tuandornaAvatar border
TS
tuandorna
Apakah perikop Annals Tacitus membuat penyaliban menjadi historis?


Untuk Moderator tolong jangan di close apalagi di delete ya.....saya tidak akan terlibat debat kusir.....Thread ini sukur-sukur di jadikan sticky sebagai ajang diskusi apakah perikop tacitus layak di jadikan sumber kuat atau hanya sumber yang lemah untuk bukti historis sekular penyaliban Yesus....saya harapkan semua diskusi dengan tertib dan tidak OOT....tentu thread ini untuk saling diskusi dan menambah pengetahuan sejarah beserta analisa nya bukan untuk maksud SARA....terima kasih emoticon-Salaman

Dalam Iman kristen penyaliban yesus adalah dalam rangka menebus dosa manusia....ke-historisan yesus senantiasa menjadi perdebatan hingga kini karena minim nya akun/sumber sejarah sekular bagi yesus dari kelahiran sampai kematian.salah satu sumber yang di klaim sebagai sumber sejarah sekular tentang penyaliban yesus adalah tulisan Tacitus:


Quote:


Tampak tulisan Tacitus di atas tidak membahas Yesus di salib secara khusus.....tetapi inti bahasan utama tacitus adalah penganiyaan orang-orang kristen oleh Kaisar Nero.tacitus membahas penganiyaan orang-orang kristen dan tacitus meng identifikasi nama sekte kristen bermula dari nama kristus yang menderita hukuman ekstrem pada masa Tiberius di bawah procurator pontius pilatus.

Yesus di klaim di salib pada tahun 30-33M.

TOPIK KE 1:MENGENAL TACITUS


Publius (atau Gaius) Cornelius Tacitus (~56 – 117 M) adalah seorang Senator dan penulis sejarah Kerajaan Romawi. Sejumlah tulisannya yang ditemukan termasuk 2 karya besarnya, — Annals dan Histories— meliput zaman pemerintahan Kaisar Romawi Tiberius, Claudius,Nero dan pada zaman 4 Kaisar. Karya ini meliputi sejarah Kerajaan Romawi mulai dari matinya Kaisar Agustus tahun 14 M sampai kematian Kaisar Domitian tahun 96. Ia adalah sahabat pena Plimius yang muda

Salah satu tulisannya yang saat ini banyak dikenal adalah Annals, buku 15, pasal 44 yang ditulis tahun 116/ada yang mengatakan 112-113 M, (di tulis 86 tahun setelah klaim penyaliban)dimana terdapat satu bagian mengenai Kristus, Pontius pilatus, dan pembunuhan massal terhadap orang-orang Kristen setelah kebakaran 6 hari yang menghanguskan sebagian besar kota Roma di bulan Juli 64 M yang disulut oleh Kaisar Nero

Dari penjabaran di atas jelas Tacitus lahir kl 26 tahun setelah Klaim penyaliban yesus...dan menulis Annals 60 tahun setelah klaim penyaliban yesus.adapun karir jabatan Tacitus:

1)Menjadi pejabat di berbagai provensi dari tahun 89 sampai 93 M...(59-63 tahun setelah klaim penyaliban

2)Menjadi konsul suffeks tahun 97 saat menjadi senator(67 tahun setelah klaim penyaliban)

3Pada tahun 100, bersama sahabatnya Plimnius yang muda, ia menjadi jaksa penuntut untuk Marius Priscus, prokonsul Afrika, dengan tuduhan korupsi. Priscus diputuskan bersalah dan dihukum ke pembuangan.( 70 tahun setelah klaim penyaliban)

4)Di saat absen dari politik dan hukum, ia menyelesaikan 2 karya besarnya: Histories dan Annals. Pada tahun 112 atau 113(82-83 tahun setelah klaim penyaliban) ia diangkat untuk jabatan tertinggi bagi orang sipil, yaitu gubernur provinsi Romawi untuk Asia di sebelah barat Anatolia, yang tercatat dalam prasasti di Mylasa

Tacitus waktu terjadi kebakaran Roma berusia 7 tahun.....waktu dia menulis tentang yesus dia adalah gubernur provensi Asia dan sebagai anggota lingkar dalam Roma....itu yang saya dapat kan dari wikipedia inggris.....bertentangan dengan klaim no 4 di atas di mana di sebut kan Tacitus menulis 2 karya nya ketika ia absen dari politik dan hukum setelah itu baru menjadi gubernur Aia....ini wajar....sebab wikipedia siapa pun bisa menulis dan men gedit hingga wikipedia tidak menjamin keakuratan kontens nya 100 persen.....seorang pendeta bisa saja menulis di wikipedia dengan bias iman.

