KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cerita Bandara Kertajati: Mana Pesawat dan Penumpangnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdd05d012e2578f238b4572/cerita-bandara-kertajati-mana-pesawat-dan-penumpangnya

Cerita Bandara Kertajati: Mana Pesawat dan Penumpangnya



Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka saat ini masih sepi peminatnya. Padahal statusnya merupakan bandara terbesar yang baru dibangun.

Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis BIJB Agus Sugeng Widodo mengakui, bahwa pihaknya membutuhkan upaya yang cukup keras untuk menghadirkan penumpang dan maskapai penerbangan.



Baca Juga: Ini Strategi agar Penumpang dan Maskapai Terbang dari Bandara Kerjatati

"Perlu upaya luar biasa untuk menghadirkan penumpang di BIJB ini sehingga kedatangan teman-teman media ini membantu kami karena problem kami sosialisasi ke masyarakat karena belum banyak yang tahu ada bandara besar seperti ini," jelas Agus di BIJB Kertajati, Jumat (2/11/2018).

Menurut Agus, BIJB Kertajati sepatutnya mendapatkan penumpang dan maskapai yang banyak lantaran merupakan bandara terbesar yang dibangun tanpa embel-embel perintis sebelumnya.



Namun demikian, pada praktiknya sejak dioperasikan pada Mei 2018 BIJB masih sepi penumpang dan maskapai penerbangannya. Sepinya penumpang di BIJB Kertajati tak terlepas dari masih sedikitnya penerbangan di sana. Tercatat sampai sekarang baru ada Citilink dengan rute penerbangan Kertajati-Surabaya.



"Ini kemudian sama seperti menentukan mana lebih dulu ayam atau telur. Maskapai bertanya mana penumpangnya kemudian penumpang bertanya mana penerbangannya. Ini yang jadi tantangan buat kami di sini," ujar Agus.

Baca Juga: Bandara Mewah Kertajati Bak 'Kuburan'



Salah satu hal yang menjadi permasalahan sepinya penumpang di BIJB Kertajati adalah masih terbatasnya akses menuju lokasi dari Jakarta dan Bandung. Keberadaan jalan provinsi yang masih belum memadai turut menjadi penyebab sulitnya akses dari Jakarta dan Bandung menuju BIJB Kertajati.

"Jalan provinsi yang sebagian masih semak belukar jadi problem. Pertanyaannya siapa yang merawat dan jadi aset siapa karena dibangun oleh Kementerian PUPR, lahan punya Pemprov Jabar dan dibiayai BIJB," ujar Agus.

Agus menerangkan, akses dari Bandung ke BIJB Kertajati pun cukup sulit karena harus melewati Tol Cipularang-Cikampek-Cipali yang cukup memakan waktu. Diharapkan jalan Tol Cisumdawu segera rampung agar publik Bandung dapat dengan mudah menuju BIJB Kertajati.

"Kalau dari Cisumdawu ke Bandung kurang lebih jadinya 40 menit karena tinggal 62 kilometer," pungkas dia.

https://economy.okezone.com/read/2018/11/02/320/1972503/cerita-bandara-kertajati-mana-pesawat-dan-penumpangnya

komen ts : lokasinya beneran lewati kuburan,bandaranya sendiri konon sepi bak kuburan
Diubah oleh beritafilistin
Hhe masih inget ane kemarin debat sama orang. Ngemengnya sih udah siap. Lah fasilitas pendukungnya aja ga ikut dibangun. Kan dungu. Semoga Cisumdawu cepet selesai deh. emoticon-shakehand
profile picture
den88kuskus
aktivis kaskus


Susah ngebilangin org klo udah ga clear pikirannya, klo 2015 ga dikasih jaminan ma pemerintah pusat, plus dephub ngasih biaya sisi udara, duit pemprov jabar ratusan milyar bisa ngelayang kyk nasib lahan jarigede yg musti dibayar dua kali gara gara proyek mangkrak dari tahun 80 an, SBY juga ngambil resiko gede buat bikin fisik bendungan, saat tanahnya belum beres, tipikal org di jatigede sama kertajati 11-12 suka bikin rumah hantu biar bisa dpt ganti rugi lahan dan bangunan.

Bicara soal perencanaan emg buruk dari awal. Pemprov yg punya proyek belum siap. Secara dana tapi nekad, kantor bijb aja, dgn dana ratusan miliar apbd waktu itu cuma nyewa rumah tinggal di jalan pinggiran Majalengka. Saya saksi hidup proyek masih 100 % pemprov sama setelah 2015 pusat masuk. Manajemen proyeknya berubah drastis. Jaman pemprov, subkon kerjaannya demo, telat bayar mulu. Tanah yg udah dibebasin mulai muncul rumah hantu lg kyk jatigede. Pusat masuk, paskhas yg turun tangan 24 jam proyek dijaga paskhas dari lanud sukani, mafia proyek ga ada yg berani masuk lg, rumah rumah hantu dibabat, ampe adhi dll bisa kerja tenang. Klo ada yg bilang aksesnya semak belukar, ya iya pas masih proyek. Skrg udah bagus meski balik lg akses tol dari bandung tetep yg utama biar bdo bisa balik ke AU n DI.
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di