alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Mengapa Matahari Dapat Terbakar Di Luar Angkasa?
4.73 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b81fd0754c07a24608b4573/mengapa-matahari-dapat-terbakar-di-luar-angkasa

Mengapa Matahari Dapat Terbakar Di Luar Angkasa?


emoticon-Keep Posting GanEDUCATION THREADemoticon-Keep Posting Gan


Hola... selamat datang di thread ane kali ini agan dan sista yang terhormat. Seperti judul yg tertera, ane bakal bahas nih pertanyaan dasar tapi juga cukup membingungkan bagi orang awam. Kenapa sih matahari itu bisa kebakar di luar angkasa yang pada dasarnya tidak ada udara sama sekali? Ok.. langsung sahaja cek ke TKP ya...




Seperti yang kita ketahui, syarat suatu benda dapat terbakar adalah karena adanya udara (dalam hal ini oksigen). Tapi hal tersebut tidak berlaku lagi di luar angkasa. Udara bebas tidak ada di luar sana. Mengapa matahari (bintang) dapat terbakar dan menghangatkan kita setiap harinya? Fusi Termonuklir.
Quote:

Matahari dalam hal tersebut juga memancarkan energi yang sangat hebat sekitar 4.3 juta kg massa setiap detiknya. Setara dengan 10 milyar kali bom hidrogen.

Tetapi, tidak selamanya matahari akan terbakar. Hidrogennya juga lama kelamaan akan habis dan rekasi fusi termonuklirnya juga berakhir.

Ketika seluruh hidrogen telah diubah ke helium, matahari akan mengembang dan atmosfernya bisa mencapai Bumi. Hal inilah yang dikenal sebagai Red Giant. Setelah fase itu terlewati, matahari akan mengalami keruntuhan gravitasi yang begitu hebat sehingga akan terjadi fase nebula planeter yang begitu indah. Setelah itu, matahari akan berakhir menjadi katai putih.




Itulah penjelasan mengapa matahari dapat terbakar di luar angkasa yang tidak terdapat udara. Sekian thread dari ane, semoga dapat menambah wawasan agan dan sista sekalian... terima kasih.

Diubah oleh futurehuman001
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
reaksi fusi memang mebutuhkan suhu yang sangat tinggi. Untuk mencapai suhu yang sangat tinggi tersebut, matahari punya modal yg tidak dipunyai oleh bumi, apa itu?? jawabanya adalah Gravity. Di inti matahari, tekanan gravitasi yang sangat besar menekan atom hidrogen sehingga mencapai suhu yang memungkinkan terjadinya reaksi fusi.
FYI, energi/cahaya yang kita rasakan sekarang yang berasal dari matahari, ternyata berasal dari waktu yang sangat lama prosesnya. Dari inti matahari hingga mencapa atmosfer matahari, membutuhkan waktu hingga ratusan ribu tahun lho, heheheh.
Kalo gak salah karena kepadatan yg sangat tinggi di inti matahari, sehingga membutuhkan waktu yg lama untuk energi lepas dari inti menuju atmosfer matahari
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di