alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dibikin Malu karena Hal Ini, Jokowi Ancam Copot Perwira TNI dan Polri
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c153142af7e9344683ba9f5/dibikin-malu-karena-hal-ini-jokowi-ancam-copot-perwira-tni-dan-polri

Dibikin Malu karena Hal Ini, Jokowi Ancam Copot Perwira TNI dan Polri



RAKYATKU.COM - Presiden Joko Widodo mengaku malu saat kebakaran hutan di Indonesia sempat menjadi pembahasan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-33 ASEAN di Singapura.
"Terus terang saya sampaikan saya malu. Di dalam KTT ASEAN ini disinggung dua kali. Kita sebagai bangsa besar malu. Singapura menyampaikan, Malaysia menyampaikan. Kalau kita tidak bisa menyelesaikan, malu sebagai bangsa besar," kata Jokowi usai acara penyerahan gelar adat di Balai Lembaga Adat Melayu Riau, Kota Pekanbaru, Sabtu (15/12/2018).
Jokowi mengaku pemerintah berkomitmen untuk menanggulangi kebakaran hutan, termasuk di Riau. Salah satu bentuk komitmennya adalah bahwa ia berjanji akan mencopot pihak berwenang setempat bila kebakaran hutan di sana masih belum bisa dipadamkan.
"Ini perlu saya buka, saya sudah janjian dengan Panglima TNI, Kapolri, Pangdam, Kapolda, Danrem, Kapolres, dan Dandim. Janjiannya sebenarnya singkat, kalau masih ada asap di Riau yang saya ganti, yang saya copot, jelas siapa," ungkap Jokowi.
Artinya, ia menjelaskan, jika ada kebakaran hutan di sebuah kabupaten maka Komandan Kodim (Dandim) bertanggung jawab. Lalu apabila tak bisa menyelesaikan, maka akan posisi Dandim akan diganti oleh perwira TNI lainnya.
"Karena harus bisa menggerakkan masyarakat, lembaga-lembaga, dan komponen-komponen yang ada di bawah," bebernya, dikutib Kumparan.
Menurutnya, penanganan kebakaran hutan bukan hanya karena perjanjian itu. Akan tetapi adanya ikut andil masyarakat untuk ikut melakukan penanganan. "Tetapi berkat kerja sama masyarakat, lembaga adat, LSM. Dan juga yang penting," ujarnya.

http://wap.mi.baca.co.id/27965866?u=Mi2e5ac46c-4dba-49d8-b55f-95216a822cf2

Butuh pencerahan gan

Penanganan kebakaran hutan itu apa masuk tugas TNI?
Bukannya TNI itu tentara Nasional Indonesia yg bertugas mengamankan negara dari ancaman negara luar.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


Kok yg disalahin cuma TNI-POLRI ya?

Ya mskipun di lingkup bawah biasanya para pekerja itu dibacking aparat level bawah juga.

Tapi di tingkat korporasi, orang juga ga bakalan bisa dapet backing aparat buat bakar hutan kalo ga ada surat HPH yg mereka dapet.

Yg nerbitin HPH / ijin pengelolaan hutan siapa?
Ada banyak rekomendasi dr Kabupaten stempat, Provinsi, hingga kementerian.

Lha itu aparatur sipil yg ngluarin ijin dibiarin ga tersentuh gitu?
Yg disalahin cuma TNI-Polri aja?


profile picture
cengroy
Nah itu dia maksud ane gan.
Pengurusan lahan kan bukan bagian kerja dari TNI.
Kenapa malah TNI yang harus tanggung jawab
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di