TOPIK KE 2: DARI MANA TACITUS MENGETAHUI YESUS DI SALIB KAN MASA PONTIUS PILATUS?


disebut "Kristen" oleh masyarakat. Kristus, orang yang menjadi asal dari nama itu, menderita hukuman ekstrem dalam pemerintahan Tiberius di tangan seorang procurator kita, Pontius Pilatus, dan takhayul yang sangat menyesatkan, seperti telah diteliti saat ini, menyebar lagi tidak hanya di Yudea, sumber pertama kejahatan ini, tetapi juga di Roma(Tacitus)

Pengetahuan Tacitus tentang Yesus hanya sepenggal peryataan di atas.....ini menunjuk kan Tacitus tidak memiliki sumber apapun tentang yesus.....pengetahuan nya tentang yesus sangat-sangat minim.....jika ia mendapat sumber valid niscaya ia akan menerang kan tentang yesus lebih dari penggalan kalimat di atas

Ada dua kemungkinan dari mana Tacitus mengetahui kristus di salib kan masa pontius pilatus

KEMUNGKINAN PERTAMA=Tacitus tinggal di eropa yang menjadi wilayah romawi....dan dia juga pernah menjadi gubernur Asia....pada masa akhir abad pertama masehi ke kristenan Paulus dan gereja nya sudah berkembang di Turki hingga roma.....di korintus,kolose,Roma,dst....ia biasa mendengar ummat kristen paulus mengulang-ulang klaim yang menjadi keyakinan mereka yakin Yesus di salib di masa pontius pilatus....dan itu biasa di dengar tacitus..maka ketika ia menulis Annals nya tahun 116 ketika menjelas kan kebakaran Roma dan penganiyaan kristen dia mendeskripsikan pendiri aliran itu dari apa yang sering ia dengar tentang klaim  kristen di salib masa pontius pilatus

Kristus, orang yang menjadi asal dari nama itu, menderita hukuman ekstrem dalam pemerintahan Tiberius di tangan seorang procurator kita, Pontius Pilatus, dan takhayul yang sangat menyesatkan, seperti telah diteliti saat ini, menyebar lagi tidak hanya di Yudea, sumber pertama kejahatan ini, tetapi juga di Roma(Tacitus)

Penggalan peryataan di atas hanya di ketahui Tacitus dari apa yang di katakan kristen saat itu tentang yesus....jadi tacitus meng identifkasi pendiri sekte ini dari apa yang di yakini sekte ini tentang yesus.....jadi Tacitus hanya menulis kan rumor bukan berarti Tacitus mengetahui secara pasti dan yakin yesus di salib kan di golgota tahun 30-33M.jadi perikop tacitus di atas tidak membuktikan yesus secara historis sekular karena Tacitus hanya meng identifikasi pimpinan sekte yang di aniyaya itu seuai yang di yakini kristen saat itu

KEMUNGKINAN KEDUA=Tacitus mengetahui Yesus di salib dengan bukti-bukti dari non kristen....tetapi sayang nya SAMPAI KINI KLAIM ITU TIDAK ADA BUKTI NYA....tidak ada satu pun manuskrip arsip dari kantor-kantor kekaisaran Romawi kuno yang dapat kita temukan sampai saat ini untuk menguat kan bahwa pengetahuan tacitus itu di dapat dari sumber-sumber non kristen.....bahkan arsip pengadilan pilatus bagi penyaliban yesus pada kantor-kantor Romawi dan lain nya  sudah di cari tidak di temukan...

Mengenai pengadilan Yesus, Lloyd Graham menyatakan:


"Pada abad ke-19, seorang cendekiawan terkemuka, Rabbi Wise, mencari catatan-catatan pengadilan Pilatus, yang masih ada, untuk mencari bukti persidangan ini. Dia tidak menemukan apa pun."

