alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Battle of Castillon (Penutup Perang 100 Tahun)
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c2df1bf54c07aec2a8b456a/battle-of-castillon-penutup-perang-100-tahun

Battle of Castillon (Penutup Perang 100 Tahun)

Battle of Castillon

Pertempuran Castillon adalah pertempuran yang terjadi pada tanggal 17 Juli 1453 di Gascony dekat kota Castillon-sur-Dordogne. Kemenangan Perancis yang menentukan, dianggap menandai berakhirnya Perang Seratus Tahun. Sebagai hasil dari pertempuran, Inggris kehilangan semua wilayah tanah di Perancis , kecuali Calais.


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Sumber
Sumber
Sumber
Sumber
Diubah oleh liamonters
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


sorry baru balas. beberapa hal mungkin yang harus diketahui tentang perang 100 tahun ini.

1. perang 100 tahun bukan berarti selama 100 tahun mereka berperang terus tanpa henti, ada masa dimana mereka berperang, lalu ada yang tertawan dan diadakan perundingan dan damai beberapa tahun kemudian panas lagi dan perang lagi, terus damai lagi hingga 100 tahunan lama nya situasi itu terus berputar terjadi kembali berulang2.

2. Hub antara prancis dan inggris ini agak unik sebenarnya, kadang akur kadang berantem begitu terus selama seribuan tahun ini. hal itu lumrah karena memang selain bersebrangan, pada dasarnya raja2 inggris itu juga ancestornya dari Prancis yang notabenenya Duke of Normandy, yaitu William 1/ the conqueror yang menginvansi anglo saxon di Hasting. lalu di masa selanjutnya juga terjadi pernikahan campuran antar bangsawan dari kedua belah pihak.

3. Dibalik dari semua itu, karena raja2 setelah William 1 ini bisa dibilang banyak yang moyangnya juga noble2 prancis, maka timbul keinginan untuk mengklaim tahta atas Valois/France.

4. Cassus belli paling utamanya adalah Pada tahun 1328, Charles IV dari Prancis meninggal tanpa meninggalkan putra atau saudara. Kerabat laki-laki terdekatnya adalah keponakannya Edward III dari Inggris , itu karena emaknya edward 3, Isabella dari Perancis, saudaranya almarhum Raja Prancis. Isabella mengklaim tahta Prancis buat anaknya , jelas Prancis menolaknya, Prancis berpendapat bahwa Isabella tidak bisa mengklaim gt aja karena dia ga punya hak atas itu. Sebagai gantinya, tahta prancis dikasihkan kepada Philip, Pangeran Valois , sepupu patrilineal Charles IV, yang kelak jadi Philip VI dari Prancis , raja pertama dari Keluarga Valois. Inggris sebenarnya ga ngarep2 bgt buat klaim mahkotanya prancis dan enggak mendesak masalah ini ketika ditolak. Namun, ketidak akuran antara Philip dan Edward mendorong mereka buat nyita tanah moyangnya raja dan noble inggris di Perancis, dan pada gilirannya hal itu bikin Edward III geram dan menegaskan kembali klaimnya kepada takhta Prancis.
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di