelima jenis sayuran tersebut ialah bawang putih, bawang perai, bawang daun (green onion), serta jenis bawang dan lokio lainnya.  
Oleh karenanya Kimchi khas kuil penganut Buddha hanya menggunakan bubuk cabai, deonjang (kacang kedelai yang difermentasi) atau saus kacang kedelai, lobak, jahe, kesemek, jamur dan buah sawi hijau.

10 macam Kimchi Korea ini memang terasa menjadi beda karena dari bumbu-bumbu yang berbeda dan tidak hanya dari Kubis semata. Gansis pernah nyoba yang mana?

Sumber



 
Diubah oleh kakekupdate
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Balasan post kakekupdate

bahan, alat dan tempat harus terjaga dg baik
soalnya menyangkut kesehatan orang banyak
selain itu selera orang jg macem2
belom tentu cocok dg masakan bikinan kita
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di