(Deceptions and Myths of the Bible, p. 343)

Dan jika klaim nya Tacitus mengambil kesaksian tentara romawi dan yahudi yang menyalib yesus itupun lemah....Tidak ada bukti apapun tentang klaim itu....kita tidak tahu kemana tentara romawi dan yahudi yang menyalib yesus setelah itu jika penyaliban itu memang ada.....dan Tacitus menulis Annals tahun 116 M.....rentang 86 tahun setelah klaim penyaliban....dan saksi-saksi yang di klaim melihat penyalinan yesus tidak pernah terekam sejarah apapun.

di luar Perjanjian Baru, tidak ada bukti apa pun, dalam buku, prasasti, atau monumen, bahwa Yesus dari Nazaret disesah atau disalibkan di bawah pimpinan Pontius Pilatus. Yosefus, Tacitus , Plinius, Filo, atau orang-orang sezamannya, tidak pernah merujuk pada fakta penyaliban ini, atau mengungkapkan kepercayaan apa pun atasnya. (TW Doane , Mitos Alkitab dan Paralelnya dalam Agama lain, hlm. 516)


TOPIK KE 3:ARGUMEN TACITUS MELAKUKAN KROSS CEK SEBELUM MENULIS


Ada argumen bahwa tacitus sebelum menulis penggalan kalimat  yesus di salib masa pontius pilatus melakukan kross cek dulu...kross cek membuktikan penyaliban yesus memang ada melalui saksi-saksi non kristen.....tetapi sayang nya argument kross cek itu lemah.....sebab sampai detik ini kita tidak menemukan arsip-arsip penyaliban yesus.....tidak mengetahui secara history ada nya yahudi-yahudi dan tentara Romawi yang menyalib yesus bersaksi di Roma berdasar sejarah sekular....orang yang di klaim menyaksikan penyaliban yesus sama sekali tidak terekam sejarah sekular....tidak ada bukti-bukti ke arah itu....jadi setelah bukti-bukti itu tidak di temukan maka kita kembali kepada kenyataan Tacitus menulis yesus di salib masa pontius pilatus hanya meng identifikasi yesus  lewat apa yang di yakini kristen saat itu tentang yesus.

Tacitus waktu menulis Annals tahun 116 sama sekali tidak menemukan apapun arsip pengadilan pilatus dan arsip2 lain tentang penyaliban yesus....oleh sebab itu maka kita menemukan perincian Tacitus tentang yesus di annals sangat miskin dan minim informasi.....sebab tacitus tidak menemukan sumber apapun mengenai yesus historis .....jika ada arsip-arsip itu tentu tacitus akan menulis kan nya berdasar sumber-sumber arsip itu....dia akan mencantum kan perincian arsip-arsip itu....dan arsip itu tidak ada hingga kita curiga memang penyaliban itu tidak ada hanya mitos yang di kembang kan perjanjian baru.

TOPIK KE 4:ARGUMENT TACITUS ANGGOTA QUINDECIMVIRI SACRIS FACIUNDIS

Ada argumen dan asumsi sbb:

Paul Eddy telah menyatakan bahwa sebagai sejarawan terkemuka di Roma, Tacitus secara umum dikenal karena memeriksa sumber-sumbernya dan tidak terbiasa melaporkan gosip. Tacitus adalah anggota Quindecimviri sacris faciundis , dewan imam yang tugasnya mengawasi kultus-kultus agama asing di Roma, yang ditunjukkan oleh Van Voorst, masuk akal untuk menduga bahwa ia akan memperoleh pengetahuan tentang asal-usul Kristen. melalui karyanya

peryataan di atas hanya asumsi saja dan DUGAAN yang dapat di bantah....jika benar Tacitus memperoleh banyak informasi mengenai asal-usul kristen melalui dewan nya....maka tentu ia akan menulis kan nya di Annals nya tentang yesus secara historis dengan perincian yang panjang atau sedikit panjang walau tambahan hanya beberapa baris..  bukan hanya peryataan sepenggal di atas.....perlu di ketahui ketika Tacitus menulis Annals nya tahun 116 M.....dia hanya menemukan jemaat gereja paulus yang tidak tahu dan bukan saksi mata penyaliban......para saksi dari tentara Romawi pun dan para yahudi  tentang klaim penyaliban tidak dapat di lacak sejarah.....jadi argument di atas lagi-lagi hanya spekulasi.....tugas dewan di atas hanya mengawasi pemujaan dewa-dewa asing bukan melakukan penelitian dan research tentang dewa-dewa asing itu....jika penelitian itu ada maka tentu kita akan menemukan sedikit perincian nya di Annals....ini menunjuk kan walau Tacitus menjadi anggota dewan itu dia tidak memiliki pengetahuan apapun tentang yesus historis...kecuali hanya mengetahui sekte itu mengimani yesus di salib masa pontius pilatus...dan tugas nya hanya mengawasi mereka yang di pastikan untuk mencegah anarkisme dan penyusupan dewa-dewa asing yang bisa mempengaruhi pemujaan tuhan-tuhan romawi.

TOPIK KE 5:ARGUMENT PENYALIBAN DI TERIMA KONSENSUS SCHOLAR

Hal ini mengutip wikipedia...perlu di ketahui wikipedia siapa pun bisa mengedit dan bisa mengarah kan pembaca pada tujuan yang ia mau.....dan wikipedia tidak menjamin validitas....


Baptisan yesus dan penyaliban-Nya dianggap sebagai dua fakta historis tertentu tentang Yesus.  james Dunn menyatakan bahwa "dua fakta dalam kehidupan Yesus ini memberikan persetujuan yang hampir universal" dan "menempati peringkat sangat tinggi pada skala 'hampir mustahil untuk meragukan atau menyangkal' fakta-fakta sejarah" bahwa mereka seringkali merupakan permulaan poin untuk studi tentang Yesus historis. Bart Ehrmann menyatakan bahwa penyaliban Yesus atas perintah Pontius platus adalah elemen paling pasti tentangnya. Jhon Dominic Crossan menyatakan bahwa penyaliban Yesus sama pastinya dengan fakta sejarah apa pun. Eddy dan Boyd menyatakan bahwa sekarang "ditetapkan dengan kuat" bahwa ada konfirmasi non-Kristen tentang penyaliban Yesus. Craig Blomberg menyatakan bahwa sebagian besar sarjana dalam pencarian ketiga untuk yesus hitorism  enganggap penyaliban tidak dapat dibantah. Christopher M.Tuckett menyatakan bahwa, meskipun alasan yang tepat untuk kematian Yesus sulit untuk ditentukan, salah satu fakta yang tak terbantahkan tentang dia adalah bahwa ia disalibkan.


Sementara para ahli sepakat tentang historisitas penyaliban, mereka berbeda pada alasan dan konteksnya. Sebagai contoh, EP Sanders dan paula Fredriksen mendukung historisitas penyaliban tetapi berpendapat bahwa Yesus tidak menubuatkan penyaliban-Nya sendiri dan bahwa Ramalan-ramalan nya tentang penyaliban adalah "ciptaan gereja" (hlm. 126).

Semua Scholar itu beraksi menerima penyaliban historis hanya ketika menemukan perikop Tacitus dan josephus(yang ini mungkin nanti saya bahas)....tetapi melupakan fakta bahwa Tacitus hanya menulis tentang rumor yang berkembang pada kristen saat itu....jadi penafsiran mereka tidak luas ke menjangkau ke arah situ......semua pendapat ilmu dapat di kritik dan tidak mapan kecauli ilmu pasti/eksak(seperti matematika,kimia,fisika)seperti yang di katakan Albert Einstein.....termasuk peryataan dan kesimpulan sejahrawan di atas.....apalagi kenyataan membuktikan bahwa tidak ada bukti valid satu pun tacitus mengutip arsip-arsip penyaliban yesus yang di buat pilatus....yang memang tidak ada....maka ketika bukti-bukti kristen tidak di temukan maka dapat di pastikan Tacitus bukan meng konfirmasi penyaliban historis.....tetapi hanya menulis rumor.

Cendekiawan Kristen yang terhormat, RT Prancis, misalnya, tidak percaya bahwa perikop Tacitus memberikan kesaksian independen yang cukup untuk keberadaan Yesus [Franc.EvJ, 23] dan setuju dengan GA Wells bahwa kutipan itu nilainya kecil.Seperti karya penulis Yahudi Josephus, karya-karya sejarawan kuno Pliny, Suetonius dan Tacitus tidak memberikan bukti bahwa Yesus Kristus pernah ada sebagai karakter "historis".

TOPIK KE 6:BEBERAPA KEMUNGKINAN SUMBER PERIKOP TACITUS

Yakni perikop Annals di atas tentang penyaliban yesus:

KEMUNGKINAN PERTAMA:TENTARA-TENTARA ROMAWI YANG DI KLAIM MENYALIB YESUS=Mungkin Tacitus mengambil dari mereka dan mengetahui dari mereka ada nya penyaliban yesus....tetapi klaim ini tidak ada bukti....tidak ada bukti sejarah tentara-tentara Romawi yang menyalib yesus eksis dan memberikan kesaksian mata nya pada seorang pun....mereka menguap hilang di telan sejarah....ada prajurit Romawi yang menombak yesus yang di beri nama longinus....namun kisah hidup nya setelah penyaliban adalah mitologi ciptaan kristen...dalam injil penombak ini tak ada nama...lalu belakangan di beri nama longinus....kisah longinus di temukan dalam Act of pilatus sebuah teks yang di tambah kan ke dalam Injil Nikodemus.Tradisi awal, ditemukan dalam pseudepigraphal abad ke-4 "Surat Herodes kepada Pilatus ", mengklaim bahwa Longinus menderita karena telah menusuk Yesus, dan bahwa ia dikutuk ke sebuah gua di mana setiap malam seekor singa datang dan menganiaya dia sampai subuh, setelah itu tubuhnya sembuh kembali normal, dalam pola yang akan diulang sampai akhir zaman....Tradisi kemudian mengubahnya menjadi orang Kristen, tetapi seperti yang sabine baring-Gould amati: "Nama Longinus tidak diketahui oleh orang Yunani sebelum Patriark Germanus , pada 715. Itu diperkenalkan di antara orang Barat dari Injil Apokrifa. dari Nikodemus. Tidak ada otoritas yang dapat diandalkan untuk Kisah Para Rasul dan kesyahidan orang suci ini....Kebutaan atau masalah mata lainnya tidak disebutkan sampai setelah abad kesepuluh

Jadi tidak ada bukti Tacitus mengambil sumber dari prajurit Romawi yang menyalib yesus....malah salah satu figur prajurit itu kisah hidup setelah penyaliban adalah cerita dongeng...perlu di ketahui tacitus menulis Annals tahun 116M.....jika para prajurit saksi itu ada(tidak fiktif)maka prajurit itu mungkin sudah mati.....jika usia prajurit itu paling muda 18 tahun maka usia nya ketika Tacitus menulis annals sudah seratus tahunan...di atas semua argument itu tidak ada bukti Tacitus mengambil saksi dari prajurit Romawi yang di klaim melihat penyaliban yesus

KEMUNGKINAN KEDUA:YAHUDI-YAHUDI YANG MENYALIB YESUS=Tidak ada bukti sejarah Tacitus mengambil dari mereka....dengan logika para sepuh yahudi  yang melihat penyaliban yesus pasti nya usia nya sudah sangat tua hingga mencapai seratus tahun lebih...di atas semua argument itu semua yahudi yang di klaim melihat penyaliban yesus menguap di telan sejarah....tidak ada yang mengutip mereka dan tidak ada bukti akan sejarah mereka

KEMUNGKINAN KETIGA:TACITUS MEMBACA ARSIP PENYALIBAN YESUS DI KANTOR-KANTOR ROMA=...sayang hingga detik ini kita tidak menemukan arsip-arsip semacam itu....Rabbi wise telah mencari nya kemana-mana arsip pengadilan pilatus tidak menemukan nya.maka tidak mungkin Tacitus mengetahui penyaliban tentang yesus dari arsip-arsip Romawi...karena memang tidak ada....jika arsip itu ada di tahun 116M secara logika pasti Tacitus menjadikan rujukan untuk menulis Annals nya tentang Yesus....tampak sekali tacitus tidak memiliki Arsip semacam itu pada tahun 116M....karena memang tidak ada.....jika ada Bapa-bapa gereja tidak akan melewat kan nya untuk bukti yesus historis


Bersambung






SUMBER





Spoiler for sumber:


Diubah oleh tuandorna 16-01-2019 15:51
1
16.8K
283
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
tuandornaAvatar border
TS
tuandorna
#25
Quote:


ente Ngeles nya melebihi lincah nya bajaj emoticon-Leh Uga

Bukti arsip penyaliban yesus sangat penting untuk klaim ente tacitus mengambil dari non kristen emoticon-Malu
0
Tutup